Macam-Macam Posisi Tidur Beserta Manfaat dan Dampaknya

 
   Manfaat dan dampak macam-macam posisi tidur - Sebelum masuk langsung ke pembahasan posisi tidur mohon perkenankan saya untuk menjelaskan sedikit manfaat tidur kepada anda. Pada dasarnya, tidur memiliki tujuan untuk mengistirahatkan seluruh tubuh baik fisologis maupun psikologis. Disampig itu tidur juga sangat diperlukan untuk menemukan kembali kesegaran dan fungsi pada tubuh. Tidur bagi setiap makhluk mamalia merupakan kebutuhan rutin yang harus dipenuhi tidak terkecuali manusia.

    Ketika dalam kondisi tidur, myelin sebagai pelindung sirkuit otak akan mengalami peningkatan produksi. Fakta ini dibuktikan langsung lewat penelitian dari Universitas Wisconsin yang dipimpin oleh Dr. Chiara Cirelli. Bersama para koleganya, Dr. Chiara mengamati perkembangan pada makhluk mamalia seperti tikus. Mereka mengungkapkan bahwa tingkat produksi sel pembuat myelin serta oligodendroctytes terjadi perlipat gandaan sewaktu tikus percobaan tersebut sedang tidur. Dalam siklus tidur, peningkatan seperti ini akan mencapai puncak tertingginya ketika individu mulai memasuki tahap "REM" rapid eye movement.

Baca juga : Anda Susah Tidur? Kenali Macam-macam Insomnia Disini

   Tujuan dan berbagai manfaat diatas akan anda dapatkan tergantung bagaimana sikap anda ketika tidur. Meskipun tidur punya tujuan menyegarkan tubuh namun hal tersebut tidak menjamin jika posisi tidur anda salah. Berniat memulihkan kesegaran tapi malah ngilu dan pegal yang didapat. Hal semacam inilah yang akan menjadi salah satu fokus kita selama pembahasan. Walaupun terlihat simple dan mudah dilakukan, nyatanya tidur memiliki aturan tertentu dalam penerapannya. Aturan tersebut tidak hanya sebatas waktu dan durasi tidur karena kita juga harus memperhatikan posisi tidur yang baik dan benar.


Kenapa posisi tidur begitu penting diperhatikan ketika kita terlelap?

   Kenapa posisi tidur begitu penting diperhatikan ketika kita terlelap? ketahuilah bahwa setiap tubuh kita dipenuhi dengan sendi-sendi, tidak hanya itu beberapa tulang kita pun tidak semuanya dapat bergerak dengan leluasa. Beberapa bagian tulang tersebut hendaknya ditimbali dengan sikap posisi tidur yang benar agar terhindar dari masalah. Selain itu, dengan memperhatikan posisi tidur itu artinya kita telah memperhatikan pula kesehatan organ didalam tubuh kita. Terlepas dari sulit tidaknya mengubah kebiasaan tidur, setidaknya biasakanlah diri kita dengan posisi tidur terbaik agar tidak mengurangi atau bahkan menghilangkan manfaat tidur itu sendiri.

Inilah Macam-Macam Posisi Tidur Beserta Manfaat dan Dampaknya


Tidur Terlentang

   Manfaat tidur dengan posisi terlentang berguna untuk memudahkan tulang belakang, leher dan kepala mempertahankan posisi normalnya. Posisi seperti ini tentu dapat mencegah terjadinya cidera leher dan punggung. Tidak berhenti sampai disitu, manfaat lainnya adalah dapat meminimalisir keriput serta menjaga bentuk payudara tetap proposional. Apa semua orang cocok dengan posisi ini? tidak karena bagi mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur, posisi ini tidak direkomendasikan. Pengaruh gravitasi antara tenggorokan dan rahang dapat menyebabkan tenggorokan mengalami penyempitan sehingga bisa dipastikan akan menghasilkan turbulensi udara.

Tidur Telungkup/Tengkurap

   Masih dalam pengaruh gaya gravitasi, ketika kita tidur tengkurap maka perut akan dominan mengarah kebawah. Kondisi posisi seperti ini juga akan memberikan tekanan pada bagian sendi dan otot sehingga berakibat pada timbulnya rasa nyeri dan kesemutan. Berbanding terbalik dengan lawannya yakni terlentang, posisi tengkurap bisa menjadi solusi bagi mereka yang mendengkur. Bagi perempuan, posisi tengkurap sebisa mungkin dihindari karena akan berdampak pada bentuk payudaranya.

Tidur Miring

   Kebanyakan pelaku tidur merasa nyaman dengan posisi tidur yang satu ini. Tidur miring diperbolehkan asalkan arah miringnya sudah benar. Untuk anda penggemar posisi miring maka anda diharuskan memiringkan tubuh atau badan anda ke arah kanan. Anjuran ini beralasan karena saat tubuh condong miring ke sebelah kiri, hal ini dikhawatirkan akan membebani jantung. Sedangkan kita tahu bahwa jantung terletak dominan disebelah kiri.

Tidur Menyamping

   Demikian halnya tidur tengkurap, tidur menyamping juga baik untuk penderita kebiasaan mendengkur. Tulang belakang akan mengalami peregangan ketika anda memilih posisi ini. Sayangnya, posisi menyamping tidak baik untuk wanita karena berpotensi mengubah bentuk dan kekenyalan payudara. Beda ceritanya kalau wanita tersebut sedang hamil, posisi menyamping cukup dianjurkan karena bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.