Fakta Menarik Mengenai Kentut yang Wajib Anda Ketahui

   
   Fakta Unik Kentut - Buang angin atau yang lebih dikenal dengan sebutan kentut merupakan suatu kejadian normal yang pasti dialami oleh setiap manusia. Dalam dunia medis, proses terjadinya kentut disebut dengan istilah flatulensi. Peristiwa manusiawi seperti ini bisa terjadi karena akibat dari akumulasi atau pembuangan gas didalam perut. Komponen gas penyusun kentut diketahui terdapat karbondioksida, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan metan. Beberapa dari jenis gas tersebut disinyalir merupakan hasil buatan dari kuman atau bakteri.

    Perlu untuk diketahui bahwa frekuensi kentut bisa menjadi tolak ukur sebagai indikator kesehatan seseorang. Bukan tanpa alasan, indikasi tersebut sangat berkaitan erat dengan sistem pencernaan. Kelancaran sistem pencernaan berdampak baik bagi kita karena dengan begini dapat membuat penyakit enggan menghampiri kita. Maka dari itu, kita sepatutnya bersyukur karena masih diberi kenikmatan kesehatan melalui kentut.

   Kebiasaan kentut pada kebanyakan orang merupakan sebuah stigma yang buruk. Kenapa? alasannya tentu karena bau dan aroma yang ditimbulkan sangat menyengat di hidung. Meskipun sebenarnya kentut tidak selalu berbau dan berbunyi namun tetap saja kebanyakan dari kita merasa tidak nyaman dengan kehadirannya. Entah sependapat atau tidak dengan anda, saya tidak ragu jika harus mengatakan bahwa kentut lah yang paling bertanggung jawab atas rasa malu saya selama ini.

   Kemunculaan kentut seringkali sulit untuk diprediksi kedatangannya, sehingga tidak menutup kemungkinan kita akan merasakannya di tempat umum sekalipun. Ketika kita sudah berada dalam kondisi seperti ini, hanya ada dua pilihan yang bisa kita tentukan yakni menahan malu atau menahan mulas. Saat gas didalam perut tidak dikeluarkan pada waktunya, tentu hal ini dapat membuat perut kita begah, kembung dan tidak nyaman. Berdasarkan pengalaman saya, untuk mengantisipasi hal ini kita perlu menjauh dari keramaian untuk sekedar membuang gas "beracun" tersebut. Menjauhlah hingga batas aman karena bisa jadi kentut anda menyimpan daya suara yang kuat.

Baca juga : Fakta Menarik Seputar Tulang Manusia yang Harus Anda Ketahui

   Melihat beberapa fakta dan opini pada uraian sebelumnya, kentut bisa di sebut sebagai dua sisi mata uang. Terlepas dari apapun stigma yang melekat pada kentut, fenomena ini tetap memiliki daya tarik untuk di ulas. Saya katakan demikian karena kentut bisa menjadi bahan lelucon bagi sebagian orang.  Berkenaan dengan fakta menarik tentang kentut, mungkin sebagian dari anda belum tahu banyak akan hal tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita membahasnya sebagai berikut.

Fakta Unik dan Menarik Mengenai Kentut
  1. Zat methane dan hidrogen yang terkandung didalam kentut dapat membuat kebakaran berskala kecil.
  2. Bau kentut orang vegetarian kalah unggul dibandingkan dengan konsumer daging-dagingan.
  3. Penelitian menunjukkan bahwa gas kentut yang kita keluarkan dalam rentan waktu 24 jam adalah sebanyak 2 liter.
  4. Bagi seseorang dengan kondisi tubuh sehat, mereka akan kentut setidaknya minimal 10 kali dalam satu hari.
  5. Masuknya udara kedalam sistem pencernaan merupakan salah satu penyebab kenapa kentut tidak menimbulkan bau.
  6. Sedangkan kentut berbau dapat disebabkan oleh makanan yang mengandung sulfat seperti kacang almond, kol, brokoli dan lain-lain.
  7. Ibarat percikan api, suara kentut ditimbulkan oleh pergesekan pada lubang ekskresi selepas dilewati angin yang cepat.
  8. Penyakit kanker dapat di sembuhkan dengan cara mencium bau kentut.
  9. Anda tahu bom atom? Daya bom tersebut bisa anda buat didalam perut anda dengan cara menampung gas kentut didalamnya selama enam tahun.
  10. Suhu gas kentut diketahui setara dengan 37 derajat celcius.
  11. Di beberapa kesempatan, orang tak bernyawa pun masih bisa mengeluarkan kentut.
  12. Sebuah riset dari American College of Gastroenterology mengatakan bahwa intensivitas kentut seseorang akan meningkat ketika dia mengkonsumsi permen karet.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.