Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Tumor yang Harus Anda Ketahui


   Penyebab serta Gejala Tumor - Segelintir masyarakat di Indonesia seringkali bingung membedakan antara tumor dengan kanker. Padahal, ditinjau dari pengertiannya saja, kedua penyakit ini tidaklah sepenuhnya sama. Tumor dalam makna luas merupakan jaringan sel liar yang berupa pembengkakan atau benjolan abnormal pada bagian tubuh. Sedangkan arti tumor lebih spesifik merupakan benjolan yang diakibatkan oleh neoplasma. Tumor bisa dikatakan sebagai kanker apabila tumor telah berkembang menjadi tumor ganas. Apabila dibedakan secara klinis, penyakit tumor dibedakan atas dua golongan yakni tumor neoplasma dan non neoplasma.

   Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa tumor diasumsikan sebagai penyakit yang mematikan. Meskipun benar, anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya tepat mengingat adanya keberadaan tumor jinak. Dikatakan tidak mematikan karena tumor jinak hanya akan tumbuh pada salah satu bagian tubuh dan tidak meluas ke bagian tubuh lain. 

   Berbeda halnya dengan tumor ganas, tumor ini dipastikan dapat menyebar ke jaringan disekitarnya. Tumor jinak bisa saja mematikan jika tumor tersebut mulai berkembang menjadi tumor ganas. Jadi, apapun jenis tumornya, penanganan sedini mungkin adalah langkah yang paling bijak untuk dilakukan. Perbedaan mendasar antara tumor jinak dan ganas lainnya adalah tumor jinak tidak tumbuh lagi setelah diangkat dan hal ini tidak berlaku bagi tumor ganas. Pada beberapa kasus, tumor ganas punya kemungkinan kembali kambuh meskipun telah diangkat.

   Normalnya, sel-sel melakukan regenerasi secara berkala dan berkembang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Proses terkendali ini diperlukan untuk mengganti sel-sel lama yang telah usang atau mati. Namun, sayangnya proses ini tidak berlaku bagi pengidap tumor karena sebelum tumor terbentuk, regenerasi berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkan bahkan tidak terkendali. Meski para ahli belum bisa menyimpulkan secara pasti apa penyebab tumor, setidaknya terdapat beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi pemicu tumor.

Faktor Pemicu Tumor
  • Faktor genetika
  • Obesitas
  • Pajanan radiasi
  • Pajanan polusi udara
  • Pajanan sinar matahari berlebihan
  • Kelainan sistem imun
  • Konsumsi minuman keras berlebihan
   Perkembangan tumor jinak yang lambat biasanya berbentuk kapsul berbatas tegas sehingga tidak sulit untuk membedakan tumor dengan jaringan disekitarnya. Lambat laun, pembesaran tumor dikhawatirkan akan menekan jaringan terdekat dan hal ini dapat menimbulkan obstruksi atau atrofi. Terlebih lagi jika tumor mulai menekan organ sentral tubuh seperti otak misalnya, tentu hal ini bisa menjadi cikal bakal tumor otak. Semakin lama dibiarkan, pertumbuhan tumor lebih bervariasi sehingga batas tegas mulai hilang dan jarang berkapsul. Tumor yang sudah berubah menjadi kanker akan terlepas dari jaringan induknya sehingga dapat dengan mudah terbawa oleh getah bening. Perjalanan kanker tersangkut di jaringan lain dan memulai perkembang biakan ditempat barunya. Iya, ini salah satu kemungkinan terjadi jika tumor tidak segera ditangani.

   Ada banyak tumor yang bisa kita kenali sesuai dengan tempat tumor bernaung. Maka dari itu, sulit bagi kita untuk memastikan apakah tubuh kita telah ditumbuhi oleh tumor atau belum. Mungkin, tumor yang sudah lama bisa dengan mudah dilihat lewat pembengkakan yang menonjol, namun apabila kita ingin mengetahuinya sesegera mungkin, beberapa gejala tumor secara garis besar dibawah ini bisa menjadi acuan anda dalam mewanti-wanti penyakit berbahaya ini.

Gejala-gejala Tumor

  • Demam menggigil
  • Nafsu makan menurun
  • Rasa lelah ekstrim
  • Berat badan menurun drastis
  • Berkeringat malam hari tanpa sebab
   Waspadai setiap perubahan kondisi pada tubuh anda dengan menyempatkan diri berkonsultasi ke tenaga ahli. Dalam artikel ini saya tidak membahas mengenai cara pengobatan tumor karena hal tersebut merupakan tugas dokter ahli. Kalaupun kita bahas, pengobatan tumor tidak bisa kita tangani sendiri tanpa bantuan tenaga medis. Untuk itu, saya hanya akan memberikan beberapa kiat untuk menurunkan resiko kemunculan tumor atau kanker.

Tips Mencegah Resiko Tumor

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Tumor yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)