Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Kutil yang Membandel


  
   Cara mengatasi kutil - Memiliki kulit bersih nan mulus merupakan keinginan setiap orang tidak terkecuali pria dan wanita. Keinginan mendasar tersebut cukup wajar mengingat kulit menjadi daya tarik tersendiri terhadap penampilan seseorang. Kita tahu, di balik setiap keinginan pasti ada saja resiko gangguan menyertainya, itulah kenapa kita harus sedikit berusaha untuk mewujudkan keinginan kita tersebut. 

   Sehubungan dengan kulit, berbagai gangguan juga begitu mudah menghampiri kulit. Kenapa? hal ini terjadi karena kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia sehingga kulit sangat sensitif terhadap gangguan. Sifat sensitif tersebut membuat kulit sangat rentan terhadap infeksi seperti bakteri, virus hingga jamur. Ketika kulit telah terinfeksi oleh ketiga hama tersebut maka bisa dipastikan akan berpotensi menimbulkan penyakit pada kulit.

   Salah satu penyakit umum yang sering mengganggu keindahan kulit kita ini adalah kutil. Iya, kutil tidak lagi hanya dikategorikan sebagai gangguan, lebih dari itu, kutil telah menjelma menjadi penyakit yang perlu mendapat perhatian serius. Alasannya karena, kutil begitu cepat tumbuh dan menyebar di atas permukaan kulit. 

   Tidak sulit untuk melihat pertumbuhan kutil sebab penyakit kulit ini akan mengalami pembesaran dari waktu ke waktu. Ibarat bom waktu, kutil akan meledak jika tidak segera ditangani dengan cepat. Dimaksudkan meledak adalah penyebarannya yang semakin tidak terkontrol. Mungkin jangka pendeknya, penyebaran hanya berlaku di bagian kulit terdekat dari sumber awal kutil namun lambat laun kutil akan meluas ke bagian kulit lainnya.

Baca Juga : Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Tumor yang Harus Anda Ketahui

   Umumnya, kutil mudah ditemukan pada bagian kulit tertentu seperti kaki dan tangan. Meski demikian bukan tidak mungkin, kutil juga akan tumbuh di wajah bahkan kelamin seseorang. Setelah membahas kutil sejauh ini, sebenarnya apa sih kutil itu?. Secara definisi kutil merupakan kelainan yang ditandai dengan pertumbuhan lokal pada jaringan kulit. Kehadiran kutil sangat tidak diinginkan oleh setiap orang karena kutil dapat memberikan perbedaan menonjol pada permukaan kulit. Belum lagi tekstur kotor dan kasarnya semakin membuat kulit kita kehilangan keindahannya.

   Pada level tertentu, kutil biasanya disertai rasa gatal, pedih dan sakit yang tak tertahankan dan gejala ini biasa ditemui pada kutil yang sudah lama dibiarkan. Beberapa gejala ini seakan memberi sinyal bahwa kutil tidak hanya berdampak terhadap penampilan namun juga berdampak pada ketenangan seseorang. 

   Mengingat kutil adalah bagian dari kulit, jangan heran jika kutil akan terasa sakit ketika tergores atau terjadi kontak dengan benda disekitarnya. Kalaupun kutil tidak menimbulkan rasa sakit, saya yakin anda akan sangat risih dengan kehadiran tamu tak diundang tersebut. Bagaimana jika si kutil sudah bertamu dan menetap di kulit kita? satu-satunya cara penanganannya adalah dengan cara mengusirnya seperti berikut.

Cara Mengatasi Kutil Membandel Secara Ampuh

1. Bawang putih

   Senyawa serta kandungan didalam bumbu dapur yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah kutil pada kulit anda. Sebelum digunakan untuk memasak, sisihkan sedikit bawang putih seperlunya. Lalu tumbuk sampai halus dan oleskan tumbukan tersebut langsung ke bagian kulit yang di tempati kutil.


2. Kulit Pisang

   Mungkin media kulit pisang ini merupakan cara terhalus untuk mengusir kehadiran kutil di permukaan kulit kita. Caranya cukup simpel yakni dengan cara mengoleskan kulit pisang secara rutin ke bagian kulit yang disinggahi kutil.


3. Getah Pohon atau Buah Pepaya

   Jika sebelumnya kita memanfaatkan kulit dan daging dari bahan makanan maka sekarang kita beralih ke pemanfaatan getahnya. Disini kita akan merasakan khasiat dari getah pepaya untuk mengatatasi kutil membandel. Getah buah kaya serat tersebut bisa anda ambil dari pohon maupun buah mudanya. Jika getah sudah ditangan, langkah selanjutnya adalah oleskan getah tepat diseluruh permukaan kutil secara merata.

4. Getah Pohon Awar-awar

   Masih tetap pada formulasi pemanfaatan getah-getahan, dari getah pepaya, kali ini kita pindah ke getah pohon awar-awar. Formulasi getah pohon awar-awar saya dapatkan dari anjuran orang tua saya sendiri. Entah apa kandungannya, tapi anjuran tersebut terbukti manjur ketika saya terapkan. Apabila anda penasaran membuktikannya sendiri, segera patahkan batang awar-awar yang masih muda, kumpulkan getahnya, lalu poles langsung ke kutil sedikit lebih kasar. Lakukanlah metode ini setidaknya dua kali sehari.

5. Kombinasi Kapur Sirih dengan Sabun Colek



   Berbeda dengan beberapa metode diatas, pada poin terakhir ini kita akan mengusir kutil lebih kasar dari sebelumnya. Saya katakan kasar karena cara ini terkesan memaksa si kutil angkat kaki dari kulit kita. Jika anda tidak mau lagi melihat kutil kembali lagi ke hadapan anda maka metode kapur sirih dan sabun colek ini merupakan cara yang paling tepat karena kutil dijamin tidak akan tumbuh kembali. Langsung saja sediakan kedua bahannya, beri takaran sama rata secukupnya, lalu aduk hingga merata. Usahakan oles racikan tersebut tepat di permukaan kutil dan jangan dibagian kulit yang lain.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Kutil yang Membandel"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)