Waspadai Gejala Penyakit Ginjal Sedini Mungkin!


   Gejala Penyakit Ginjal - Tubuh sehat dan prima merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh siapapun. Akan tetapi, seringkali keinginan tidak sejalan dengan apa yang dilakukan. Pengaruh lingkungan sedikit banyak telah mempengaruhi kita untuk tidak terlalu memperdulikan kesehatan. Entah disadari atau tidak kebiasaan gaya hidup kita yang jauh dari kata sehat telah menutup mata kita akan penyebab yang akan ditimbulkan. Padahal, sekarang ini banyak yang bisa kita jadikan contoh betapa bahayanya jika kita lalai menjaga kesehatan.

    Masalah yang sering kita hadapi adalah kita selalu kalah dengan nafsu kita sendiri. Kita tahu bahwa organ tubuh yang kita miliki bukanlah mesin, tentu ada unsur manusiawi didalamnya. Organ kita berhak mendapat perlakuan khusus dan organ kita berhak untuk beristirahat setelah sepanjang hari melayani nafsu kita.

   Salah satu organ yang layak mendapat perlakuan demikian adalah organ ginjal. Berdasarkan perjalanan penyakitnya, gangguan ginjal dibagi menjadi dua macam yakni diantaranya adalah gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Namun seiring berkembangnya zaman, penyakit ginjal sudah mulai menampakkan "wujudnya" satu per satu. Mari kita lihat apa saja macam-macam penyakit tersebut.
  • Gagal ginjal merupakan penyakit akibat dari rusaknya tubulus didalam organ ginjal karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan atau larutan organik seperti karbontetraklorida, aseton, dan etilen glikol. selain itu penyebab lainnya karena disebabkan oleh sentuhan dari senyawa logam seperti uranium, merkuri dan timah.
  • Batu ginjal merupakan gangguan yang disebabkan oleh adanya penumpukkan atau pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal dan kantung kemih.
  • Diabetes militus terjadi akibat dari kemampuan pankreas yang hanya bisa menghasilkan sedikit insulin atau bahkan tidak sama sekali.
  • Glomerulonephiritis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh menurun atau hilangnya sistem imunitas.
  • Radang ginjal atau nefritis terjadi karena adanya kerusakan pada nefron yang disebabkan oleh infeksi bakteri.
  • Hematuria adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya sel darah merah di dalam urine. Penyebabnya adalah karena adanya peradangan pada organ urinaria atau iritasi akibat dari gesekan batu ginjal.
  • Albuminuria merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada alat filtrasi.
  • Nefritis glomerulus disebabkan karena terjadinya peradangan pada membran filtrasi glomerulus yang diakibatkan oleh reaksi alergi terhadap racun.
  • Sistisis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan zat kimia sehingga menyebabkan peradangan pada kantung kemih.
  • Pielonefritis adalah radang di seluruh bagian ginjal, penyabab penyakit ini adalah melebarnya kerusakan karena infeksi bakteri pada pelvis ginjal.
  • Ketosis mulai diketahui ketika ditemukannya senyawa keton didalam darah dan biasanya akan dialami pada orang yang melakukan diet karbohidrat.
  • Diabeter insipidus terjadi dikarenakan berkurangnya hormon antidiuretik dalam tubuh sehingga urine pun dikeluarkan secara berlebih.
  • Anuria merupakan kegagalan ginjal dalam membuang urine yang diakibatkan oleh kurangnya tekanan dalam melakukan filtrasi sehingga plasma darah tidak bisa masuk ke glomerulus.
  • Polistik disebabkan oleh terjadinya kerusakan sistem saluran ginjal yang telah merusak nefron sehingga menimbulkan pembesaran kista di sepanjang saluran ginjal.
   Karena begitu banyaknya penyakit yang mulai eksis menyelubungi ginjal membuat kita harus waspada akan kesehatan ginjal kita. Salah satu upaya untuk mencegah dari deretan penyakit diatas kita harus tahu terlebih dahulu apa saja gejala umum jika gangguan mulai menyerang ginjal kita. Tidaklah mudah bagi kita orang awam untuk mengenali gejala penyakit ginjal. Gejala yang disinyalkan ginjal kepada kita seringkali menyerupai gejala pada penyakit umum lainnya. Untuk itu selain beberapa gejala dibawah ini anda tetap harus menyertakan diagnosa dokter didalamnya.

Macam-macam Gejala Umum Penyakit Ginjal

1. Air Kemih Sedikit

   Tidak bermaksud menakut-nakuti anda, berhati-hatilah jika anda mengalami gejala yang satu ini. Gejala air kemih sedikit menjadi salah satu diagnosa penguat bagi kebanyakan dokter. Jika anda menganggap hal ini merupakan sesuatu yang wajar cobalah lihat kembali air urine anda dan apabila anda mendapati air urine anda gelap dan keruh atau bahkan diikuti warna merah seperti darah maka saya sangat menyarankan anda untuk memeriksakan kesehatan ginjal anda pada tenaga medis professional.

2. Sesak Nafas

  Gejala sesak nafas biasanya dikaitkan dengan gangguan pada paru-paru dan jantung namun nyatanya gejala ini juga bisa menjadi indikasi seseorang terkena penyakit ginjal. Kenapa bisa demikian? penjelasannya cukup sederhana. Ketika ginjal kita mulai berhenti berfungsi itu artinya terjadi penumpukan cairan yang berlebih sehingga cairan tersebut bisa menutpi saluran paru-paru. Alasan kedua adalah anda terkena anemia atau kekurangan sel darah merah sebagai pembawa oksigen yang berakibat pada kekurangan oksigen dan mulai kehabisan nafas.

3. Sulit Tidur

   Gejala sulit tidur ini sangat berhubungan dengan poin kedua karena logikanya, seseorang yang ada masalah pada pernafasan tentu akan mengalami kesulitan ketika ingin tidur. Fakta ini dibuktikan terhadap kebanyakan pasien positif gangguan ginjal yang mengaku mengalami sulit tidur.

4. Muncul Kulit Ruam

   Rasa gatal yang berlebih akan menimbulkan masalah seerti kulit ruam. Apa penyebab timbulnya rasa gatal tersebut?. Kita tahu fungsi lain dari ginjal adalah membuang kotoran atau limbah dari aliran darah. Rasa gatal terjadi karena adanya gangguan pada salah satu fungsi ginjal tersebut sehingga mengakibatkan penumpukan kotoran atau limbah di dalam tubuh anda. Biasanya pada beberapa pasien akan menggaruk rasa gatal ini hingga terluka dan berdarah yang diikuti dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

5. Sakit Pinggang

   Pada beberapa penderita gangguan ginjal akan mengalami rasa sakit pada bagian pinggang. Begitu parahnya rasa sakit biasanya penderita akan kesulitan dalam mengatur posisi duduk yang nyaman. Tidak jarang rasa sakit pun mulai turun merambat ke bagian paha. Umumnya, rasa sakit di pinggang ini dirasakan pada mereka yang menderita batu ginjal. Rasa sakit akan semakin kuat apabila batu ginjal tersebut sudah terjebak didalam ureter.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Waspadai Gejala Penyakit Ginjal Sedini Mungkin!"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)