Berikut Cara Mengatasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi



   Cara Mengatasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi - Baiklah kali ini kita akan sedikit lebih santai dari sebelumnya. Sebagai seorang pria yang tergolong masih lugu, seringkali saya di bingungkan dengan sikap wanita yang begitu sensitif ketika menstruasi. Sewaktu menstruasi datang menghampiri mereka maka itu merupakan suatu pertanda buruk bagi saya. Entah apa alasannya, mentruasi seakan menghipontis para wanita untuk merubah sikapnya menjadi lebih pemarah, cemburu, baperan dan lain-lain. Kebingungan saya semakin menjadi-jadi hingga sampai suatu saat rasa penasaran itu pun muncul.

   Berbekal rasa penasaran tersebut, saya memutuskan menemukan alasannya kenapa hal ini terjadi pada kebanyakan wanita. Dimana ada usaha disitu ada jalan, benar saja tidak perlu berlama-lama, saya telah menemukan jawabannya. Pada saat menstruasi, hormon progesteron dan esterogen mulai mempengaruhi suasana hati. Pengaruh tersebut semakin kuat ditambah dengan rasa nyeri yang wanita rasakan. Jadi secara garis besar, kesimpulannya adalah sensitifitas wanita ketika menstruasi dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor hormonal dan faktor rasa nyeri.

   Setelah mengetahui penyebabnya, saya berinisiatif untuk membuatkan artikel ini agar kami sebagai kaum Adam sedikit terselamatkan dari keganasan kalian para kaum Hawa. Mungkin saya tidak akan menjelaskan mengenai deskripsi rasa sakit mengingat anda sudah tahu bagaimana rasanya. Sesuai misi utama saya, disini saya hanya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi.

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Nyeri Ketika Menstruasi

A. Metode Kompres

  Cara mengatasi rasa nyeri ketika menstruasi bisa dilakukan dengan melalui metode kompres. Terdapat dua cara yang bisa anda pilih untuk mengatasi rasa nyeri anda yakni kompres dingin dan kompres hangat, bagaimana cara penerapannya? berikut untuk anda.

1. Kompres Dingin
  • Sediakan kantong karet.
  • Masukkan kantong tersebut dengan air beserta es batu.
  • Tempelkan kantong karet langsung ke bagian rasa nyeri.
  • Kalaupun beberapa bahan diatas tidak ada, anda bisa membeli cold pack di apotik.
Manfaat : Mengontrol perdarahan, mengurangi pembengkakan trauma, vasokonstriksi, penurunan metabolik, mengurangi nyeri serta menurunkan aktivtas ujung saraf otot.

2. kompres Hangat
  • Sediakan kantong karet.
  • Isi air hangat kedalam kantong karet.
  • Tempelkan kantong tersebut pada bagian nyeri dengan disertai pijatan.
Manfaat : Dapat merileksasikan otot tubuh karena adanya peningkatan suhu di area tertentu. Rileksasi otot juga akan melebarkan diameter pembuluh darah sehingga bisa dipastikan peradarah darah akan lancar dan dengan begitu, rasa nyeri bisa diatasi.

B. Mandi Air Hangat

   Jika kompres dengan air hangat diatas kurang greget maka cobalah mandi menggunakan air hangat. Ketahuilah bahwa mandi menggunakan air hangat merupakan salah satu bagian dari upaya relaksasi tubuh khususnya peredaran darah. Meski demikian, mandilah dengan waktu yang secukupnya karena mandi terlalu lama dengan air hagat bisa menyebabkan kulit anda kering.

C. Minum Jamu

   Jauh sebelum anda mulai mengalami haid, wanita terdahulu sangat mengandalkan khasiat racikan jamu. Mereka percaya bahwa dengan bahan alami dan obat tradisional akan memberikan manfaat tanpa efek samping. Hal tersebut terbukti dengan rendahnya angka kasus menopause diusia muda ketika itu. Racik ramuan jamu anda sendiri dengan cara berikut:
  • Siapkan 15-30 gram daun dewa dan 20 gram kunyit.
  • Rebus kedua bahan tersebut diatas air mendidih sebanyak 600 cc.
  • Saring air rebusan hingga 300 cc dan simpan sisaanya.
  • Minum racikan anda dan rasakan khasiatnya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Berikut Cara Mengatasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)