Tips Cara Agar Batterai HP Android Awet dan Tahan Lama

cara agar batterai HP Android Awet
cara agar batterai HP android awet
   Cara agar baterai android awet dan tidak cepat habis - Tidak sedikit para pengguna smartphone android diluar sana yang mengeluh terhadap smartphone kesayangannya. Dari sekian banyak masalah, baterai hape cepat habis adalah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh mereka. Berangkat dari hal tersebut, kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai bagaimana sih caranya agar baterai android tidak cepat habis? lanjut baca!. Permasalahan paling mendasar kenapa baterai smartphone sangat boros adalah kapasitas baterai yang tidak mendukung. Bagaimana jika smartphone anda memiliki kapasitas yang terbilang lumayan? pertanyaan ini bisa mewakili pembahasan kita kali ini.

   Untuk memiliki smartphone android dengan kapasitas baterai jumbo memang memerlukan budget yang tidak sedikit. Bagi jomblo seperti saya (harap tidak tersinggung), smartphone mahal tidak terlalu dibutuhkan karena bagaimana pun juga wajah tidak akan pernah bisa bohong (oplas bisa). Meskipun demikian, baterai yang awet sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas seorang jomblo. Game, aplikasi edit foto, media sosial untuk memantau perkembangan mantan harus ditunjang dengan daya tahan baterai yang memadai. Nah, apabila sobat coaser senasib dengan saya, sobat bisa meyimak bagaimana cara agar baterai android tidak cepat habis berikut ini!

Tips Cara Agar Batterai HP Android Awet dan Tahan Lama


1. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

   Tentunya siapapun ingin smartphone android miliknya tampil cantik dan elegan. Untuk itu, kebanyakan pengguna android lebih memilih mengunakan live wallpaper. Dibalik tampilannya yang jernih, nyatanya walpaper ini cukup jahat menyedot baterai handphone anda secara cepat. Sesuatu yang bagus memang perlu pengorbanan tidak terkecuali daya tahan baterai android anda. Supaya baterai android awet dan tahan lama, anda harus rela mengorbankan live walpaper untuk digantikan dengan wallpaper statis atau tidak bergerak.

2. Turunkan Kecerahan Layar

   Solusi agar baterai android tidak cepat habis lainnya yang bisa anda terapkan sekarang adalah dengan mengatur kecerahan layar. Solusi ini cukup efektif menghemat daya tahan baterai android anda mengingat energi yang tersedot terbilang lumayan. Semakin tinggi atau terang kecerahan layar, maka semakin besar pula energi yang digunakan. Belum lagi layar tersebut memiliki resolusi Quad HD atau Full HD. Mulai sekarang tingkatkan daya tahan baterai android dengan cara menurunkan kecerahan layar. Selain baik untuk keberlangsungan hidup android anda, cara ini juga bisa mencegah anda dari gangguan mata.

3. Non Aktifkan  Notifikasi

   Sebenarnya cara pada poin ketiga ini tidak berlaku untuk jomblo seperti saya karena anda tau sendiri kenapa. Bagi anda yang memiliki banyak gebetan dan punya lebih dari satu pasangan, maka cara ini perlu anda lakukan agar baterai android anda bisa bertahan lebih lama. Kenapa? karena setiap notifikasi entah itu dari sosmed ataupun game semuanya terhubung dengan internet sehingga daya tahan baterai dapat menurun secara signifikan. Matikanlah notifikasi yang anda anggap tidak terlalu penting pada pengaturan Apps itu sendiri lalu hilangkan tanda centang pada "Show Notification".

4. Keluar atau Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

 Cara ke-empat agar baterai android bisa tahan lama adalah dengan cara mematikan atau menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan pada background processor. Caranya tidak sulit, sobat coaser hanya perlu masuk ke setting menu lalu klik Apps. Setelah itu sobat menuju ke running service dan sekarang sobat tinggil pilih mana aplikasi yang ingin dimatikan. Sekedar info, kebanyakan aplikasi yang cukup menguras daya tahan baterai adalah aplikasi chating dan media sosial. Jadi, saya menyarankan matikan aplikasi media sosial yang tidak terpakai terutama sosial media yang sepi, hehe.

5. Non Aktifkan GPS

   Tidak, saya tidak menyarankan anda mematikan GPS ketika dalam perjalanan. Akan tetapi saya menyarankan anda untuk mematikan GPS ketika didalam ruangan. Lagi pula anda tidak memerlukan GPS saat tidur bukan?, just kidding!. Bisa dibilang, GPS merupakan salah satu faktor kenapa baterai HP android cepat lowbat. Maka dari itu matikan GPS jika memang tidak sedang digunakan. Untuk menonaktifkannya mudah saja, masuklah ke setting menu lalu pilih menu location secuirity. Apabila anda ingin berpergian, aktifkan kembali GPS supaya smartphone bisa terlacak otomatis dengan akun gmail ponsel anda.

6. Sesuaikan Kebutuhan Data Internet

   Seperti yang telah kita bahas sebelumnnya, internet memiliki peranan besar dalam hal memakan daya tahan baterai. Apabila sobat sekalian ingin baterai ponsel tetap awet dan tidak cepat lowbat, jangan pernah berlama-lama berselancar di internet terutama pada jaringan 4G LTE. Jika internet hanya untuk keperluan searching atau bermain game online, saya pribadi lebih menyarankan anda memakai jaringan 3G HSDPA. Sobat Coaser juga jangan lupa untuk mematikan jaringan seluler ketika berada pada area Wi-Fi hotspot.

7. Matikan Syncronisasi

   Cara agar baterai Android awet kali ini adalah dengan mematikan syncronisasi secara otomatis. Cara yang satu ini terbukti ampuh karena cukup efisien mampu mengurangi daya baterai pada saat aplikasi sedang melakukan syncronisasi ketika diinstal. Tunggu apalagi, matikan sekarang syncronisasi melalui setting menu lalu pilih menu account and sync.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai/Daya

   Cara mudah agar baterai Android tidak cepat habis dan tahan lama adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai/daya. Penggunaan aplikasi ini bukan berarti menghalalkan semua cara menghemat daya baterai diatas. Kenapa? karena hampir semua aplikasi tersebut hanya memonitoring baterai android anda agar hidup lebih lama. Setahu saya, sejauh ini belum ada aplikasi yang mampu bekerja secara otomatis dalam hal penghematan baterai. Ada banyak aplikasi yang bisa sobat Coaser pilih di play store seperti DU Battery Saver, Snapdragon BatteryGuru.8., Avast Battery dan masih banyak lagi.

Yup, Itulah beberapa "Tips Cara Agar Batterai HP Android Awet dan Tahan Lama" dari Coas Diary. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian!

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Tips Cara Agar Batterai HP Android Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)