Berkenalan dengan Macam-Macam Diet


  Macam-macam diet - Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Diet merupakan aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya. Istilah diet adalah kata yang diambil dari bahasa yunani yang berarti cara hidup. Secara umum, masyarakat sering mengartikan diet sebagai suatu upaya dalam menurunkan berat badan. 

    Berdasarkan pembagian jenis makanannya, kita tahu manusia merupakan makhluk omnivora. Fakta tersebut tidak serta merta membuat kita bebas untuk memakan apapun yang kita kehendaki. Tentu ada aturan khusus yang mengatur apa yang kita konsumsi baik itu porsi, pola dan jenis makanan itu sendiri. Salah satu aturan ini bisa kita dapatkan dengan cara diet. Agar proses diet kita berjalan baik kita diharuskan tau apa itu makna diet.

     Sebenarnya diet tidak melulu tentang kiat-kiat menurunkan berat badan. Ada tujuan lain dari diet yang disesuaikan dengan tujuan kita. Nah pada kesempatan ini saya akan merangkum mengenai beberapa pengertian diet sesuai tujuannya, berikut diantaranya.

Macam-Macam Diet Menurut Tujuannya

1. Diet Rendah Lemak

    Diet rendah lemak ini dikhususkan kepada pasien dislipidemia dan orang yang menginginkan berat badan normal. Displidemia merupakan gangguan metabolisme lemak dalam darah yang ditandai dengan peningkatan kadar kolestrol total, kolestrol LDL, kadar trigliserida serta penurunan kadar kolestrol HDL. Tujuan dari diet ini diantaranya adalah:
  • Mencapai berat badan tetap normal.
  • Meningkatkan kadar kolestrol HDL dalam darah.
  • Menurunkan kadar kolestrol total, kolestrol LDL dan trigliserida dalam darah.
2. Diet Tinggi Serat

    Diet ini merupakan modifikasi dari susunan makanan biasa, hanya saja ditambah makanan tersebut ditambah dengan bahan pangan yang banyak mengandung serat. Diet serat direkomendasikan terhadap penderita konstipasi kronis dan penyakit divertikulosis. Lamanya diet tergantung pada perkembangan penyakit si penderitanya. Tujuan diet serat tinggi adalah untuk memberi makanan sesuai kebutuhan gizi yang tinggi serat sehingga dapat merangsang peristatik usus agar terdeteksi berjalan normal.

3. Diet Purin

    Purin adalah protein yang termasuk dalam golongan nukleo protein. Purin tersebut terdapat pada tumbuh secaara normal dan dapat dijumpai pada makanan yang terutama berasal dari tanaman atau hewan. Diet purin ditujukan kepada para penderita penyakit gout/asam urat dan batu ginjal. Tujuan  diet purin adalah sebagai berikut:
  • Menurunkan bobot berat badan.
  • Memperlancar pengeluaran asam urat.
  • Mengurangi pembentukan asam urat dengan mengurangi bahan makanan tinggi purin.
4. Diet Jantung

  Pemberian diet jantung ini tentunya diharuskan bagi penderita penyakit jantung. Diet jantung meiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh tanpa memperberat kerja jantung, dan juga memberikan efek pengangguran berat badan, serta mencegah munculnya resistensi air dan garam yang dapat menimbulkan hipertensi.

5. Diet OCD

   Sebenarnya diet OCD ini baru muncul bersamaan dengan berhasilnya diet yang dilakukan oleh seorang mentalist Deddy Corbuzier. Sesuai namanya OCD memiliki kepanjangan dari Obsessive Corbuzier's Diet. Jika pada umumnya diet memperbolehkan makan pagi namun pada diet OCD anda tidak diperbolehkan sama sekaliuntuk makan pagi. Dan inilah yang membedakan antara diet ini dengan diet-diet yang lain. Tujuan dari diet OCD adalah suatu usaha penurunan berat badan dalam waktu yang bisa dikatakan singkat. Untuk menjalankan diet ini agar berhasil anda harus tahu apa saja tips dan triknya. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter cocok tidaknya diet OCD bagi tubuh anda.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Berkenalan dengan Macam-Macam Diet"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)