Inilah 5 Cara Jitu Untuk Menghilangkan Bau Mulut

   
   Cara Menghilangkan Bau Mulut - Bau mulut tak sedap bukanlah masalah personal yang dialami oleh seseorang. Dikatakan demikian karena, bau mulut tidak hanya mengganggu penderita namun juga orang disekitar penderita bau mulut itu sendiri. Kendati pun hidung kita lebih dekat dengan mulut yang kita miliki, seringkali penderita bau mulut kurang peka dengan kondisi yang mereka alami. Permasalahan ini tentu sangat menjengkelkan bagi kita sebagai lawan bicara. Bau "beracun" mulut yang dapat memicu pusing, mual muntah, sariawan, mata merah, gigi kuning dan bibir pecah-pecah tentu akan sangat mengganggu siapapun penikmat aroma tak sedap ini.

   Biasanya, seseorang mulai peka akan kondisinya setelah ada salah satu teman yang memberanikan diri untuk mengungkapkan kegelisahannya selama ini kepada kita. Hal inilah yang teman saya lakukan kepada saya, sehingga saya pun harus mulai berbenah diri. Walau pun luar biasa malu, saya mencoba menerima keluhan teman baik saya tersebut dengan sikap positif. Sikap ini saya ambil karena saya tahu betapa menderitanya dia ketika berada di dekat saya. Saat itu juga saya berpikiran bahwa mungkin ini salah satu alasan kenapa saya selalu di tolak begitu banyak cewek. Yaa, wajar sih, jangankan cewek, nyamuk saja bisa mati kalau tidak sengaja lewat didepan saya. Oke Next!

   Masih pada pembahasan yang sama, para ahli kesehatan berpendapat bahwa bau mulut memang merupakan problem kesehatan yang agak sulit untuk diketahui terlebih lagi oleh diri sendiri. Saya sangat yakin bahwa kebanyakan dari kita cukup sering mengecek bau mulut. Metode umum tersebut adalah dengan cara menghembuskan hawa nafas ke telapak tangan untuk kemudian dihirup kembali oleh hidung. Tahukah anda? metode ini sama sekali tidak efektif untuk mengetahui aroma mulut kita. Lalu bagaimana cara yang direkomendasikan? anda bisa mencoba menjilat telapak tangan bersih anda, tunggu sejenak hingga air liur kering dan silahkan cium telapak tangan anda. Selebihnya, anda sendiri yang menilai.

   Senada dengan keberagaman aromanya, penyebab bau mulut pun ternyata cukup banyak untuk diketahui seperti konsumsi makanan, kebersihan mulut, masalah hidung dan tenggorokan, merokok, alkohol, gigi berlubang dan lain-lain. Seberapa pun banyaknya penyebab bau mulut, patner bicara kita akan tetap menganggap kita sebagai seseorang berkepribadian jorok. Jangan heran kalau sebagian orang akan sedikit menjaga jarak ketika berinteraksi dengan kita. Sikap seperti ini juga tidak bisa kita elakkan apabila kejadian serupa menimpa kita. Jadi, untuk meminimalisir jarak di antara keluarga, pacar, teman, istri dan sebagainya, alangkah baiknya bagi kita untuk mengatasi bau mulut sesegera mungkin.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap


1. Rutin Gosok Gigi

   Cara menghilangkan bau mulut tak sedap paling mendasar untuk kita lakukan adalah dengan cara rutin menggosok gigi. Kita tahu, dengan aktivitas rutin ini kita bisa membersihkan segala macam kotoran sisa makanan didalam mulut. Apabila kebiasaan baik tersebut tidak bisa kita lakukan secara intensif maka akan memicu penumpukan kotoran yang notabene sebagai penyebab utama bau mulut. 

   Menggosok gigi bukanlah kebiasaan tanpa harus didasari ilmu dalam penerapannya. Ada baiknya, anda tahu bagaimana menggosok gigi secara benar agar tujuan utamanya bisa benar-benar kita rasakan. Kenapa kita harus memperhatikan adat menggosok gigi? karena jika kita melakukan kesalahan selama proses ini, dikhawatirkan dapat minumbulkan masalah baru seperti kerusakan enamel pada gigi. Sekedar informasi, kerusakan enamel bisa menimbulkan gangguan gigi sensitif.

2. Menggunakan Obat Kumur Anti Bakterial

   Pertumbuhan kuman penyebab bau mulut berkembang melewati beberapa fase. Nah, untuk mengatasinya pun kita harus melewati beberapa tahap agar kuman bisa diberantas secara optimal. Tahapan lanjut setelah menggosok gigi berikutnya adalah dengan menggunakan obat kumur anti bakterial. 

   Seperti yang sering anda dengar, menggosok gigi saja memang belum cukup. Kita diharuskan melakukan tahapan berkumur ini dengan maksud untuk memastikan kuman benar-benar terangkat dari rumah lamanya. Berkumurlah sebelum anda tidur, dengan demikian kuman tidak punya waktu membangun sarang baru didalam mulut kita. Upaya ini juga penting kita lakukan untuk mengurangi plak-plak pada gigi.

3. Menggosok Lidah

   Apakah anda menganggap metode pada poin ini terkesan ribet? saya rasa tidak, sebab anda bisa melakukan cara pembersihan ini ketika anda sedang atau setelah meggosok gigi. Mungkin menggosok lidah tidak terlalu penting bagi sebagian orang. Akan tetapi ketahuilah, tidak ada yang bisa menjamin bahwa kuman hanya bersembunyi di sela-sela gigi.

  Bisa saja kuman tersebut nongkrong di permukaan lidah secara terang-terangan. Maka dari itu, sempatkan diri anda melakukan hal sepele ini untuk mengusir tempat tongkrongan kuman dilidah anda. Anda bisa terapkan dirumah dengan menggunakan gosok gigi atau alat khusus pembersih lidah.

4. Minum Air Putih

   Bisa dibilang, cara ini merupakan upaya paling sederhana dan simpel yang bisa kita lakukan. Walaupun setiap hari kita tidak pernah lepas dari air putih, namun dalam hal ini, kita diwajibkan menjaga kecukupan asupan mineral didalam tubuh. Ada banyak manfaat air putih bagi tubuh kita salah satunya adalah menjaga kadar air liur didalam mulut.

   Ketika kadar air liur berkurang dari yang seharusnya, permasalahan ini membuat kuman semakin leluasa berkembang. Jika sudah begini, bau mulut pun tidak dapat dihindarkan. Contoh sederhana untuk membuktikan kasus bau mulut akibat dari kekurangan cairan ini adalah dengan mencium bau mulut ketika kita sedang berpuasa. Perbanyak minum air putih kurang lebih delapan gelas setiap harinya.

5. Hindari Merokok

   Sebetulnya, kalau boleh jujur saya sudah bosan dengan kalimat anjuran yang satu ini karena di hampir setiap postingan tentang mengatasi masalah kesehatan, rokok selalu menjadi himbauan paling utama untuk dihindari. Tapi mau bagaimana lagi, saya tetap harus menyampaikan informasi ini untuk anda. 

   Penting ditekankan bahwa kandungan nikotin yang mengendap didalam mulut perokok aktif bisa menimbulkan bau tak sedap. Cara-cara sebelum anda sampai ke poin ke lima ini hanya akan menjadi tulisan tak bermakna jika anda masih berkeras dengan kebiasaan buruk ini. Lepas dari bayang-bayang rokok memang terasa sulit, untuk itu saya hanya bisa menganjurkan untuk mengurangi intensifitas kebiasaan merokok dari sekarang.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 5 Cara Jitu Untuk Menghilangkan Bau Mulut"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)