Ketahui Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anda Disini

   
   Manfaat Air Putih - Pernahkah anda mendengar suatu pernyataan bahwa air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup? Saya yakin anda setuju dengan pernyataan tersebut demikian pula dengan saya pribadi. Air tidak akan bisa dipisahkan dari kehidupan terutama bagi kehidupan kita sebagai manusia. Begitu dekatnya kita dengan air dibuktikan dengan sebuah fakta bahwa hampir 70% dari tubuh kita dibentuk oleh cairan.

    Untuk memenuhi serta menjaga kestabilan cairan didalam tubuh tersebut, tentu kita diharuskan mengkonsumsi air setiap harinya. Perlu diketahui, tidak semua jenis air baik bagi kesehatan. Jika hewan bisa meminum air apapun yang dia temukan, hal ini tidak berlaku bagi manusia.

    Apabila kita ilustrasikan dengan sebuah mesin, tubuh kita memiliki mesin yang jelas berbeda dengan makhluk lain. Untuk menjalankan mesin ini maka kita perlu oli khusus agar mesin dalam tubuh kita bisa bekerja secara optimal. Dan tidak ada oli mesin yang lebih baik bagi tubuh manusia kecuali air putih yang bersih.

    Dengan mengkonsumsi 2 liter air dalam sehari dipastikan sudah cukup untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh. Kenapa harus 2 liter? karena air sebanyak itu sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Apabila cairan tubuh tidak terpenuhi maka kondisi ini akan membuat tubuh menurun kemampuannya seiring dengan berkurangnya asupan cairan. Secara umum, kita lebih mengenal air hanya sebagai penawar rasa dahaga namun kita lupa masih banyak khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh air putih.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Anda 

1. Mengontrol Kadar Kalori

   Mungkin anda pernah mendengar mengenai istilah diet air putih. Tapi apakah benar air putih memiliki hubungan dengan program diet? pertanyaan tersebut sebenarnya telah dijawab oleh beberapa penelitian. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa air putih terbilang cukup ampuh dalam hal menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan air putih bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem metabolisme dalam tubuh. Saat sistem metabolisme kita bekerja lancar, tentu kadar kalori dalam tubuh dapat dikontrol dengan baik.

2. Mengeluarkan Racun

   Penjelasan pada poin ini cukup mudah untuk dipaparkan. Coba kita pikirkan, bagaimana mungkin kita bisa berkeringat dan buang air kecil jika saja tanpa bantuan air didalam prosesnya. Melaui kedua proses ekskresi tersebut bisa kita simpulkan bahwa air putih sangat berperan penting dalam hal mengeluarkan racun. Pengeluaran racun semacam ini begitu berpengaruh untuk mengurangi resiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

3. Mencegah Penuaan Dini

   Masih berhubungan dengan manfaat air putih pada poin kedua, ternyata air putih juga bisa mencegah kita mengalami penuaan dini. Hal ini tidak lepas dari peran air putih yang dapat mengeluarkan racun didalam tubuh. Peran tersebut sangat berguna bagi kesehatan kulit karena dengan diangkatnya racun dari dalam tubuh akan membuat pori-pori mengecil. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pori-pori yang terlalu besar merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini maka disinilah air putih memainkan manfaatnya.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

   Bagi orang awam, masih belum banyak yang tahu bahwa salah satu penyebab gagal ginjal dan batu ginjal adalah karena disebabkan oleh kekurangan cairan. Apa pentingnya cairan pada fungsi kinerja ginjal? cairan sangat diperlukan oleh ginjal sebagai media untuk menyaring limbah serta mengangkut urin ke kantung kemih. Di samping itu ginjal juga membutuhkan air dalam memproses darah. Di ketahui setiap harinya ginjal memproses hingga 200 liter darah. Ketika tubuh kekurangan asupan cairan dipastikan akan menyebabkan penurunan pada pemrosesan tersebut.

5. Meningkatkan konsentrasi

   Apabila anda sering mengalami sulit berkosentrasi atau mendadak buntu ketika berfikir, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara banyak minum air putih. Konsentrasi bisa langsung anda dapatkan dengan hanya minum segelas air putih. Fakta ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of East London, mereka menyatakan bahwa pada saat dahaga diatasi, seketika akan membuat otak menjadi lebih siap menjalankan tugasnya. Jangan biarkan kebuntuan dalam berfikir menghambat produktifitas anda.

6. Meningkatkan Peredaran Darah

   Tahukah anda bahwa darah kita mengandung setidaknya 91% air?. Normalnya, fungsi darah sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh akan mendistribusikan oksigen secara lancar. Namun, pendistribusian ini tidak bisa dilakukan dengan baik jika saja darah mengalami kekurangan cairan. Darah didalam tubuh, tidak ubahnya seperti minyak goreng. Pada saat minyak ini mengandung banyak air, tentu akan meningkatkan keenceran minyak tersebut. Demikian halnya darah, ketika darah cukup encer maka dipastikan akan meningkatkan laju distribusi berjalan normal. Kondisi darah seperti inilah yang paling diharapkan agar kita terhindar dari lemas dan lesu.

7. Menghilangkan Migrain

   Migrain bukanlah penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa penyakit migrain disebabkan oleh dehidrasi. Dengan fakta tersebut, disinilah letak hubungan air putih dengan migrain, Tujuan utama minum air putih adalah untuk mengatasi dehidrasi. Saat anda berniat minum air putih untuk mengatasi dehidrasi, itu artinya anda telah mencegah sekaligus mengobati migrain secara tidak langsung. Tidak seperti kebanyakan obat, anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu reaksi air putih bekerja menghilangkan rasa nyeri di kepala anda. Selain migrain, air putih juga bisa mengatasi beberapa penyakit ringan lainnya seperti panas dalam, sakit tenggorokan dan sariawan.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.