Berikut 5 Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Anda Tekuni


   Peluang usaha rumahan - Jika bisa memilih, hampir kebanyakan orang sebenarnya sangat ingin terjun ke dunia wirausaha. Namun pada kenyataannya tidak banyak orang yang berani merealisasikan keinginannya tersebut. Untuk menjadi seorang wirausahawan, keberanian adalah yang utama. Kenapa? karena dunia usaha sangatlah jauh berbeda dengan profesi lainnya. Jika di professi lain gaji atau pendapatan anda telah dijamin oleh perusahaan tempat anda bekerja, maka kepastian seperti itu tidak akan bisa anda dapatkan didalam berwirausaha.

   Setahu saya disamping karena keterbatasan modal, takut menjadi salah satu alasan kenapa seseorang menjauhi dunia usaha. Meski demikian, bagi sebagian orang wirausaha tetaplah menjadi daya tarik walaupun memiliki segudang ketidak pastian. Biasanya, dunia usaha dijadikan opsi kedua setelah profesi yang digeluti sebelumnya. Ketika seseorang mulai bosan atau kurang puas dengan profesi sebelumnya, maka dunia usaha bisa menjadi jawabannya. Lewat dunia usaha anda bisa menemukan opsi atas permasalahan rutinitas anda yang membosankan hingga gaji yang kurang memuaskan, saya kira kelebihan inilah yang menjadikan wirausaha begitu menarik.

   Kelebihan lain dari dunia usaha adalah anda bisa melakukannya kapanpun dan dimana pun yang anda inginkan bahkan di rumah sekali pun. Masalah umum bagi sebagian calon pengusaha seringkali dipusingkan dengan persoalan modal yang tidak memadai. Padahal, dalam merintis sebuah usaha modal berbentuk materi tidak lebih penting ketimbang modal non-materi. Apa saja modal non-materi yang dimaksud? modal non-materi yang dimaksud disini adalah kemampuan, keberanian, tekad dan kerja keras. Jika kita persentasekan, modal non-materi menyumbang hampir 70% untuk kesuksesan sebuah usaha.

   Kesalahan kita sebagai calon pengusaha adalah kita terlalu dini memikirkan hal-hal yang besar, salah satunya adalah biaya sewa tempat. Seharusnya persoalan ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menghambat niat kita sebab kalau memang usaha kita memungkinkan untuk dilakukan dirumah kenapa tidak?. Modal yang seharusnya dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih penting, malah habis ditengah jalan. Kemungkinan seperti ini hendaknya kita pikirkan sejak awal. Berhubung pada postingan sebelumnya kita sudah bicara banyak mengenai usaha via online, maka pada kesempatan ini kita hanya akan memfokuskan pada usaha rumahan offline. Lalu apa saja jenis usaha rumahan tersebut? mungkin uraian dibawah ini akan sedikit membantu.

5 Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Anda Tekuni

1. Usaha Kuliner

   Kita setuju bahwa usaha kuliner seperti makanan masuk ke dalam salah satu dari beberapa bidang usaha potensial sepanjang waktunya. Hal ini cukup beralasan mengingat makanan merupakan kebutuhan paling pokok bagi kehidupan manusia. Berbicara soal kuliner, orang-orang yang berkunjung ke warung makan anda nantinya bukan hanya untuk mengobati rasa lapar. Lebih dari itu, mereka sangat ingin dimanjakan dengan hidangan yang lezat. Keinginan konsumen seperti inilah yang harus kita pahami.

   Setelah memahami keinginan konsumen, pelanggan bukan lagi jadi masalah terlebih lagi bagi anda yang memiliki keterampilan memasak. Beralih ke lahan, apa rumah anda cukup strategis menarik pelanggan? jika iya, anda tidak perlu lagi mencari tempat sewa untuk dijadikan warung. Selama itu bersih dan nyaman, rumah anda lebih dari cukup untuk menampung pelanggan setia anda. Tekuni usaha kuliner apapun sesuai passion anda seperti berjualan makanan, kue, jus buah dan lain-lain.

2. Usaha Bimbel (bimbingan belajar)

   Apakah anda seorang ibu rumah tangga bergelar sarjana? mungkin anda bisa membuka peluang usaha lewat latar belakang pendidikan anda. Dengan adanya ujian nasional yang diadakan oleh pemerintah, hampir semua orang tua harap cemas akan prestasi sang buah hati. Tidak heran rasanya jika orang tua akan melakukan segala cara demi kebaikan anaknya termasuk mengikut sertakan anaknya ke dalam bimbingan belajar. Situasi seperti ini memiliki prospektif yang cukup menjanjikan bagi anda yang ingin mencari penghasilan tambahan untuk keluarga. Tidak selalu tentang uang memang, tapi kalau bisa berkontribusi terhadap pendidikan negeri ini kenapa tidak?

3. Usaha Laundry

   Sekarang coba anda lihat lingkungan disekitar rumah anda, apakah rumah anda berada disekitar wilayah kampus? jika iya, anda patut bersenang hati karena ada satu usaha lagi yang bisa menjadi opsi bisnis anda. Di tempat saya, dimana ada kampus maka disitu ada kos-kosan. Saya yakin, hal tersebut juga berlaku di tempat anda. Seorang wirausahawan dituntut mampu membaca keadaan dan kebutuhan orang-orang disekelilingnya tidak terkecuali kebutuhan mahasiswa. Ditengah kepadatan jadwal kuliah dan kurangnya "kemampuan" mencuci pakaian, anda bisa muncul menawarkan solusi bagi mereka. Anda bisa memiliki usaha laundry dengan cara membeli salah satu waralaba laundry. Namun, apabila anda tidak punya cukup modal, anda bisa memulai semuanya dari awal.

4. Usaha Penitipan Anak

   Apapun bisa menjadi uang dan tidak terkecuali jika anda memiliki sifat penyayang. Ditengah kesibukan orang tua mencari rezeki untuk anaknya, anda bisa menawarkan jasa untuk menjadi orang tua pengganti sementara bagi anak mereka. Setiap orang tua berani membayar mahal jasa anda asalkan tumbuh kembang anaknya tidak terganggu. Sesuai tujuan orang tua, pengetahuan mengenai cara asuh anak adalah hal yang wajib anda kuasai. Selain itu sarana operasional pun tidak boleh anda lewatkan agar anak titipan tidak stress dan bisa belajar dengan nyaman. Tidak perlu menyewa tempat cukup gunakan bagian tertentu dari rumah anda. Silahkan dekorasi ulang ruangan tersebut demi kenyamanan anak-anak yang anda asuh.

5. Usaha Pangkas Rambut

   Usaha rumahan terakhir yang bisa anda rintis berikut ini adalah pangkas rambut. Sebenarnya usaha ini sudah terlalu umum di kehidupan kita. Akan tetapi, kebutuhan masyarakat dengan jasa ini begitu luar biasa. Hal ini terlihat dengan adanya terobosan baru yakni pangkas rambut online. Menurut saya, pangkas rambut online hadir menjadi solusi bagi konsumen yang tidak punya banyak waktu menunggu di salon. Dengan kata lain, tukang pangkas rambut masih terlalu sedikit untuk menghadapi konsumen diluar sana. Situasi ini tentu sangat potensial bagi bisnis anda apalagi anda sudah dibekali kemampuan memangkas. Saya kira anda tidak perlu khawatir soal pendapatan karena hampir semua tukang cukur/pangkas rambut memiliki pendapatan diatas BEP yaitu 3 juta bahkan lebih.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Berikut 5 Peluang Usaha Rumahan yang Bisa Anda Tekuni"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)