Inilah 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 
 Cara Menghilangkan Jerawat - Acne Vulgaris atau yang lebih dikenal dengan sebutan jerawat merupakan permasalahan umum yang di alami oleh kebanyakan remaja di indonesia. Secara definisi jerawat bisa dikategorikan sebagai suatu penyakit kulit karena jerawat bisa muncul disebabkan oleh adanya masalah pada kelenjar minyak.

    Kenapa di usia remaja jerawat tumbuh begitu membandel? alasannya adalah pada usia pubertas hormon-hormon seksual mulai aktif menstimulasi kelenjar minyak dan hal ini berpengaruh terhadap penebalan kulit di seluruh tubuh. Jika alasannya karena faktor usia, lalu kenapa remaja yang lain tidak ikut mengalami masalah jerawat pada wajahnya? perlu diketahui, selain karena faktro usia, jerawat juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan, faktor makanan, faktor cuaca, dan menstruasi. Jadi jangan heran kalau anda banyak melihat remaja lain tidak ikut terkena jerawat.

    Sebenarnya jerawat merupakan sesuatu yang sangat wajar terjadi pada usia remaja. Jerawat baru akan hilang total dari wajah anda setelah usia anda menginjak di atas 30 tahun. Kita setuju dengan adanya jerawat pada wajah tentu akan mempengaruhi penampilan kita. Timbulnya jerawat seolah-olah menjadi topeng yang menutupi kecantikan dan ketampanan wajah kita yang sebenarnya. Hal ini terbukti dengan begitu kesulitannya kita mencari pasangan. Karena terlampau frustasi terhadap masalah yang kita alami tersebut, kita sering menghalalkan segala macam cara agar topeng pada wajah kita ini bisa dilepaskan dengan cepat dan instan. Padahal sesuatu yang instan tidak selalu baik bagi kesehatan kita khususnya kesehatan wajah. Jangan terlalu gampang menjatuhkan pilihan karena jika kita salah memilih dampaknya akan sangat fatal.

     Penggunaan obat-obatan berbahan kimia sering menjadi salah satu jalan alternatif kebanyakan remaja. Kita tahu, setiap obat-obatan memiliki efek sampingnya sendiri-sendiri terlebih lagi jika bahan obat tersebut dibuat dengan bahan kimia tentu akan sangat berbahaya. Kulit setiap manusia memiliki tingkat sensitivitasnya masing-masing. Anda jangan terlalu cepat mengambil keputusan ketika anda melihat teman anda berhasil melalui penggunaan obat tersebut karena anda tidak bisa menjamin apakah obat ini cocok bagi kulit anda.

    Tidak sedikit yang mengaku bahwa obat-obatan yang mereka gunakan bisa menghilangkan jerawat secara cepat namun tidak sedikit pula yang mengaku bahwa mereka telah berketergantungan terhadap obat-obatan tersebut. Untuk itu pemilihan metode yang tepat sangat penting, salah satu metode yang bisa anda terapkan dirumah adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami didapur anda. Selain bebas efek samping penggunaan bahan alami juga bebas dari ketergantungan. Maka tidak ada salahnya kan kita mencoba metode ini.


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Es Batu
   
   Bahan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Jika biasanya kita memanfaatkan es batu sebagai campuran juice dan teh kali ini cobalah suatu hal yang baru dari manfaat lain es batu yakni dengan menggunakan es batu sebagai penghilang jerawat kita. Rasa dingin pada es batu ternyata bisa menenangkan kulit disekitar jerawat serta mampu mengurangi kandungan minyak didalamnya. Caranya cukup mudah, sekarang silahkan anda beranjak ke dapur anda untuk mengambil es batu tersebut dan selanjutnya pijat wajah anda secara perlahan selama 10 s/d 15 menit.

2. Lemon
   
   Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai penghilang jerawat anda. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah lemon dapat membantu mengeringkan jerawat pada wajah anda. Tidak hanya mengandung vitamin C ternyata perasan air buah lemon juga mengandung antibacterial yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak sulit untuk cara penggunaannya, anda hanya perlu mengoleskan sari lemon dengan bantuan kain lembut dan bersih diseluruh bagian wajah sesaat sebelum anda tidur Anda bisa mengkombinasikan sari lemon ini dengan tambahan campuran kayu manis atau madu.


3. Tomat
   
   Selain sebagai bahan untuk masakan, tomat juga bisa menjadi pengganti obat-obat yang sebelumnya anda gunakan. Pemilik nama latin solanum lycopersicum ini kaya akan kandungan vitamin C dan E serta memiliki kandungan anti bacterial seperti halnya lemon. Kandungan vitamin didalamnya mampu mencerahkan sekaligus melembabkan kulit. Kulit yang lembab tentu akan membuat kuman sulit untuk beregenrasi. Untuk hasil optimal, gunakan tomat dengan cara dibuat masker terlebih dahulu agar seluruh kulit wajah bersih merata. Caranya adalah cuci terlebih dahulu buah tomat hingga bersih. Setelah dirasa bersih, haluskan satu buah tomat lalu poleskan ke seluruh permukaan wajah anda secara merata dan diamkan kurang lebih sekitar 15 menit. Jika mau anda dapat menambahkkan tomat tersebut dengan sedikit campuran yoghurt .


4. Madu
     
   Sejak jaman dulu madu dipercaya memiliki khasiat yang dahsyat. Tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, madu juga dipercaya mampu mempercantik kulit. Di dalam satu tetes madu mengandung DNA, RNA, antibiotic, dan asam nukleat yang berkhasiat terhadap vitalitas kulit tetap terjaga. Minum madu secara rutin dapat meningkatkan kondisi kulit terutama wajah lebih kencang, halus dan kenyal. Bukan sebuah rahasia lagi jika madu menjadi salah satu faktor rahasia awet muda seseorang. Pengaplikasian madu ke wajah  cukup simple yakni dengan bersihkan wajah menggunakan air hangat, keringkan dengan handuk bersih lalu oleskan madu pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat dan diamkan tidak lebih dari 15 menit.


5. Pepaya

    Buah ini sangat familiar di kehidupan sehari-hari bahkan anda sering menjumpai buah ini langsung di halaman belakang rumah anda. Jika sudah masak anda bisa memanfaatkannya sebagai solusi menghilangkan jerawat pada wajah anda. Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang tebukti dapat menghilangkan bakteri jahat pada kulit anda. Di samping itu buah ini juga punya kemampuan mengelupas sekaligus mengangkat sel kulit mati. Kandungan enzim didalamnya juga nyatanya ampuh mengurangi peradangan pada jerawat. Gunakanlah buah pepaya dalam bentuk masker yang sudah dihaluskan lalu diamkan selama seperempat jam.

6. Air Beras

    Siapa bilang air bekas cucian beras tidak punya manfaat lain kecuali untuk dibuang? buktinya air beras ternyata mampu menghilangkan flek-flek hitam bekas jerawat karena didalamnya diketahui kaya akan vitamin, mineral dan asam amino yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Sebelum anda memilih air beras untuk menghilangkan jerawat anda pastikan beras yang anda gunkan adalah beras berbahan organik dalam artian tanpa bahan-bahan kimia. Apbaila anda sudah bisa memastikan asal usul beras tersebut maka langkah selanjutnya adalah oleskan air beras pada wajah lalu diikuti dengan penutup kain tipis diatasnya. Biarkan polesan tersebut selama 15 menit setelah itu bilas menggunakan bersih. 


7. Air Hangat

   Bahan yang paling simple diantara bahan yang lain jika anda tidak punya waktu untuk menggunakan bahan-bahan diatas adalah air hangat. Secara logika air hangat dapat membunuh kuman-kuman dan manfaat inilah yang coba kita terapkan pada wajah kita. Selain membunuh kuman air hangat juga bermanfaat untuk mengangkat kotoran membandel yang menutupi pori-pori wajah. Kombinasikan penggunaan air hangat dengan penggunaan bahan yang lain seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Penggunaan air hangat terlalu sering juga tidak baik karena akan membuat pori-pori melebar. Untuk itu lakukanlah kebiasaan ini seperlunya.


Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)