Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami


   Cara Menghilangkan Bekas Luka - Memiliki bekas luka pada bagian tubuh memang sangat menganggu terutama bagi kebanyakan wanita. Terlebih lagi bekas luka tersebut eksis di bagian tubuh yang mudah terlihat seperti lengan, paha, betis bahkan wajah sekalipun. Untuk menyembunyikan eksistensi bekas luka ini sebagian orang lebih memilih menutupnya dengan cara menyesuaikan busana yang ia kenakan. Meski demikian tidak jarang yang memilih untuk bebas dari bayang-bayang bekas luka dan berniat untuk mengobatinya.

    Upaya pengobatannya pun beragam sesuai individu pemilik bekas luka itu sendiri. Ada yang  hanya menggunakan salep dan bahkan ada yang rela menggelontorkan biaya lebih. Tidak dipungkiri pengobatan dengan cara instans seperti laser maupun operasi plastik memang bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat tapi apabila ada cara yang lebih murah dan bersahabat kenapa tidak?.

   Bekas luka yang disebabkan oleh luka bakar tidak bisa dijamin untuk disembuhkan dengan cepat oleh bahan alami. Namun jika bekas luka tergolong ringan seperti misalnya bekas goresan, bekas irisan, bekas knalpot, bekas sengatan rokok dan bekas jerawat maka pengobatan dengan bahan alami adalah jawabannya. Maka dari itu metode pengobatan yang anda pilih hendaknya disesuaikan dengan seberapa parah bekas luka. Apabila bekas luka anda sesuai dengan kriteria jenis luka yang sudah disebutkan sebelumnya, anda bisa menerapkan beberapa bahan alami dibawah ini dirumah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

1. Teh Hijau

   Kandungan antioksidan epigallocatechin gallate pada selembar daun teh hijau dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah yang timbul dikulit terutama bekas luka. Antioksidan tersebut dipastikan memiliki kekuatan 200 kali lebih unggul dibandingkan vitamin E. Pemanfaatan daun teh untuk pengobatan menghilangkan luka bisa dilakukan melalui dua cara yakni di minum dan di oles. Mari kita fokuskan pada cara yang kedua. Caranya cukup mudah yakni dengan cara menyeduh daun teh hijau, lalu oles bagian bekas luka dengan kapas atau handuk bersih yang sudah dicelupkan kedalam seduhan daun teh tersebut. Lakukan aktivitas ini rutin setiap hari.

2.  Bawang Putih

   Seakan tidak pernah kehabisan alternatif, bahan alami selalu menunjukkan ekisisteninya dalam hal memberikan manfaat bagi kesehatan. Seperti bawang putih ini misalnya, diketahui bawang putih memiliki efek anti profilerasi yang berkhasiat menghambat pemekaran jaringan. Khasiat tersebut tentu bisa kita jadikan sebagai bahan alami menghilangkan bekas luka pada tubuh. Penerapannya cukup simple yakni cukup dengan mengoleskan irisan bawang tersebut ke daerah bekas luka yang ingin dihilangkan.

3. Lidah Buaya

   Mungkin kita memikirkan hal yang sama, kenapa selalu ada lidah buaya disetiap metode kesehatan. Kekayaan lidah buaya tentu tidak mentok hanya pada perawatan rambut saja namun juga sangat ampuh menghilangkan bekas luka.  Berbekal kandungan vitamin C, B1, B6, aloesin, mineral dan antioksidan lidah buaya terbukti mujarab menghialngkan bekas luka baik yang masih baru maupun yang sudah lama. Cara penerapannya sama persis dengan bawang putih yaitu anda hanya perlu mengoleskan daging lidah buaya pada bagian bekas luka anda. Untuk melihat perbedaannya anda harus melakukan perawatan ini dalam jangka waktu 28 hari.

4. Kunyit

   Beralih ke bahan dapur lainnya, sekarang kita bisa mencoba khasiat kunyit diluar pemanfaatannya sebagai penyedap memasakan. Selain bisa merubah warna pada masakan ternyata kunyit juga bisa merubah warna kulit bekas luka. Bedanya, warna kulit anda tidak akan berubah menjadi warna kuning permanen sebagaimana masakan akan tetapi kunyit mampu menyamarkan warna bekas luka mengikuti warna kulit kita. Kandungan kurkumin dan minyak asitri didalam kunyit terbukti mampu menyamarkan bekas luka bahkan luka jahitan caesar sekalipun. Jika anda ingin membuktikan khasiat kunyit tersebut, silahkan sediakan kunyit secukupnya lalu gosokkan perlahan pada bekas luka anda. Lakukan kebiasaan ini rutin setiap hari sampai anda merasakan perbedaannya sendiri.

5. Daun Mint

   Sebagai perwakilan dedaunan setelah daun teh, sekarang kita akan menggunakan jasa daun mint sebagai bahan selanjutnya. Kandungan yang dimiliki daun mint di nilai mampu meregenerasi jaringan kulit bekas luka. Hampir serupa penerapannya dengan daun teh hijau sebelumnya, daun mint pun akan kita tumbuk sebelum kita oles pada bagian bekas luka. Agar hasilnya optimal, kita bisa mencampur hasil tumbukan daun mint dengan sedikit madu. Berikan kulit anda perawatan yang intensif dengan mengoleskan ramuan ini 2 hingga 3 kali sehari.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.