Inilah Tips Cara Agar Uang Gajian Anda Tidak Cepat Habis


  Cara agar uang gajian tidak cepat habis - Kita setuju bahwa gajian merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua karyawan dan pegawai. Jauh hari sebelum tanggal gajian tiba, mungkin beberapa diantara kita sudah menyusun rencana mau di apakan dan mau di kemanakan uang hasil kerja keras tersebut. Akan tetapi, masalah umum pegawai yang seringkali menghambat rencana kita adalah uang gaji yang selalu habis di luar perkiraan. Bahkan dipertengahan bulan sekalipun, tidak jarang kita terpaksa gigit jari melihat kenyataan bahwa gaji telah lenyap begitu saja.

   Sebenarnya apa penyebab permasalahan ini? mari kita bahas lebih lanjut. Masalah uang gaji cepat habis bukan hanya keluhan pegawai bergaji kecil namun juga sering dialami oleh mereka bergaji besar. Kecilnya nominal gaji bukanlah alasan utama kenapa masalah ini bisa terjadi setiap bulannya. Diluar itu semua, pengelolaan dan perencanaan keuanganlah yang paling menentukan seberapa lama uang gajian anda bisa bertahan. Sebagai manusia yang dibekali nafsu, siapapun bisa dengan mudah menghabiskan uang.

   Dalam hal ini, kita harus bisa membedakan mana yang paling diprioritaskan antara nafsu dengan kebutuhan pokok. Ketika anda paham membedakan kedua hal ini saja, saya yakin anda akan tahu kemana larinya uang gaji anda. Selain itu, anda perlu menerapkan cara lain yang tepat dalam memanajemen keuangan agar uang gaji anda tidak numpang lewat begitu saja. Bagaimana caranya? baca beberapa tips agar uang gajian tidak cepat habis berikut ini.

1. Membagi Total Gaji

   Ketika anda menerima uang gajian, jangan terburu-buru menyimpan uang tersebut. Hitunglah kembali gaji anda untuk kemudian dibagi-bagikan. Tidak, saya tidak menyuruh anda membagi-bagikan gaji anda ke tetangga, tapi bagilah uang anda menjadi beberapa bagian. Sederhananya, pisahkan atau kelompokkan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, membayar hutang dan kebutuhan sosial sesuai posnya masing-masing. Dengan cara ini anda tidak perlu bingung lagi kemana perginya uang anda dan anda juga bisa mengelola keuangan lebih rapih.

2. Mendahulukan Tagihan

   Setelah anda membagikan uang berdasarkan posnya masing-masing, selanjutnya anda harus pandai memilih mana yang paling diprioritaskan. Salah satu pengeluaran wajib setiap bulan tersebut tidak lain adalah  tagihan. Bagi yang telah berkeluarga, tagihan tentunya sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Tagihan bisa dibilang sebagai kebutuhan terpenting untuk sebuah keluarga karena didalamnya meliputi cicilan rumah, kredit motor, tagihan listrik, telepon, air dan lain-lain. Mengingat beberapa hal tersebut tergolong sebagai kebutuhan, ada baiknya kita mendahulukannya diantara yang lain.

3. Memisahkan Rekening

   Satu rekening tidaklah cukup jika anda berniat menabung. Seperti halnya celengan, anda tidak bisa menyatu tempatkan antara uang kebutuhan dengan uang tabungan. Tujuan metode ini cukup jelas yakni agar kita bisa dengan mudah mengontrol pengeluaran sehari-hari tanpa harus mengusik uang tabungan yang kita simpan. Bila perlu, siapkan dompet tersendiri untuk ATM baru anda supaya terhindar dari kemungkinan pemakaian.

4. Menyiapkan Cadangan

   Didalam keluarga, kejadian tak terduga bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Sebagai pemimpin sekaligus kepala keluarga yang bijak, kita harus mengantisipasi hal ini. Salah satu bentuk antisipasi tersebut adalah dengan menyiapkan dana cadangan. Dana ini bisa anda gunakan untuk mengobati anggota keluarga yang sakit atau untuk keperluan investasi. Khusus dana cadangan, anda boleh menggabungkannya kedalam rekening uang tabungan anda sebelumnya. Usahakan untuk  menyisihkan dana cadangan sekitar 10 sampai 15 persen dari total pendapatan gaji anda.

5. Mengubah Gaya Hidup

   Gaya hidup yang terkesan boros merupakan salah satu penyebab kenapa gaji bulanan begitu cepat ludes. Bagaimana cara kita mengatasi hal ini? satu-satunya cara adalah dengan mengubah gaya hidup. Jika detik ini anda masih suka makan diluar yang bisa menguras kantong dan isi dompet anda, maka sekarang anda sudah harus membawa makanan sendiri ke kantor. Selain itu, kurangi intensivitas anda jalan-jalan ke mall apalagi mata anda tidak kuat melihat barang diskon. Iya, kebiasaan seperti itulah yang harus segera anda rubah agar gaji anda bulan ini dapat bertahan sampai ke tempo gaji  bulan berikutnya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Tips Cara Agar Uang Gajian Anda Tidak Cepat Habis"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)