Kenali Gejala Serta Cara Mengatasi Asam Urat Berikut Ini

   
        Cara Mengatasi Asam Urat - Asam urat adalah zat hasil metabolisme purin didalam tubuh. Zat purin merupakan zat yang terdapat didalam tubuh setiap makhluk hidup tidak terkecuali kita sendiri. Saat kita memakan makhluk hidup lain ototmatis kadar purin kita juga akan bertambah. Pada kondisi normal, zat purin akan di eliminasi dari tubuh dalam bentuk feses namun karena kinerja ginjal yang terlalu sibuk untuk mencerna purin berlebih, akihirnya tidak semua zat purin bisa dicerna dengan baik. Sisa hasil metabolisme tersebut akan terus menumpuk seiring berjalannya waktu.

    Untuk mengakali penumpukan zat purin didalam tubuh bisa kita atasi dengan berolahraga rutin. Resiko asam urat akan meningkat apabila kita malas berolahrga karena ginjal tidak mampu mengemban tugasnya sendiri untuk mencerna purin.Penyakit ini biasanya menyerang bagian persendian didalam tubuh. Untuk itu jangan pernah mengabaikan rasa sakit yang sering muncul pada sendi anda sebab bisa jadi itu gejala asam urat. Apalagi rasa sakit tersebut diikuti dengan bengkak kemerah-merahan. 

   Kadar asam urat yang tinggi bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat. Meskipun kadarnya sudah bisa dikatakan normal bukan berarti penderita asam urat bisa bebas mengkonsumsi makanan apapun yang diinginkan.Tetap ada upaya berkelanjutan untuk mencegah asam urat tidak kembali kambuh dengan cara mengontrol makanannnya. Apa saja makanan yang harus dihindari tersebut?

Makanan yang Harus Dihindari

1. Makanan dan minuman mengandung alkohol.
2. Sayuran seperti kangkung, asparagus, buncis, kembang kol, bayam, jamur kuping dan daun singkong.
3. Buah-buahan seperti nanas, alpukat, air kelapa dan durian.
4. Telur, daging, kaldu daging.
5. Lauk pauk seperti limfa, usus, otak, paru, ginjal, hati, jeroan dan babat.
6. Makanan kaleng.
7. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, toge, emping, melinjo olahan tauco, oncom dan tempe.
8. Seafood seperti cumi, kerang, kepiting dan udang.
9. Segala jenis gorengan.
10. Keju dan mentega.

Gejala umum asam urat


1. Nyeri pada malam hari dan ketika baru bangun tidur dipagi hari.

2. Area sendi yang merasakan sakit akan timbul pembengkakan. Biasanya asam urat akan menyerang beberapa titik sendi seperti :
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Jari Tangan
  • Siku
  • Kaki bagian tengah dan
  • Bagian luar jempol kaki
3. Sering merasa kesemutan dan pegal.

Cara mengatasi asam urat

1. Daun Salam.

   Penggunaan jangka panjang dedaunan yang satu ini dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat anda. Khasiat daun salam akan segera anda rasakan seketika karena dalam waktu yang singkat persendian anda yang terasa sakit bisa langsung disembuhkan. Cara penerapannya tidaklah rumit, anda hanya memerulukan 10 lembar daun salam. Rebus daun salam kedalam dua gelas air sampai air tersisa 1 gelas. Setelah itu minum air rebusan tersebut rutin minimal 2 kali dalam sehari.

2. Buah Pare.

   Dibalik rasa pahitnya, buah pare sangat familiar dalam hal menyembuhkan penyakit asam urat. Begitu populernya buah berjenis sayuran ini bukan tanpa alasan sebab pare terbukti manjur mengatasi asam urat  secara turun temurun. Hampir sama dengan cara penerapan daun salam sebelumnya, buah pare juga akan diramu dengan cara direbus. Siapkan 1 buah pare mentah yang sudah dibuang bijinya lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya potong tipis pare dan rebus didalam dua gelas air sampai air tersebut tersisa 1 gelas. Minumlah ramuan mujarab tersebut minimal satu kali sehari.

3. Ubi Jalar.

   Tidak hanya enak sebagai teman santapan pagi, ubi jalar nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam satu cangkir ubi jalar saja bisa disetarakan dengan 23 cangkir brokoli. Tentu akan sangat panjang jika kita harus mengulas lebih dalam khasiat dari ubi jalar ini. Sebaiknya anda membuktikan sendiri khasiat ubi jalar untuk penyembuhan asam urat anda. Pilihlah ubi jalar merah sebanyak 200 gr untuk dijadikan bahan olahan kali ini. Setelah bahan utamanya anda dapatkan, langkah selanjutnya siapkan bahan pendukung lainnya seperti 5 butir cengkih, 1 biji pala, 10 butir merica, 15 gr jahe merah, 1 ruas kayu manis dan 1,5 liter air. Rebus semua bahan kedalam air yang sudah disediakan sampai air menyusut hingga 0.5 liter. Minum hasil ramuan anda tadi minimal 2 kali sehari.

4. Daun Sirsak.

   Tidak sulit menemukan pohon buah berduri yang satu ini. Selain buah sirsak yang dikenal enak disisi lain daun sirsak memiliki manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit termasuk diantaranya asam urat. Untuk memanfaatkan khasiat daun sirsak, anda diharuskan menyediakan 6 sampai 10 lembar daun sirsak langsung dari pohonnya. Sebelum di tumbuk hingga halus pastikan anda sudah mencuci bersih daun sirsak tersebut. Setelah cukup halus, rebus daun sirsak dengan dua gelas air. Seperti biasa, tunggu air rebusan sampai menyusut menjadi satu gelas. Untuk hasil optimal konsumsi air rebusan daun sirsak pada waktu pagi dan malam hari.

5. Kolang Kaling.

   Anda tidak harus menunggu bulan ramadhan untuk merasakan khasiat kolang kaling, apalagi anda merupakan seseorang penderita asam urat. Apabila lidah anda tidak begitu bersahabat dengan beberapa alternatif pengobatan diatas, anda bisa mengobatinya dengan yang lebih segar yakni kolang kaling. Cukup ganti menu makan pagi dan malam anda dengan 200 gr kolang kaling setiap harinya maka tanpa anda sadari anda telah melakukan program diet rendah purin.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.