Inilah 7 Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda, Simak!

koneksi internet cepat

Tips Cara Mempercepat Koneksi - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang bagaimana sih cara mempercepat koneksi internet?. Tentunya cara ini sudah saya terapkan sendiri di perangkat laptop saya. Saya beranggapan bahwa kecepatan koneksi internet merupakan suatu hal yang begitu penting di zaman digital seperti sekarang ini dan saya yakin anda setuju dengan hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, cukup banyak pekerjaan dan aktivitas yang terbantu berkat kecepatan dan kepraktisan internet.
Semua hal bisa dilakukan melalui internet contohnya, kita ingin mengirim file penting, kita bisa tinggal mengirimnya via email. Atau kita mau sekedar membaca buku elektronik (ebook) dan referensi karya ilmiah, kita cukup searching saja melalui internet. Begitu pula kalau kita mau menghubungi mantan, teman lama dan keluarga diluar pulau, melalui sosial media kita bisa dengan mudah terhubung dengan mereka secara online.
Pastinya akan sangat menjengkelkann apabila ada yang bertanya “Emanknya kalau internetnya cepat, akan di buat untuk apa?”. Mungkin orang yang bertanya tersebut tidak atau belum paham mengenai betapa pentingnya koneksi internet yang cepat. Internet yang lemot tidak hanya bisa menghambat banyak aktivitas penting, tetapi juga akan memancing emosi para pengguna internet sebab prosesnya memakan waktu yang lama.

Baca juga : Tips Cara Agar Batterai HP Android Awet dan Tahan Lama
Sebelum Anda dibuat emosi dikarenakan koneksi internet yang terlampau lemot, mungkin Anda bisa menyimak tips cara mempercepat koneksi internet yang lemot berikut ini:

1. Ubah Pengaturan Bandwidth

Buat yang belum tahu, Bandwidth adalah satuan untuk mengukur luas cakupan sebuah frekuensi yang dipakai oleh koneksi atau sinyal demi kepentingan transmisi data. Umumnya bandwidth di default setting komputer hanya berada dikisaran angka 20%. Nah, supaya kecepatan koneksi internet anda bisa optimal, anda boleh menggunakan nilai bandwidth yang lebih besar dari sebelumnya dengan cara merubah pengaturannya di computer configuration. Kira-kira langkahnya seperti berikut:
  • Klik Start pada laptop atau komputer Anda (Windows)
  • Lalu Run > setelah muncul kolomnya silahkan Ketik gpedit.msc> dan tekan Enter
  • Masuk ke Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Klik dua kali pada menu Limit Reservable Bandwidth
  • Selanjutnya ilih menu enable > Ganti menjadi 0 (defaultnya 20) pada bagian Bandwidth Limit, lalu tekan Enter atau OK
  • Barulah Restart komputer Anda

2. Ubah DNS Pada Komputer

Mempercepat koneksi internet dengan cara diatas bukanlah satu-satunya cara, Anda pun bisa mempercepat koneksi internet dengan cara mengubah DNS-nya. Sebelumnya, DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang difungsikan melakukan pemindaian nama di komputer yang memakai fasilitas jaringan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Silahkan ganti konfigurasinya menjadi open DNS atau dengan menggunakan DNS Google. Dengan cara tersebut dipastikan Anda bisa menaikkan kecepatan koneksi internet komputer Anda 20% dari sebelumnya.
Open DNS, Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Bukalah Control Panel pada komputer atau laptop Anda
  • Lalu masuk ke Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Dan masuk ke Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Disana Anda bisa ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Lalu tekan Enter atau OK
DNS dari Google, Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Bukalah Control Panel pada komputer atau laptop Anda
  • Masuk ke Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Masuk lagi Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4

3. Aktifkan DNS Cache

Kegunaan DNS Cache sama persis dengan pemaparan di poin ke lima, namun bedanya ada pada langkah nya karena kita akan mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit.  Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • SIlahkan buka Notepad Anda
  • Copas kode dibawah ini ke dalam notepad tersebut :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
 "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
 "CacheHashTableSize"=dword:00000180
 "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
 "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  • Lalu simpanlah kodingan tersebut dengan filename dnscache.reg
  • Nah, cara mengaktifkan DNS Cache, klik 2x pada file dnscache.reg yang telah kita buat tadi.

4. Pilih Provider Kompeten

Selain beberapa usaha diatas, mungkin memilih Internet Service Provider (ISP) yang telah terbukti kompeten dan handal dalam menyediakan jaringan internet penting kita lakukan. Jangan terlalu mudah terpengaruh dengan promosi harga yang sudah ditawarkan oleh ISP tertentu. Karena memang biasanya harga tidak pernah bisa berbohong. Harga yang sedikit agak mahal pastinya sebanding dengan kualitas koneksi internet yang dijanjikan.

5. Menggunakan Modem Memadai

Modulator demodulator atau yang dikenal dengan modem merupakan suatu perangkat elektronik yang berguna untuk mengganti sinyal komputer ke besaran frekuensi tertentu yang kemudian akan diproses melewati saluran telepon kabel.
Perangkat elektronik ini pun punya spesifikasi kecepatan koneksi yang bervariasi. Agar anda bisa mendapat kecepatan koneksi yang lebih maksimal, silahkan gunakan modem dengan spesifikasi kecepatan yang lumayan besar. Umumnya modem yang paling sering digunakan mempunyai kapasitas koneksi diatas kisaran 256 Kbps.

6. Menggunakan Provider yang Belum Banyak Dipilih

Walaupun dikenal dengan provider yang kualified dalam hal memberikan koneksi internet, begitu padatnya pengguna internet di provider tertentu pun bisa menjadi salah satu penyebab kenapa lambatnya koneksi internet yang sedang gunakan.
Untuk mengakali hal itu, mungkin Anda bisa mencoba memamkai jasa provider yang belum begitu banyak dipakai oleh pengguna internet. Nah, dengan begitu Anda berkesempatan untuk menikmati layanan internet dengan koneksi berkualitas maksimal.

7. Gadget atau Komputer dengan Spesifikasi Tinggi

Apabila enam cara sebelumnya sudah anda terapkan dan kenyataannya sama sekali belum membantu permasalahan koneksi internet Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk mengatasi spesifikasi perangkat gadget atau komputer yang saat ini anda gunakan. Jika perangkat Anda memiliki procesor, RAM, dan harddisk berkapasitas minimum, tentu hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kecepatan koneksi internet Anda. Maka dari itu, saya menyarankan anda untuk mengganti laptop, gadget atau komputer Anda apabila koneksi internetnya sudah sangat buruk.
Itulah beberapa cara bagaimana mempercepat koneksi internet pada komputer. Perlu diketahui bahwa kecepatan koneksi internet dipengaruhi oleh berbagai faktor, entah itu faktor internal maupun faktor eksternal, Untuk itu kecermatan dalam mengatasi permasalahan koneksi internet tersebut sangat diperlukan.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 7 Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda, Simak!"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)