Sayangi Lambung dan Ususmu dengan Cara Berikut

   
 
    Cara Menjaga Kesehatan Lambung - Ventrikulus atau yang lebih dikenal dengan sebutan lambung merupakan salah satu organ dari sistem pencernaan manusia. Lambung ini terletak dibagian atas perut menghadap diafragma. Secara anatomi lambung berada di antara kerongkongan dan duodenum. Normalnya, lambung memiliki volume 50 mL ketika masih kosong. Setelah terisi lambung akan mengembang untuk menampung sekitar 1 liter makanan dan batas maksimumnya dapat menahan makanan sebanyak 4 liter.

    Setelah kita mengenal lambung sekarang kita beralih ke usus besar dan usus halus. Usus besar (kolon) memiliki panjang kurang lebih 1 meter yang terdiri atas acendens, transversum, descendens. Sedangkan usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya ditaksir mencapai 6-8 meter dengan lebar 25 mm. Pada usus halus terdapat banyak lipatan yang dikenal dengan vili. Vili ini berguna untuk memperluas permukaan usus yang dipengaruhi terhadap proses penyerapan makanan.

  Pada dasarnya usus dan lambung memiliki fungsi yang hampir sama yakni berfungsi untuk mencerna sekaligus menyerap sari makanan yang kita makan. Sisa pengolahan dari sisa sari makan akan dibuang melalui anus dalam bentuk feses.

    Apabila terjadi gangguan diantara salah satu organ ini tentu akan menimbulkan masalah yang serius bagi sistem pencernaan kita. Itulah kenapa kita harus menjaganya dari segala macam gangguan supaya kedua organ ini bisa menjalani fungsinya sebagaimana mestinya. Silahkan simak beberapa ulasan dibawah ini mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan usus dan lambung.

Cara Menjaga Kesehatan Usus dan Lambung

1. Makan Teratur.

    Karena usus dan lambung berhubungan langsung dengan makanan tentunya hal ini sangat berkaitan dengan pola makan yang teratur. Pola makan yang sembarangan seperti makan tidak tepat waktu tentu akan membuat asupan makanan dalam tubuh pun berkurang. Yang terjadi adalah timbulnya asam lambung yang akan melukai lambung kita. Inilah salah satu penyebab terjadinya penyakit maag akut. Sebelum anda divonis terkena maag kronis sebaiknya anda rubah pola makan anda menjadi lebih teratur.

2. Konsumsi Makanan Berserat.

    Ada banyak produk makanan yang mengandung tinggi serat. Konsumsilah makanan seperti itu setiap harinya karena akan sangat membantu tubuh dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan organ lambung dan usus. Kelancaran pengeluaran sisa pencernaan dalam bentuk feses oleh usus akan terbantu dengan makanan berserat tinggi. Disamping itu, mengkonsumsi makanan berserat secara rutin berguna terhadap pencegahan dari penyakit wasir, tukak lambuing, sembelit, kanker usus dan lain-lain. Akan lebih baik jika anda mendapatkan makanan berserat tersebut dari makanan berbahan alami. Serat akan sulit anda temui didalam makanan cepat saji, jadi hindari makanan tersebut karena sangat minim manfaat kecuali untuk mengenyangkan.

3. Durasi Mengunyah.

    Kesehatan lambung dan usus dipengaruhi juga bagaimana adab kita megunyah makanan. Makanan dengan tekstur yang terlalu padat otomatis menimbulkan gesekan yang berlebih pada dinding kedua organ tersebut sehingga dapat menyebabkan bagian dinding lambung terluka. Itulah kenapa para tenaga ahli kesehatan sangat menganjurkan kita agar mengunyah makanan dalam durasi yang lebih lama. Hal ini diperlukan juga sebagai upaya mencegah peningkatan asam lambung karena makanan yang dikunyah lebih lama dapat dinetralkan oleh air liur kita.

4. Mencukupi Cairan dalam Tubuh.

    Kita tahu air bersifat sebagai pelarut didalam tubuh, untuk itu cairan memiliki kemampuan dalam melarutkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh sepeti vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya agar nanti bisa diserap oleh tinja. Proses penyerapan tinja yang baik dapat mengatasi gangguan sembelit. Selain itu air juga dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh. Kebutuhan mineral tidak melulu berasal dari air putih, ada yang bilang kita harus minum 2 liter air setiap harinya padahal air dua liter tersebut bisa kita dapatkan dari buah-buahan atau sayur-sayuran.

5. Mengurangi Makanan Manis, Asam, dan Pedas.

    Meningkatnya produksi asam lambung berpengaruh pada apa yang kita konsumsi. Makanan yang memiliki rasa yang kuat sangat tidak dianjurkan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Adapun beberapa jenis makanan tersebut yakni seperti pedas, asam dan terlalu manis, makanan seperti ini dapat membuat empedu bekerja lebih keras. Disamping itu dapat juga memicu pertumbuhan bakteri jahat didalam usus. Kurangilah makanan yang terlalu pedas, asam, dan manis agar kesehatan lambung dan usus anda tetap terjaga.

6. Hindari Stress.

   Beberapa penelitian mengemukakan stess bisa berpengaruh langsung pada kesehatan organ pencernaan khususnya terhadap lambung dan usus. Seseorang yang mengalami stress dapat menimbulkan peradangan pada usus yang pada gilirannya bisa menyebabkan terganggunya fungsi dari saraf parasimpatis. Saraf ini berfungsi unntuk mengontrol gerakan pada usus. Jika kondisi stress dibiarkan, hal ini tentu akan berdampak terhadap berkurangnya aliran darah ke dalam perut dan menurunnya jumlah produksi enzim pencernaan. Anda bisa menghindari berbagai akibat dari stress, anda harus menghindar terlebih dulu stress itu sendiri.

7. Hindari Konsumsi Kefein, Alkohol, dan Soda.

     Masih banyak yang belum tahu bahwa mengkonsumsi minuman kafein akan menyebabkan bahaya bagi tubuh. Meskipun kebiasaan mengkonsumsi kafein sudah menjadi bagian hidup dari kebanyakan orang, ada baiknya kita sedikit mengurangi minuman yang demikian. Minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan soda dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada organ lambung. Ketiga jenis minuman ini memiliki dampak yang berbeda-beda bagi pencernaan anda. Soda misalnya, bahaya minuman bersoda memicu terjadinya komplikasi berbagai macam penyakit.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.