Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

 

  Cara mengatasi sakit kepala - Kita setuju bahwa sakit kepala merupakan penyakit yang teramat sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, sakit kepala sering kali muncul tiba-tiba ditengah kesibukan kita melakukan berbagai aktivitas. Rasa sakit khas yang ditimbulkan membuat kita harus menghentikan apapun yang sedang kita kerjakan. Jangan heran kalau sudah begitu banyak tugas dan pekerjaan yang tidak terselesaikan karena kehadiran sakit kepala tersebut. Bagi segelintir orang, sakit kepala tidak ubahnya seperti rasa rindu. Kenapa? karena kita sama sekali tidak tahu kapan datang dan perginya. Please jangan baper ya.

   Sakit kepala sangat mudah ditemui pada penyakit lain, karena itu sakit kepala bisa dikatakan sebagai sebuah gejala. Ketika kita merasakan sakit seperti demam, anemia, diabetes dan hipertensi pasti sakit kepala pun akan ikut-ikutan menyerang. Selain ikut muncul bersama penyakit lain, sakit kepala juga sangat suka datang sewaktu hubungan kita bersama pasangan sedang dalam masalah. Padahal yang saya tahu, saya tidak pernah punya masalah pribadi dengan sakit kepala sebelumnya. Seperti yang sudah saya katakan, tidak salah jika saya menganggap penyakit merakyat ini sebagai penyakit menjengkelkan.

   Tidak seperti penyakit lain, sakit kepala tidak mengenal kata kompromi. Saya katakan demikian karena tanpa menunggu waktu yang terlalu lama, sakit kepala sudah bisa kita rasakan ketika kita mengalami stress dan depresi. Jika anda bertanya apa saja penyebab sakit kepala maka saya akan menjawab sangat banyak. Saya kira jawaban tersebut cukup untuk mewakili semua penyebab sakit kepala. Apapun faktor penyebabnya, yang pasti sakit kepala terjadi karena adanya gangguan sistem pada bagian saraf yang mengalami penegangan.

   Kebiasaan pada kebanyakan masyarakat, seringkali terlalu mudah menjatuhkan pilihan kepada obat pereda sakit kepala. Perlu kita ketahui bahwa kandungan aspirin didalam obat pereda tersebut disinyalir dapat berpengaruh pada kesehatan ginjal. Jika kita sadar, hal ini membuktikan bahwa kesehatan memang mahal harganya. Terbukti, untuk menyembuhkan penyakit saja kita harus rela mendapatkan penyakit lain. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita kembali ke cara tradisonal dengan memanfaatkan bahan alami dan sedikit gerakan kecil seperti berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

1. Air Putih

   Pada dasarnya, komponen penyusun tubuh kita didominasi oleh 70 % cairan. Itulah kenapa air menjadi salah satu kebutuhan paling utama dari tubuh kita. Tubuh kita akan menunjukan gejala serta reaksi yang jelas jika saja kebutuhannya tersebut tidak terpenuhi, salah satu reaksi tubuh tersebut adalah sakit kepala. Ketika tubuh kurang mendapatkan asupan cairan maka dipastikan akan menyebabkan dehidrasi. Padahal kita tahu bahwa pemicu sakit kepala juga karena diakibatkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, konsumsilah air putih minimal 8 liter satu hari agar anda terhindar dari sakit kepala

2. Tiduran dengan Kaki di Atas

   Tahukah anda bahwa salah satu pemicu timbulnya rasa sakit di bagian kepala disebabkan oleh kekurangan suplai darah ke otak?. Pertanyaan lain pun muncul, bagaimana jika pemicu tersebut benar terjadi dan apa yang harus kita lakukan? caranya adalah dengan mengembalikan suplai darah ke otak berjalan normal. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui cara yang terkesan anti mainstream yakni berbaring dengan posisi kaki ke atas. Meski terlihat aneh tapi metode ini terbukti ampuh menyembuhkan sakit kepala.

3. Peregangan atau Streaching

   Peregangan atau streching adalah suatu aktivitas peregangan yang cukup baik dalam upaya menenangkan saraf dari penegangan. Sampai saraf anda sudah mulai rileks, itu artinnya sakit kepala akan hilang dengan sendirinya. Ada banyak latihan peregangan yang bisa anda coba diluar sana diantaranya peregangan kepala, tangan, pinggang sampai ke kaki. Lakukanlah peregangan sesuai prosedur untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

4. Kentang

   Dilihat dari kandungannya, kentang merupakan makanan yang mengandung kalium terbilang tinggi. Ada banyak khasiat kandungan kalium terhadap kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk melancarkan sistem peredaran darah. Saat peredaran darah didalam tubuh telah lancar, maka secara otomatis sakit kepala pun dapat teratasi dengan cepat. Konsumsilah kentang dengan tidak mengupas terlebih dahulu kulitnya karena kandungan kalium terdapat lebih banyak dibagian kulit tersebut.

5. Semangka

   Mungkin masih banyak yang belum tahu ternyata buah semangka pun bisa dijadikan sebagai bahan alami alternatif mengobati sakit kepala. Demikian halnya kentang, semangka pun memiliki kandungan kalium yang tidak kalah tinggi. Anda bisa menghilangkan sakit kepala dengan mengkonsumsi semangka merah dan kuning. Rasakan setiap gigitannya dan tunggu khasiatnya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)