Ragam Fakta Unik Mata yang Belum Anda Ketahui

 
   Fakta Unik Mata - Selain dikenal sebagai organ penglihatan, mata juga dikenal sebagai organ yang mampu mendeteksi cahaya. Sebenarnya, mata melakukan tugasnya dengan cukup sederhana yakni untuk membedakan sekaligus mengetahui kondisi lingkungan disekitarnya melalui gelap dan terangnya suatu tempat. Semakin sedikit cahaya yang diterima oleh mata maka semakin sedikit pula objek yang dicerminkan pada mata.

    Diketahui, mata manusia memiliki spesialis sel yang memungkinkan kita dapat melihat dimalam hari. Dibandingkan dengan pada waktu siang, mata memiliki rasio batang lebih banyak ketika malam hari. Inilah kenapa mata kita masih bisa fokus meski objek yang dilihat minim cahaya. Mata manusia tidak ubahnya seperti kamera, saya katakan demikian karena keduanya sama-sama memiliki lensa. Kita tahu, lensa pada kamera berfungsi untuk memfokuskan objek melalui resptor cahaya dan proses ini berlaku juga pada mata kita.

    Seperti halnya telinga, mata kita memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan. Mudah saja jika anda ingin membuktikan fakta ini, anda bisa mencobanya dengan berdiri diatas satu kaki lalu bedakan keseimbangan anda ketika mata anda terbuka dan tetutup.

    Disadari atau tidak, setiap hari kita memanfaatkan fungsi mata dengan sangat optimal. Organ vital yang satu ini memegang peran yang penting sepanjang hidup kita. Bagaimana tidak, bak hotel berbintang, mata menyediakan fasilitas lengkap bagi kehidupan kita. Tapi tahukah anda, dibalik fakta-fakta umum diatas masih banyak fakta unik yang belum begitu banyak diketahui?

5 Fakta Unik Seputar Bola Mata

1. Mata Melihat Terbalik

   Maksudnya melihat terbalik? mari kita ulas penjelasannya. Mata kita tidak bekerja sendiri dalam hal melihat. Pada kenyataannya, otak bekerja sama dengan mata untuk memproses objek yang dilihat. Sebelum diproses ke otak, objek yang ditangkap oleh mata masih dalam keadaan terbalik dari posisi yang sebenarnya. Agar objek terlihat seperti yang semestinya, otak memainkan perannya dengan cara membalikan kembali objek tersebut ke posisi semula.

2. Manusia Tidak Bisa Melihat Warna Merah

   Percayakah anda dengan fakta yang satu ini? jika anda percaya mungkin akan menimbulkan pertanyaan lain dibenak anda, lalu warna yang kita lihat selama ini?. Melalui sebuah penelitian membuktikan bahwa bola mata kita tidak bisa melihat warna merah. Sebenarnya, warna merah yang diperspektifkan oleh mata manusia selama ini hanyalah kombinasi dari dua macam warna. Perpaduan warna kuning dan hijau membuat mata kita menganggap warna tersebut merah.

3. Manusia Berkedip 24.480 Kali Dalam Sehari

   Untuk poin ke 3 ini saya tidak memaksa anda untuk percaya, tapi jika anda mau membuktikannya, anda bisa mencoba menghitung sendiri berapa kali mata anda berkedip selama satu hari. Terkesan kurang kerjaan memang, tapi hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan sebuah data bahwa manusia berkedip sebanyak 17 kali setiap menitnya. Jika dalam satu hari ada 1440 menit, bisa disimpulkan manusia berkedip sebanyak 24.480 kali setiap harinya.

4. Mata Cokelat di Awal Peradaban

Memiliki warna mata yang cantik adalah suatu kebanggan bagi sebagian orang. Tidak dipungkiri, dengan memiliki warna mata langka seperti biru, hitam gelap, dan hijau akan membuat seseorang terlihat lebih elegan. Namun, bagi anda yang memiliki bola mata berwarna coklat tidak perlu berkecil hati sebab anda merupakan bagian dari awal peradaban umat manusia. Saya katakan demikian sebab mata berwarna coklat adalah warna pertama kali yang muncul selama 6000 tahun sebelum kemunculan warna yang lain. Dengan fakta tersebut, penelitian kembali menyimpulkan bahwa manusia bermata biru berasal dari satu nenek moyang yang sama alias bersaudara.

5. Organ Tubuh yang Tidak Tumbuh

   Berbeda dengan organ lainnya pada tubuh kita, mata merupakan satu-satunya organ tubuh yang tidak tumbuh. Mungkin anda bisa membedakan dengan jelas pertumbuhan organ lain ketika beranjak dewasa tapi tidak dengan bola mata. Sepintas ukuran bola mata kita terlihat lebih besar dibandingkan ketika masih kecil, akan tetapi, perlu diketahui bahwa bola mata tidak bertambah besar melainkan kelopak mata yang semakin meluas. Itulah kenapa bola mata nampak lebih besar setelah beranjak dewasa.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.