Inilah Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Cepat dan Alami

   
   Cara Menghilangkan Bau Badan - Setelah cuti update artikel selama beberapa hari dikarenakan kesibukan sebagai seorang mahasiswa, akhirnya coas diary kembali untuk memanjakan anda yang haus akan tips kesehatan. Tepat di awal bulan april ini saya ingin mengawalinya dengan membuatkan artikel tentang bagaimana cara menghilangkan bau badan. Iya, ide artikel ini saya pilih berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri sebagai anak kost. Mungkin anda tidak akan marah jika saya bilang bahwa bau badan merupakan masalah umum bagi kebanyakan anak kost.

   Ada banyak hal yang melatar belakangi kenapa hal ini bisa terjadi oleh "mayoritas" kami sebagai anak perantauan. Kalau boleh jujur, bagi saya pribadi, bau badan disebabkan oleh masalah klasik yakni kekurangan air. Maklum, kapasitas penduduk di kost-an yang saya tempati tidak diimbangi dengan kapasitas air yang memadai. Jadi, wajarlah kalau bau ketek begitu melekat pada tubuh kami (jujur itu baik).

  Selain kekurangan air, alasan bau badan juga tak lepas dari tugas kuliah yang semakin menumpuk. Saya kira, alasan tersebut cukup masuk akal untuk mewakili jawaban para mahasiswa ketika ditanya kenapa kebanyakan mahasiswa sering mengalami problem bau badan. Meski tidak semua, bau badan seakan sudah menjadi identitas bagi seseorang pelajar. Bangga jadi pelajar bau! hehe.

   Jika di pikir-pikir, bau badan sama halnya dengan bau mulut. Kenapa? karena aroma yang ditimbulkan tidak kita nikmati sendiri melainkan dapat di nikmati oleh orang banyak. Bahkan, segelintir orang tidak begitu peka dengan masalah yang sedang dialami. Tidak sedikit orang yang merasa pede dengan bau badannya padahal orang disekitar sudah muak dengan aroma tersebut. Mohon jangan anggap kalimat tersebut sebagai sindiran karena seperti yang sudah saya bilang pada awal postingan ini bahwa semua uraian diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri oke ;), lanjut!.

   Pernahkah merasa sempat bingung dengan kondisi dimana anda terlalu sering dijauhi oleh teman, gebetan, hingga pacar anda sekalipun?. Eitss, jangan terburu-buru menarik kesimpulan yang aneh-aneh. Mereka menjauh bukan karena anda kurang tampan atau kurang cantik, bisa jadi hal itu ada kaitannya dengan tema pembahasan kita kali ini. Permasalahannya bukan karena kurang cakep cuman karena kurang wangi aja, udah itu doank!. Sebenarnya, apa sih faktor penyebab bau badan menurut ranah medis? mari kita lihat penjelasannya.

   Notabene, bau badan merupakan bau tak sedap yang bersumber dari lepitan ketiak. Penyebabnya tidak lain disebabkan oleh adanya kuman atau bakteri pada bagian tersebut. Berapapun persentase kuman, hama ini dapat memecahkan protein menjadi asam sehingga memicu bau tak sedap pada tubuh kita. Bukan hanya itu, kemunculan bau badan bisa juga disebabkan oleh keberadaan kelenjar keringat di hampir seluruh bagian tubuh. Kelenjar keringat tersebut akan melepaskan cairan keringat melewati pori-pori dari bawah kulit.

   Setidaknya ada dua jenis kelenjar keringat yang bisa kita kenali yakni acrine dan apocrine. Acrine adalah kelenjar keringat bagian luar yang memproduksi keringat bening. Keringat ini tidaklah berbau dan asin, jadi acrine bukan tersangka utama pada kasus bau badan. Sedangkan Apocrine merupakan kelenjar keringat bagian dalam yang akan mulai diproduksi ketika seseorang sudah masuk ke usia pubertas. Umumnya, keringat apocrine dapat dengan mudah dijumpai pada bagian ketiak. Jika tidak ingin mengundang kehadiran bakteri dikulit anda, alangkah baiknya untuk tidak membiarkan keringat ini tinggal terlalu lama di kulit.

    Pada dasarnya, keringat merupakan kejadian yang wajar dan normal terjadi pada manusia. Anda tahu kenapa? karena proses tersebut sangat penting sebagai mekanisme alamiah dalam pengaturan suhu tubuh. Khusus untuk anda yang anti keringat, mungkin anda akan berpikir ulang dengan sikap anda. Keringat bisa dipicu oleh beberapa aktivitas dan kondisi seperti olahraga, udara panas, perubahan hormon, rasa sakit dan stress. 

   Tahukah anda? meskipun dikehidupan sehari-hari bau badan jarang kita temui pada kaum hawa, perlu kita ketahui bahwa kelenjar keringat pada wanita dipastikan lebih banyak ketimbang dengan kaum pria. Lewat fakta ini seakan menjawab keheranan saya selama ini mengenai misteri dibalik lamanya ketika wanita mandi. Daripada semakin banyak korban bau badan berjatuhan, sebaiknya langsung saja kita atasi masalah klasik merakyat ini dengan beberapa upaya berikut.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Cepat dan Alami

1. Jeruk Nipis

   Menghilangkan bau badan tidak selalu harus bergantung pada pemakaian deodorant, buktinya anda bisa memanfaatkan sisi lain dari jeruk nipis berikut ini. Kandungan yang terdapat didalam jeruk nipis nyatanya dapat membunuh bakteri penyebab bau badan secara cepat. Ketika jeruk nipis di terapkan pada sumber bau maka seketika kadar PH pada kulit bisa ditingkatkan. PH tersebut diperlukan untuk sedikit menurunkan kadar basa sebagai penyebab kemunculan bau. Caranya tidaklah sulit, siapkan satu buah jeruk nipis untuk kemudian dipotong menjadi dua bagian, lalu gosok bagian dalam jeruk nipis tersebut langsung ke permukaan ketiak anda. Jangan dulu dibilas sebelum jeruk nipis mengering dengan sendirinya.

2. Manfaatkan Cuka

   Apabila jeruk nipis terlalu sulit anda temukan di dapur anda, mungkin tidak untuk bahan dapur yang satu ini. Kita tahu, cuka memiliki sifat anti bakteri yang bisa diandalkan untuk menekan pertumbuhan bakteri dikulit khususnya ketiak. Baiklah, segera ambil cuka dan air atas izin ibu atau istri anda sekarang. Sudah? campurkan sedikit kedua bahan dasar ini kedalam wadah, lalu oleskan campuran tersebut tepat di sumber bau terutama ketiak. Tunggu hingga beberapa waktu dan bilaslah dengan air mengalir hingga bersih.

3. Menggunakan Lobak

   Anda berniat menghilangkan bau badan? saya kira tidak ada salahnya jika anda mau pergi ke pasar mencari lobak. Dalam hal ini, lobak akan kita terapkan layaknya parfum. Berbeda dengan bahan alami sebelumnya, di sini lobak lebih dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi jus. Tidak, jangan minum jus lobak tersebut karena kita akan menaruhnya ke dalam botol bekas parfum anda. Bawalah produk parfum pertama anda ini kemanapun anda pergi. Segera semprot ketiak anda ketika ketiak mulai mengeluarkan bau tak sedap.

4. Bubur Tomat

   Saya tidak suka jika harus memakan buah tomat, mungkin begitu pula dengan anda. Dari pada membiarkan tomat membusuk dan berkahir ditempat pembuangan, mari saya ajak anda untuk memanfaatkan tomat untuk mengatasi bau badan anda. Langsung saja kita buat bubur tomat sekarang!. Siapkan tomat dua buah, lalu olah tomat tersebut menjadi bubur. Berhubung kita sama-sama tidak suka mengkonsumsi buah tomat, untuk itu kita akan menerapkan bubur tomat langsung ke ketiak. Setelah dibiarkan selama kurang lebih 15 menit, bilas bubur tomat dengan bersih menggunkan air mengalir.

5. Mandi dan Jaga Kebersihan



   Iya dua poin ini adalah penentu keberhasilan tips-tips yang anda baca diatas. Parfum mahal pun pada akhirnya akan kalah dengan bau badan ketika anda tidak mandi. Hendaknya, mandilah dua kali sehari setiap hari. Jangan pernah absen dengan kebiasaan ini agar badan anda jauh dari bau-bau tak sedap. Selain mandi, kebersihan lain yang tak kalah penting diterapkan adalah mengganti pakaian sebelum kotor. Jangan tunggu bakteri dan sel mati menempel dikulit anda terlalu lama jika tidak ingin badan anda ditempeli bau yang bagitu melekat.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Inilah Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Cepat dan Alami"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)