7 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami


   Cara Menghilangkan Ketombe - Ketombe merupakan suatu kondisi akibat dari pengelupasan sel kulit mati secara berlebihan di kulit kepala. Hal ini dikatakan normal apabila pengelupasan tersebut dalam jumlah sedikit. Pemilik nama ilmiah Pityriasis capitis ini merupakan gejala dari seborrhoeic dermatis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Masalah ketombe sangat lazim dialami oleh semua orang tidak terkecuali pria dan wanita. Munculnya ketombe di kepala tentu akan sangat mengganggu kenyamanan. Selain karena rasa gatal yang ditimbulkan, ketombe juga membuat kepercayaan diri kita turun seketika.

    Biasanya bagi  seorang "penderita" ketombe akan sangat berhati-hati dalam memilih pakaiannya dan untuk menutupi kemungkinan ketombe tersebut berguguran, ia lebih memilih menghindar dari pakaian berwarna gelap. Tentu hal ini menimbulkan ketidak nyamanan bagi setiap penderitanya. Untuk itu berdasarkan pengalaman saya sebagai "mantan" penderita ketombe, saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami. Berikut Ulasannya!

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Minyak Zaitun

  Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak zaitun memiliki segudang manfaat khususnya terhadap kesehatan rambut dan kulit kepala. Tidak hanya mampu mengatasi masalah ketombe ternyata minyak ini juga mampu mengatasi kerontokan, kulit kepala kering, jerawat dikulit kepala dan lain-lain. apakah anda ingin membuktikannya sendiri dirumah? jika iya, poleslah minyak zaitun pada kulit kepala anda, lalu bilas dengan air hangat selepas dua jam didiamkan. Lakukan metode ini selama seminggu sekali secara rutin.

2. Lidah Buaya

    Tidak lengkap rasanya jika tidak ikut menyertakan lidah buaya dalam hal kesehatan rambut. Manfaat lidah buaya bagi rambut sudah tidak diragukan lagi terbukti selalu hadirnya tanaman ini di setiap pembahasan kesehatan rambut. Saya kira sangat wajar karena tanaman ini memiliki sifat anti bakteri didalamnya. Disamping itu lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik yang berguna dalam proses pemecahan protein termasuk sel-sel kulit mati pada kulit kepala anda. Atasi ketombe anda dengan cara memijat kulit kepala yang sudah dilumuri dengan gel lidah buaya dan diamkan selama seperempat jam. Jika sudah, bilas rambut anda hingga bersih menggunkan shampo.

3. Jahe

    Apakah anda berfikir jahe hanya sebagai bumbu masakan? tidak, manfaat jahe tidak hanya sampai disitu. Selain bekhasiat terhadap penyembuhan berbagai macam penyakit ternyata jahe juga berkhasiat terhadap kesehatan rambut terlebih lagi dalam hal masalah ketombe. Kandungan minyak yang dimiliki jahe nyatanya bisa mengatasi ketombe secara efektif. Terapkan langkah mudahnya dirumah dengan cara "melumuri" minyak jahe pada kulit kepala secara merata dan biarkan semalaman.

4. Apel

    Jika anda punya apel jangan dulu dimakan karena kita akan memanfaatkan khasiat lain pada apel. Apel mengandung procyanidin B-2, senyawa ini dapat membantu peningkatan pertumbuhan pada rambut. Kita tahu, ketombe akan berakibat serius terhadap kerontokan rambut. Nah, untuk mencegah hal tersebut sebelum terjadi maka kita bisa menggunakan apel sebagai penawarnya. Bagaimana cara pengaplikasiannya, apakah tetap dimakan? tidak, anda cukup mencampurkan air apel dengan air putih masing-masing 2 sendok makan. Selanjutnya oleskan menyeluruh ke kulit kepala anda lalu bilas apabila sudah didiamkan selama 15 menit.

5. Daun Pandan

   Anda tidak perlu takut dengan penggunaan daun pandan pada kulit kepala anda karena meski dikenal sebagai pewarna alami makanan, rambut anda tidak akan berubah menjadi hijau akan tetapi daun pandan justru bisa menghitamkan rambut anda secara alami. Tapi bukan itu tujuan kita, tujuan kita menggunakan daun pandan ini sebagai media penghilang ketombe. Bagaimana cara penggunaannya? giling dua lembar daun pandan hingga benar-benar halus. Apabila dirasa sudah halus langkah selanjutnya adalah siram daun pandan dengan segelas air putih lalu peras larutan daun pandan ini. Air hasil perasan tersebut bisa anda gunakan pada kulit kepala anda. Tunggu selama 15 menit lebih dulu sebelum dibilas bersih menggunakan shampo. Pemakaian secara rutin akan membuat kulit kepala anda senantiasa terjaga kelembabannya.

6. Yoghurt

   Bakteri jahat didalam tubuh merupakan salah satu penyebab yang memicu terjadinya peradangan. Fakta tersebut juga berlaku pada kulit kepala kita. Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah bakteri ini berkembang biak? yakni dengan "melawannya". Kita bisa melawan bakteri jahat pada kulit kepala dengan memanfaatkan kandungan yang dimiliki pada yoghurt sebagai sumber terbaik untuk mendapatkan bakteri baik. Karena kita memiliki tujuan yang berbeda maka pemanfaatannya pun bukan dengan cara dimakan melainkan dengan cara memoleskan yoghurt pada garis-garis kulit kepala jika anda rasa sudah cukup biarkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air bersih.

7. Garam

    Bahan penyedap rasa yang satu ini, tidak hanya berkhasiat untuk memutihkan kulit, garam juga dapat membasmi ketombe membandel. Jangan kira garam hanya bisa muncul pada tips-tips memasak seperti pada umumnya. Karena dalam hal ini, garam berperan untuk mempercepat pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang masih tertinggal dikulit kepala. Hampi serupa dengan cara penggunaan garam pada masakan, kali ini kita akan menaburkan garam pada kulit kepala secara merata dengan sedikit gosokan kecil agar bisa diresap oleh kulit kepala. Sehabis itu, bilas bersih menggunakan shampo.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "7 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Secara Alami"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)