Ketahui Penyebab Kesemutan Pada Tubuh Anda Berikut Ini


   Penyebab Kesemutan pada tubuh - Bertahan dengan posisi sama dalam waktu terlalu lama, bisa membuat bagian tubuh tertentu akan mengalami mati rasa. Kondisi semacam ini biasa kita namakan dengan istilah kesemutan. Sedangkan dalam dunia medisnya, kesemutan lebih dikenal dengan istilah parestesia. Sebagian orang, tidak mau ambil pusing ketika kesemutan melanda tubuh mereka karena memang tidak terlalu sakit. Meskipun demikian tidak jarang pula ada yang begitu khawatir dengan kondisi tersebut. Kekhawatiran muncul, tidak lepas dari kesadaran mereka bahwa kesemutan bukan sekedar gejala biasa. Kedua perspektif ini sedikit banyak dipengaruhi oleh seberapa sering seseorang mengalami kesemutan. Tapi, sampai sejauh mana sih kesemutan tersebut bisa kita anggap sebagai masalah serius? mari kita bahas lebih lanjut.

   Kesemutan pastinya pernah dialami oleh hampir semua orang, namun tidak semua orang memiliki tingkat sensitifitas kesemutan yang sama. Mungkin selama kesemutan jarang anda alami, masalah sepele ini masih bisa dianggap sebagai suatu hal yang wajar. Namun apa jadinya kalau kesemutan begitu sensitif ditengah aktivitas anda sehari-hari? tentu hal ini tidak bisa dianggap sepele. Apabila kesemutan terlalu sering muncul mewarnai keseharian anda, maka anda patut curiga dengan kondisi ini. Kenapa? karena, kesemutan merupakan tanda, sinyal atau gejala yang ditunjukan oleh tubuh untuk memberitahukan kepada kita bahwa adanya kesalahan didalam tubuh. Dengan kata lain, kesemutan juga bisa disebut sebagai indikator sebuah penyakit. Ketika kesemutan sudah mengindikasikan suatu penyakit, maka di momen inilah kesemutan dianggap sebagai masalah serius.

Baca Juga : Simak Cara Mengatasi Kram Otot Berikut Ini

Berdasarkan uraian diatas, kesemutan terbagi menjadi dua macam sifat yakni sementara dan berkepanjangan. Apa beda kedua macam kesemutan ini? langsung saja kita lanjutkan.

Kesemutan Sementara

   Sesuai namanya, kondisi kesemutan jenis ini bisa reda dan hilang dengan sendirinya. Tidak sulit untuk mengatasi kesemutan sementara, anda hanya perlu merubah posisi atau membebaskan area tertekan seperti menggerakkan tangan atau meluruskan kaki. Kesemutan sementara masih tergolong ringan dibandingkan dengan kesemutan berkepanjangan. Kesemutan sementara dipicu oleh adanya tekanan terlalu lama pada bagian anggota tubuh tertentu. Tekanan ini membuat suplai darah ke saraf organ tubuh tersebut mengalami hambatan.

   Mudah saja jika anda ingin merasakannya yakni dengan cara menggunakan sepatu kecil atau duduk bersila. Meski kaki menjadi sasaran empuk masalah kesemutan, nyatanya tangan pun tidak luput dari masalah ini. Biasanya, kita sering mengalami tangan kesemutan ketika lengan tertindih oleh tubuh pada saat tidur. Kesalahan posisi bukanlah satu-satunya pemicu kesemutan sebab, kesemutan sementara sendiri dapat diakibatkan oleh dehidrasi dan hiperventilasi, yakni kondisi ketika bernafas terlalu cepat. Apa itu cukup? sayangnya belum. Penyakit Raynaud pun ikut-ikutan menjadi penyebab kesemutan. Hal ini wajar mengingat penyakit tersebut cukup berpengaruh terhadap penyuplaian darah pada bagian tubuh tertentu.

Kesemutan Berkepanjangan

   Seperti yang sudah kita singgung pada uraian sebelumnya, kesemutan bisa jadi menjadi sebuah tanda dalam mengindikasikan kesehatan seseorang. Ada banyak hubungan antara kesemutan dengan berbagai penyakit yang bisa kita kenali seperti penyakit hati, gangguan ginjal, diabetes, tumor otak, stroke, multiple sclerosis, kanker dan ketidakseimbangan hormon. Setelah melihat beberapa penyakit top mengerikan tersebut, mungkin anda sudah mengerti kenapa kesemutan perlu dianggap sebagai masalah serius.

   Kehadiran kesemutan tidaklah berasal dari dalam tubuh semata melainkan juga bisa dipicu oleh benda luar seperti obat-obatan, terpapar zat beracun sampai kekurangan vitamin. Untuk obat-obatan, kesemutan bisa dipicu oleh penggunaan obat kemoterapi yang sering dipakai untuk menangani masalah kesehatan seperti limfoma, epilepsi, antibiotik, HIV/AIDS dan kanker payudara. Hindari kontak dengan paparan zat beracun karena kesemutan bisa berawal dari paparan tersebut. Jenis zat-zat pemicu kesemutan tersebut adalah talium, timbal arsenik, merkuri dan lain-lain. Disamping itu, cukupi segera asupan nutrisi dan vitamin anda karena bisa jadi kesemutan berkepanjangan selama ini diakibatkan oleh kekurangan nutrisi.

Ketahui Penyebab Kesemutan Secara Pasti

   Artikel ini hanya membantu anda untuk memberikan informasi mengenai segala kemungkinan penyebab kesemutan. Jika hanya membaca, tentu penyebab kesemutan belum bisa dipastikan kecuali melalui pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, konsultasikan kondisi  dan keluhan anda pada tenaga medis terpercaya. Disana anda akan mendapatkan pemeriksaan lebih terperinci bagaimana status kesehatan anda serta anda juga akan mendapat beberapa anjuran terkait kondisi anda.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Ketahui Penyebab Kesemutan Pada Tubuh Anda Berikut Ini"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)