Kenali Gejala Mata Minus dan Penyembuhannya

   
   Gejala Mata Minus - Dalam bahasa medis, mata minus lebih dikenal dengan istilah myopia. Seperti yang telah kita ketahui mata minus terjadi karena akibat dari kesalahan bias umum dari bola mata hingga menyebabkan kesulitannya mata untuk fokus pada objek yang agak jauh. Bisa dikatakan bahwa penderita yang mengalami gejala penyakit ini mampu melihat objek dekat akan tetapi tidak mampu melihat objek yang jauh

     Salah satu gangguan mata ini bisa dialami oleh berbagai kalangan tidak terkecuali anak usia dini dan remaja. Sebetulnya, Myopia dikategorikan sebagai gangguan umum dan belum bisa dikatakan sebagai suatu penyakit. Pada mata normal, objek yang kita lihat akan difokuskan ke retina bagian belakang mata, namun pada kasus seperti mata minus titik fokus jatuh abnormal dari posisi retina yang seharusnya. Sebelum anda mengalami gangguan ini, anda harus mengetahui apa saja gejala yang timbul ketika gangguan myopi menyerang. Tidak sulit untuk mengetahui gejalanya karena akan dirasakan langsung oleh indra penglihatan kita.

 Gejala Mata Minus yang Harus Anda Kenali

1. Pusing

   Penderita gangguan mata minus (myopi) akan merasakan rasa pusing yang diakibatkan oleh ketegangan mata meningkat secara berlebihan sehingga menimbulkan  keletihan pada mata. Penyebab pusing atau sakit kepala adalah karena tersumbatnya aliran darah dan otomatis akan menghambat jalannya aliran darah ke kepala.

2. Pandangan Kabur

   Gejala utama ini terjadi ketika seseorang mulai berusaha memandangi objek dengan jarak yang relatif lebih jauh. Untuk menyesuaikan kondisi tersebut biasanya ia akan mengecilkan pandangannya dengan cara menyipitkan kedua kelopak mata hingga objek yang ingin dilihatnya terlihat normal atau jelas.

3. Mendekati Objek

   Agar objek bisa terlihat jelas, penderita akan mendekatkan pandangannya terhadap objek tersebut sampai objek bisa ditangkap dengan sempurna oleh mata. Contohnya seperti ketika penderita membaca buku, menonton dan berbagai aktivitas lainnya.

4. Berkedip dan Mengucek

    Perlakuan yang sering ditunjukkan oleh penderita myopi ketika pandangan objeknya kabur adalah dengan cara mengucek dan mengkedipkan matanya. Tentu hal ini bertujuan untuk menetralkan pandangan supaya objek terlihat lebih jelas. Masih banyak diantara kita yang tidak tahu akan bahaya dari kebiasaan mengucek mata tersebut. Padahal dengan mengucek mata menggunakan tangan akan semakin memperburuk penglihatan atau pandangan. Kebiasaan ini berpotensi terjadinya kerusakan saraf-saraf pada mata.

5.  Pandangan Semakin Buruk Pada Malam Hari

   Semakin buruknya pandangan di malam hari dikenal dengan istilah night myopi, Penderita gangguan tersebut akan kesulitan jika harus melihat objek pada malam hari dan gangguan ini sangat berbahaya bagi seseorang yang akan mengemudikan kendaraanya pada malam hari.

   Apabila anda sudah mengenal apa saja gejala-gejala gangguan mata minus, sekarang mari kita bahas bagaimana cara penyembuhannya?


Inilah 7 Cara Simple Penyembuhan Mata Minus

  1. Apabila anda bekerja dihadapan komputer selama delapan jam sehari usahakanlah meluangkan waktu untuk sekedar mengalihkan pandangan anda. Lakukan kebiasaan tersebut setiap 25 menit disela sela waktu kerja anda. Anda bisa melihat banyak hal agar mata anda fresh kembali yakni dengan cara melihat lingkungan sekitar dari pintu jendela ruang kerja anda.
  2. Hindari pemakian kacamata jika memang tidak terlalu diperlukan seperti waktu luang tanpa kegiatan tetapi dalam catatan anda masih bisa beraktivitas normal tanpa harus menggunakan kacamata.
  3. Latihlah mata anda dengan melihat suatu objek atau benda yang jauh tanpa bantuan kacamata. Tempat yang direkomendasikan untuk melatih mata anda adalah dengan pergi ke suatu tempat luas misalkan bukit, pantai, persawahan dan sebagainya.
  4. Jika saja anda tidak punya waktu untuk melakukan hal diatas anda bisa melatih mata dengan melihat objek-objek bergerak apapun itu. Ikuti setiap gerak benda dari mulai dekat hingga menjauh. Pemandangan semacam ini bisa anda dapatkan di jalan raya.
  5. Tips berikut ini tidak kalah sederhananya dengan tips-tips sebelumnya yakni dengan cara menatap lilin yang sudah anda nyalakan tanpa harus berkedip sampai air mata anda mengalir dengan sendirinya.
  6. Apakah anda memiliki daun sirih didapur anda? jika punya ambilkan dua lembar daun tersebut lalu bersihkan hingga bersih dan tempelkan daun sirihnya di kedua kelopak mata anda. Lakukan kebiasaan ini secara rutin sebelum anda tidur.
  7. Biasakan mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A seperti contohnya: wortel, brokoli, blueberry, sayur bayam dan lain-lain.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.