Inilah 15 Fakta Unik Menangis yang Perlu Anda Ketahui

   
   Fakta Unik Menangis - Bagaimana pun kerasnya seseorang, setiap manusia tentu saja pasti pernah menangis. Iya, karena menangis merupakan reaksi alami dari sebuah sistem didalam tubuh kita. Kejadian alami seperti ini adalah bentuk suatu respon emosi yang sangat lumrah dan wajar terjadi terhadap kita sebagai manusia. Seperti halnya tertawa, menangis juga bisa terjadi karena suatu alasan yang melatar belakanginya. Umumnya, kita akan menangis ketika kita merasakan sedih dan terlalu gembira. Tidak hanya itu, menangis juga bisa disematkan ketika mata kita merespon terhadap sebuah zat atau benda yang masuk kedalamnya.

   Mengingat saya adalah seorang lelaki sejati, saya sering bingung melihat wanita yang terlalu hobi menangis. Kini, menangis seakan menjadi sebuah kebiasaan musiman pada sebagian besar wanita. Kenapa? karena ketika musim hujan tiba, air mata mereka tidak mau kalah derasnya dengan hujan. Bukan hanya itu, sekarang ini seseorang terutama wanita sangat rentan menangis dengan alasan galau. Begitu trendnya menangis di zaman sekarang membuat saya penasaran untuk mencobanya, akhirnya saya memutuskan untuk menunggu hujan supaya momentnya pas dan tepat. Hingga akhirnya tiba saatnya, saya menangis dan ternyata enak juga.

   Kejadian diatas membuat pola pikir saya berbalik 180 derajat. Sekarang saya menjadi bingung kepada kaum saya sendiri, kenapa menangis sering dianggap sebagai suatu hal yang tabuh. Banyak yang berasumsi bahwa ketika seorang lelaki kepergok menangis maka kualitas dan kuantitas kejantanannya akan dipertanyakan. Untuk menghindari asumsi seperti ini, untungnya sewaktu saya menangis tidak ada yang tahu akan hal tersebut. Sehubungan dengan asumsi yang berkembang, mindset seperti ini harus segara di hentikan. Perlu diketahui menangis bukanlah fenomena yang memalukan melainkan menangis dapat menunjukkan kadar kesehatan yang kita miliki.

   Tidak berniat membenarkan mengenai tangisan saya sewaktu hujan tadi, menangis dapat membuat perasaan seseorang lebih lega. Pernyataan ini dibuktikan secara ilmiah, penelitian menunjukan bahwa bersamaan dengan keluarnya air mata terdapat berbagai jenis zat dan hormon yang ikut keluar. Salah satu hormon tersebut adalah prolaktin. Sekedar informasi, hormon jenis ini merupakan hormon yang berguna untuk melawaan rasa resah dan stress yang dialami oleh seseorang. Jadi selain tertawa, menangis pun nyatanya ampuh mengusir stress.

Baca Juga : 15 Fakta Unik Tertawa yang Wajib Anda Ketahui


   Mulai sekarang, jangan pernah ragu untuk meluapkan perasaan anda lewat tangisan. Kalaupun anda malu, larilah ke belakang dan menangislah sekencang mungkin. Rasa pedih yang teramat dalam tidak seharusnya untuk ditahan, biarkanlah air mata anda mengalir apa adanya. Terlebih lagi, fakta baru mengungkapkan bahwa dengan menangis bisa dijadikan terapi pada masalah tekanan darah dan jantung. Jadi, kalau bisa membuat kita sehat kenapa tidak? ayo kita sukseskan gerakan menangis hehe. Saya harap, beberapa penjelasan diatas tidak membuat anda menangis tanpa alasan ya. Setelah membaca penjelasan membosankan diatas, baiklah sekarang saatnya kita mengetahui apa saja fakta unik dan menarik menangis berikut ini.

Inilah 15 Fakta Unik dan Menarik Menangis
  1. Ketika kita menangis, air mata pertama kali keluar berasal dari sebelah kanan.
  2. Bayi menangis 1 sampai 3 jam setiap hari.
  3. Tangisan Bayi di bawah usia satu bulan belum bisa menegluarkan air mata.
  4. Saluran air mata laki-laki relatif lebih kecil dibandingkan perempuan.
  5. Komposisi kimia yang terkandung didalam air mata dibedakan tergantung penyebabnya.
  6. Menangis bisa membuat awet muda.
  7. Mata akan terbantu melihat lebih baik selepas menangis.
  8. Tangisan bayi merupakan komunikasi untuk menyatakan haus, lapar, lelah, tidak nyaman, bosan dan kesepian.
  9. Kandungan enzim lysozyme didalam mata dapat membunuh bakteri.
  10. Studi menunjukkan bahwa air mata membawa racun keluar dari dalam tubuh.
  11. Komposisi air mata hampir sama persis dengan air liur.
  12. Air mata berlebih juga akan melewati lubang hidung sehingga dikeluarkan dalam bentuk ingus.
  13. Zat kimia pada bawang yang merangsang kelenjar lacrimal di mata menjadi penyebab mata menangis ketika mengiris bawang.
  14. Dianggap kiasan, air mata buaya benar-benar nyata dialami oleh buaya.
  15. Banyaknya penyebab tangisan membuat peneliti bingung menyimpulkan satu alasan kenapa air mata bisa keluar. 

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.