Inilah Tips Cara Mendapatkan Penghasilan dari Youtube


   Cara mendapatkan uang dari youtube - Bagi anda yang begitu dekat dengan dunia internet, saya yakin anda sudah sangat familiar dengan situs media  online Youtube.com. Iya, youtube dikenal sebagai portal penyedia video terbesar didunia. Disana anda bisa menemukan video bervariasi, mulai dari hiburan, inspirasi, motivasi dan sebagainya. Hampir sebagian besar video di youtube merupakan hasil unggahan dari kita sendiri sebagai pengguna.

   Berdasarkan sejarahnya, youtube didirikan oleh tiga orang yaitu Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim. Ketiga mantan karyawan PayPal tersebut berhasil mendirikan youtube pada bulan februari tahun 2005 silam. Tepat delapan bulan pasca peresmian youtube pada bulan november 2005, situs ini sudah begitu populer di dunia maya. Hal ini terlihat dengan banyaknya jumlah video serta jumlah pengunjung setiap harinya. Diketahui, saat itu youtube sudah memiliki 65.000 video dengan 100 juta views perhari. Tentu sebuah angka yang fantastis untuk sebuah situs seumur jagung pada saat itu.

   Seiring berjalannya waktu, kepopuleran youtube semakin meningkat dan hal ini disadari betul oleh pelaku bisnis online maupun offline. Begitu banyaknya pengguna dan penikmat youtube, membuat mereka tergiur untuk memanfaatkan media ini sebagai ladang menuai pundi-pundi uang. Biasanya, para pelaku bisnis akan memanfaatkan youtube dengan cara mengiklankan produk mereka. Cara ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan produk mereka secara tidak langsung. Saya kira, harapan mereka berjalan sesuai rencana sebab iklan yang muncul di youtube semakin beragam.

   Jika pebisnis diatas berperan sebagai advertiser, tentunya mereka perlu seseorang penyedia jasa untuk memasarkan produk mereka dan disinilah peran kita sebagai youtuber dimainkan. Lalu, bagaimana cara kita mendapatkan uang dari youtube? mekanisme pendapatan kita dari youtube sama persis dengan media online semisal blog. Jika di blog kita memposting artikel untuk dipasangi iklan, maka di youtube kita akan bermain dengan video untuk di posting. Nah, dari iklan-iklan inilah nantinya youtube kita menghasilkan uang.

Baca juga : Inilah Tips Cara Ampuh Agar Cahnel Youtube Anda Sukses

  Penghasilan dari youtube tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab diluar sana tidak sedikit youtuber berpenghasilan fantastis. Pendapatan setiap youtuber cukup bervariasi, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Semua itu ditentukan oleh seberapa banyak viewers dan subcriber yang mereka miliki. Jika anda tidak percaya, mungkin chanel Raditya Dika bisa menjawab keraguan anda. Diketahui, chanel stand up comedian asal Indonesia ini bisa mendapatkan earning dari youtube-nya mencapai $1.9K-$30.8K perbulan. Sebuah angka yang masuk akal mengingat subcriber youtube Raditya Dika sudah mencapai 1,837,241 dan hal ini sudah saya cek bertepatan dengan waktu ditulisnya postingan tentang "cara mendapatkan uang dari youtube" ini.

   Apabila anda berniat menjadi youtuber, itu artinya anda siap terjun ke dunia bisnis. Seperti yang telah kita ketahui, didalam dunia bisnis tidak ada yang bisa menjamin kesuksesan anda kecuali anda sendiri. Artikel ini saya tulis hanyalah bertujuan untuk menjelaskan bagaimana mekanisme youtube menghasilkan uang serta bagaimana langkah-langkah menjadi bagian dari mereka. Diluar itu semua saya pikir anda sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan viewers yang banyak seperti mengupload video unik, menarik, dan lain-lain. Baiklah sebaiknya langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Membuat Akun YouTube

   Membuat akun youtube bukanlah perkara yang sulit. Apabila anda telah memiliki salah satu akun dari produk google seperti gmail misalnya, anda bisa menggunakan akun tersebut untuk membuat akun anda di youtube. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan adalah login ke akun gmail anda, lalu buka fitur YouTube.com dari sana. Di sana nantinya anda akan menemukan tampilan situs youtube seperti gambar dibawah ini.

   Ketika gambar diatas sudah anda jumpai, langkah selanjutnya adalah klik "My Chanel" yang terletak di bagian kiri layar monitor anda. Disana anda akan dihadapkan pada pilihan untuk nama chanel youtube anda. Anda bisa menamai chanel sesuai email yang anda gunakan sewaktu mendaftar atau menamainya dengan nama lain sesuai kehendak anda. Saya menyarankan, tetapkanlah nama chanel yang menarik dengan maksud mudah diingat. Sampai pada langkah ini anda akan menemukan tampilan seperti berikut, lalu silahkan anda klik tombol "Creat Chanel" yang berada di pojok kanan bawah.

2. Upload Video ke Youtube

   Akun youtube anda telah berhasil dibuat, dengan demikian sekarang anda dapat memulai aktifitas baru anda sebagai youtuber pemula. Sesuai tujuan awal, disini kita akan memonitasi akun tersebut menjadi mesin pencetak uang. Oleh karena itu anda diharuskan mengunduh video original ke chanel pribadi anda. Kenapa harus original? hal tersebut kita lakukan sebagai upaya menghindari pelanggaran hak cipta orang lain. 

   Anda tidak perlu menganggap peraturan diatas sebagai masalah sebab justru disinilah kreativitas anda di uji. Ada banyak cara untuk menghindari pelanggaran hak cipta seperti membuat video tutorial sendiri, kompilasi singkat komedi dan lain-lain. Segala hal perlu perjuangan, maka dari itu anda perlu mengoleksi banyak video hasil karya dan editan anda kedalam chanel pribadi anda. Semakin rutin dan semakin banyak anda mengupload video, itu artinya semakin besar pula peluang anda mendapatkan penghasilan dari youtube.

3. Meningkatkan Popularitas Chanel Anda

   Rutin mengupload video saja tidak cukup, anda perlu meningkatkan popularitas chanel yang anda kelola. Anda tidak sendiri menjalani bisnis ini, itulah kenapa anda wajib bersaing untuk menarik viewers dan subcriber sebanyak mungkin. Perlu diingat, nilai klik sebuah iklan sangat ditentukan oleh seberapa banyak viewers dan subcriber anda. Jadi, promosikan chanel anda ke banyak orang, entah itu melalui facebook, twitter, instagram, BBM atau apapun itu. 

   Agar peminat chanel tertarget, usahakan konten video anda sesuai niche yang anda minati. Sebagai contoh, apabila anda ingin mengupload video yang berhubungan dengan dunia kesehatan, maka fokuslah dengan konten seputaran kesehatan. Perlu dicatat, youtube niche juga memudahkan anda untuk diterima google adsense nantinya.

4. Mendaftar Google Adsense

   Ada banyak jalan yang bisa anda pilih untuk mendapatkan uang dari youtube. Dari sekian banyak jalan tersebut, kebanyakan youtuber lebih suka bermain dengan program google adsense. Tidak dipungkiri, diterima menjadi bagian dari mitra google adsense adalah sebuah kebanggan karena tidak semua chanel bisa diterima oleh pihak google. Meskipun demikian, tidak sedikit chanel  yang mendapat undangan langsung dari google untuk ikut bergabung bersama mereka.

   Siapa yang mendapatkan undangan tersebut? chanel pemilik banyak viewslah yang bisa mendapatkannya. Tentunya anda tidak perlu menunggu surat dari google karena tanpa surat pun anda tetap berkemungkinan diterima oleh mereka. Apabila anda sudah punya akun google adsense sebelumnya, anda cukup menghubungkan akun youtube dengan akun google adsense anda. Dengan catatan email yang digunakan tetap sama.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Tips Cara Mendapatkan Penghasilan dari Youtube"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)