Simak Cara Mengatasi Kram Otot Berikut Ini


   Cara Mengatasi Kram - Setiap aktivitas kita sehari-hari sangat berpotensi menyebabkan kram otot bahkan ketika tidur sekalipun. Umumnya, kram otot begitu mudah di jumpai pada aktivitas olahraga seperti sepak bola, futsal, bersepeda, joging dan lain-lain. Kehadiran kram otot sulit diprediksi karena gangguan ini sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun. Semua orang memiliki resiko sama besar mengalami kram otot dan hal tersebut bergantung pada seberapa berat aktivitas yang ia jalani. Dalam beberapa kasus, kram otot tidak melulu langsung menyerang selama aktivitas berlangsung, tapi bisa juga sewaktu seseorang sedang beristirahat.

   Secara spesifik, kram otot belum diketahui penyebabnya. Meski demikian, beberapa faktor bisa menjadi acuan mengapa kram otot mulai menyerang. Salah satu faktor tersebut diduga dikarenakan adanya kelelahan pada bagian otot. Faktor lain juga bisa saja disebabkan oleh kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba. Untuk aktivitas yang mengandalkan otot seperti berolahrga biasanya kram otot dipengaruhi oleh minimnya pemanasaan. Sedangkan dari segi kesehatan, ketidak lancaran sirkulasi darah pun bisa dijadikan alasan mengapa kram otot terjadi.

   Masih mencoba menggali faktor penyebab kram otot, kali ini kita akan melihat dari asupan yang kita makan. Tidak jarang, penderita penyakit diare dapat mengalami kram otot. Hubungan penyakit ini dengan gangguan kram tidak lain karena kondisi tubuh yang kekurangan cairan elektrolit. Kram otot memang bisa dialami oleh siapapun dan tidak terkecuali ibu hamil. Tersangka utama penyebab kram otot selama masa kehamilan diketahui akibat dari kelenjar tiroid yang tidak sepenuhnya aktif.

   Kita setuju bahwa kram otot akan sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari. Pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan mengenai kram otot adalah ketika saya menjalani pertandingan sepak bola. Pertandingan baru berjalan beberapa menit, tiba-tiba kreek otot kaki saya langsung kram. Alhasil, tim kami pun menang pada pertandingan waktu itu. Hikmah yang saya ambil dari kejadian itu adalah saya tidak terlalu dibutuhkan oleh tim. Tapi ya udah lah ya. Langsung saja berikut cara mengatasi kram otot untuk anda!

 Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Kram Otot

Kompres dengan Air Hangat

   Melihat beberapa faktor penyebab kram otot diatas, mungkin metode mengatasi kram otot yang satu ini bisa menjadi solusi ampuh untuk diterapkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kram otot juga dipengaruhi oleh ketidak lancaran aliran darah. Salah satu masalah ini akan teratasi dengan memanfaatkan khasiat air hangat. Perlu diketahui, aliran hangat tersebut dapat membuat pembuluh darah lebih rileks sehingga lambat laun kram otot akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, fleksibelitas tendon dan ligamen dapat dengan mudah diperbaiki. Rekomendasi suhu untuk menerapkan metode ini adalah berkisar di angka 40-45 derajat celcius.

Melakukan Pemijatan

   Metode ini merupakan cara yang paling sering diterapkan oleh para pelakon olahraga khususnya sepakbola. Bisa dibilang, pemijatan menjadi cara paling ampuh dalam mengatasi kram. Masih berhubungan dengan aliran darah, metode pemijatan dapat merangsang sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Lewat pemijatan pula otot akan terbantu sedikit lebih rileks dari sebelumnya. Ketegangan otot akan segera teratasi karena mobilisasi jaringan bisa dilunakan.

Mengkonsumsi Cairan Elektrolit

   Setelah mengatasi satu permasalahan aliran darah, mari saya ajak anda untuk beralih ke masalah lain yakni kekurangan cairan elektrolit. Jika anda masih ingat, saya sudah pernah menyinggung faktor penyebab ini pada bagian uraian diatas. Aktivitas berat seperti halnya berolahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dari kondisi normal. Peningkatan ini tentu harus diimbangi dengan asupan cairan yang lebih dari biasanya. Upaya tersebut berfokus untuk mengatasi dehidrasi yang mana dehidrasi sendiri merupakan salah satu penyebab kram otot.

Melakukan Streaching atau Peregangan

   Ketika kram terjadi, otot akan mengalami tegang yang luar biasa sehingga menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan. Kasus ini cukup sering dialami oleh ibu rumah tangga yang terlalu sibuk mengerjakan pekerjaan rumah. Tidak jarang, rasa nyeri membuat ibu rumah tangga meringis kesakitan. Metode peregangan tidak selalu berhubungan dengan aktivitas olahraga karena hal ini bisa anda lakukan langsung didapur. Minta pertolongan orang terdekat untuk menerapkan peregangan jika memang anda tidak sanggup melakukannya sendiri.



Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Simak Cara Mengatasi Kram Otot Berikut Ini"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)