Kenali Macam-Macam Penyebab Serta Cara Pencegahan Diabetes Berikut Ini

penyebab serta pencegahan diabetes

  Penyebab serta cara pencegahan diabetes - Bagi kebanyakan orang diabetes lebih dikenal dengan sebutan kencing manis, penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan pada kinerja hormon insulin dari kelenjar pankreas. Glukosa dalam darah akan dikontrol oleh hormon insulin. Akibat gangguan tersebut akan terjadi peningkatan kadar gula dalam darah atau dengan bahasa medis "hyperglycema". Gejala umum dari penyakit ini ialah sering kencing, berat badan turun derastis, mudah capek dan sering terasa haus dan capek.

   Mencari tahu sedini mungkin merupakan langkah yang bijak untuk memastikan anda bebas dari penyakit ini, Anda bisa datang ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendeteksi atau mengukur gula darah anda. Minta saran kepada dokter anda agar terhindar dari penyakit gula darah.

   Pada kenyataannya diabetes bisa menyerang siapa saja bukan hanya karena faktor bawaan gen atau faktor usia saja, hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya penderita diabetes khusunya di indonesia. diperkirakan, pada tahun 2015 penderita diabetes di indonesia mencapai angka 9,1 juta jiwa dan dengan tingginya angka ini sekligus mambawa indonesia menduduki peringkat 5 sebagai negara terbanyak dengan penderita diabetes di seluruh dunia. Kebiasaan buruk kita mengenai apa yang dimakan dan bagaimana pola makan sebenarnya menjadi faktor resiko yang paling utama dari diabetes. Lalu apa saja kebiasaan buruk tersebut?

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes
  1. Begadang
  2.    Penjelasan simplenya, jika kita begadang maka nafsu makan akan terangsang oleh hormon dalam darah lalu timbullah rasa lapar pada malam hari dan memicu untuk memakan makanan berkalori tinggi yang berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah. Kebiasaan buruk ini sangat sering terjadi pada anak-anak kost seperti saya.

  3. Kurang Olahraga
  4.   Kurangnya aktivitas olahraga atau bahkan tidak pernah olahraga berpotensi mengalami obesitas lebih tinggi. Gula yang didapat dari makanan seharusnya menjadi energi bagi tubuh malah akan terus menumpuk dikarenakan gula tersebut tidak digunakan secara optimal sebagai energi. Setidaknya lakukanlah olahraga 3x dalam seminggu.

  5. Merokok
  6.    Bagi sebagian orang merokok merupakan kebutuhan padahal Sebanyak 4.572 relawan dari Amerika menyatakan bahwa perokok aktif memiliki resiko setinggi 22% terkena diabetes. Tidak bisa dibayangkan bagaimana nasib anak-anak indonesia dengan usia diatas 5 tahun sudah mulai merokok. Tidak heran jika badan kesehatan dunia WHO memprediksi bahwa negara-negara di Asia angka penderita diabetes akan naik 90 persen dalam jangka waktu 20 tahun kedepan. Banyak cara untuk bisa lepas dari candu rokok asal punya kemauan.

  7. Kurang Terkena Sinar Matahari
  8.    Matahari memiliki sinar yang baik bagi tubuh, karena sumber vit D terdapat disana. vit D berguna membantu metabolisme lebih teratur. Apa jadinya jika anda memilih menghindar dari sinar matahari dengan alasan takut kulit hitam? Padahal, hanya dengan durasi 20 menit setiap harinya kebutuhan vit D anda sudah sangat tercukupi.

  9. Minuman Sachet
  10.     Kebanyakan minuman berjenis Sachet memiliki asupan gula yang sangat tinggi dan beresiko kelebihan kalori. Bagi wanita dewasa kebutuhan kalorinya rata-rata 1.900 kalori perhari. dengan meminum minuman sachet berarti kita sudah menyumbang 900-1000 kalori. Anda bisa mencari alternatif lain untuk tidak meminum minuman tersebut dengan sering meminum air putih.

Tips Mengontrol Diabetes Berdasarkan Tipe

   Pada hakikatnya diabetes tidak bisa diobati akan tetapi penyakit ini bisa dikontrol dengan beberapa cara dengan cara memberikan suntikan insulin berkala, obat-obatan, Olahragaa dan pola makan tentunya. Cara mengontrol diabetes ditentukan sesuai dengan jenis diabetes dan tingkat keparaahannya.

Berikut jenis-jenis diabetes yang bisa anda kenali

  1. Diabetes tipe I
  2.    Diabetes tipe ini tidak bisa dicegah baik dengan diet maupun olahraga, satu-satunya cara untuk mengontrol diabetes ini hanya dengan memberikan suntik insulin secara teratur karena pengidapnya tidak mampu memproduksi insulin. penderitanya dimulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya penyakit ini dicirikan dengan hilangnya sel beta sebagai penghasil insulin sehingga menyebabkan kekurangan insulin pada tubuh. Penyebab utama hilangnya sel beta ialah terjadi kesalahan pada reaksi autoimunitas yang telah menghancurkan sel tersebut dan dapat memicu infeksi dalam tubuh.

  3. Diabetes tipe II
  4.    Penyebab diabetes tipe ini dikarenakan dalam memproduksi insulin telah terjadi kecacatan dan resistensi terhadap insulin, kadar insulin dalam darah akan meningkat seiring berkurangnya sensitifitas insulin yang melibatkan reseptor insulin di membran sel. Berbeda dengan tipe I, diabetes tipe ini bisa diikontrol dengaan cara olahraga dan diet untuk mengurangi berat badan agar hormon insulin kembali peka dan bugar

  5. Diabetes mellitus gestasional
  6.    Gejala pengidap mellitus gestasional ditandai dengan kaburnya pandangan, mual, pusing, dan berkurangnya kekuatan fisik ketika berolahraga. Gejala lain yang dapat dilihat adalah kehilang kalori dalam jumlah yang besar dalam air kamih (urine), berat badanpun turun drastis. Ibu-ibu hamil yang mengidap gestasional hendaknya rutin memeriksakan kandungannya karena ditakutkan terjadi gangguan terhadap janin.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Kenali Macam-Macam Penyebab Serta Cara Pencegahan Diabetes Berikut Ini"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)