10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

 
   Cara Menjaga Kesehatan Ginjal - Ginjal merupakan organ ekskresi bagian dalam di tulang belakang (vertebrata) yang memiliki bentuk menyerupai kacang. Kita memiliki sepasang ginjal yang terletak dibagian belakang abdomen (perut) tepatnya terdapat pada sebelah kiri dan kanan tulang belakang dibawah limpa dan hati. Organ ini adalah bagian dari sistem urinal yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dari darah dan akan dibuang melalui saluran perkemihan dalam bentuk cairan urin.

 Tentunya masih banyak fungsi lain dari organ dalam yang satu ini diantaranya adalah:

  •  "Di setiap harinya ginjal mengekskresi sedikitnya 2 liter air dari dalam tubuh kita. Pengeluaran sebagian air ini adalah salah satu upaya agar tidak terjadi kelebihan air di dalam darah."

  •   "Ginjal juga berperan sebagai penjaga keseimbangan kadar asam dan basa dari keseluruhan cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam basa tersebut dalam bentuk urine (air kemih)"

  •   "Ginjal mampu mengontrol kadar kallium didalam darah. Kallium ini berguna untuk membuat sel, jaringan, dan organ dalam tubuh agar tetap berfungsi dengan baik. Tugas ginjal disini ialah mengatur kadarnya, sebab apabila kadar kallium terlalu berlebih berpotensi terjadinya hiperkalemia sangat mungkin terjadi. Masalah ini otomatis berpengaruh langsung terhadap keteraturan detak jantung. Kehebatan yang dimiliki ginjal yakni mampu menjaga batas normal kebutuhan kadar kallium bagi darah. Jika kadar dalam darah kurang dari normal maka akan menyebabkan kelelahan, kulit kering, kelemahan otot, dan refleks melambat."

  •   "Ginjal diibaratkan sebagai sensor atau filter karena ginjal bisa membedakan zat-zat yang buruk bagi kesehatan kita. Proses filterisasi hanya akan memainkan perannya ketika asam, urea, amoniak, creatinin, garam anorganik, bakteri dan obat-obatan masuk ke tubuh."

  • "Zat yang masih berguna bagi tubuh akan kembali di daur ulang oleh ginjal. Proses daur ulang ini biasa dikenal dengan sebutan Reabsorpsi."

  • "Cairan darah akan terus dikontrol oleh ginjal, sebagai upaya untuk menjaga cairan tersebut tetap seimbang di dalam tubuh."

  • "Hormon insulin dan adrenalin pada ginjal sangat penting sebagai pengatur kadar gula dalam darah. proses ini meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit diabetes."

  •  "Eritropotein, kalsitriol, dan renim merupakan macam-macam zat dan hormon yang dihasilkan oleh ginjal. Bisa di pastikan bahwa ginjal juga bisa menghasilkan beberapa zat dan hormon tertentu bagi tubuh kita."

  Berdasarkan fakta di atas bisa kita ketahui bahwa begitu vitalnya ginjal bagi sistem pertahanan tubuh kita. Tidak bisa di bayangkan apa yang akan terjadi kalau saja ginjal yang kita miliki terganggu kesehatannya. Sudah barang pasti akan banyak penyakit menyerang dan menghinggapi tubuh kita. Setelah begitu banyaknya peran ginjal dalam menjaga tubuh kita alangkah baiknya kita juga melakukan hal yang sebaliknya. Apa saja kiat hidup sehat untuk melakukan hal tersebut? berikut ulasannya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Cukupi Kebutuhan Mineral

   Kewajiban kita adalah membantu kinerja ginjal agar bisa memainkan perannya secara optimal. Dengan mencukupi kebutuhan cairan mineral dalam tubuh itu berarti kita akan memperlancar ginjal dalam proses pembuangan urine. 70 persen tubuh kita membutuhkan asupan air yang cukup. Jaga asupan cairan dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi air dua liter dalam sehari.

2. Rutin Berolahraga

   Upaya lain yang bisa memperlancar pengeluaran urine adalah dengan rajin berolahraga. Berbagai penelitian telah membenarkan hal tersebut. Umumnya, olahraga berguna untuk menjaga daya tahan dan kebugaran tubuh. Disamping itu olahraga juga sangat berguna terhadap kesehatan organ penting dalam tubuh tidak terkecuali organ ginjal.

3. Pola Makan

  Makanan yang tidak sehat akan membuat ginjal bekerja lebih keras. Untuk membantu ginjal menjalankan fungsinya. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang mudah diserap tubuh dan bisa dipastikan kesehatannya. Bila perlu, Pantaulah selalu apa yang akan anda konsumsi. Salah satu konsumsi yang tidak baik bagi kesehatan ginjal adalah minuman berenergi, kalau bisa hindari minuman semacam itu.

4. Hindari Resiko Obesitas

   Salah satu penyebab terganggunya fungsi ginjal kita adalah berat badan yang melampaui batas normal. Berat badan berlebih tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun, terutama di bagian sekitar perut. Lemak-lemak tersebut menyebabkan ginjal sesak karena tertekan. Apabila hal ini terjadi ginjal akan kesulitan memproses urin. Jagalah pola makan anda secara teratur agar obesitas tidak anda alami.

5. Menjaga Kadar Gula

   Sebetulnya antara penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal sangat erat kaitannya. Banyak kasus membuktikan bahwa penderita diabetes akan beresiko besar mendapatkan masalah terhadap ginjalnya. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal sekaligus mencegah terjadinya diabetes sangat penting dengan cara menjaga kadar gula masuk ke dalam tubuh kita.

6. Kontrol Tekanan Darah

   Hal sederhana dan menyenangkan untuk mengontrol tekanan darah adalah tidur minimal delapan jam sehari. Pola tidur sehat seperti ini akan membuat tidur anda lebih berkualitas dan kinerja organ tubuh bagian dalampun bisa bekerja dengan optimal. Sepanjang hari seluruh tubuh kita bekerja ekstra keras maka dari itu sangat diperlukannya istirahat. Tidak hanya untuk mencegah penyakit, hipertensi juga menjauhi kita dari emosi berlebihan dan tidak mudah terkena stress. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tekanan darah tinggi maupun rendah merupakan biangnya penyebab penyakit. Bagi penderita hipertensi sangat besar potensinya untuk mengalami kompilasi berbagai penyakit termasuk gagal ginjal ini.

7. Jauhi Alkohol dan Rokok

   Jauhi alkohol dan rokok selalu hadir dalam hal cara menjaga kesehatan. Karena memang keduanya memiliki sifat merusak. Mungkin anda tidak akan menemukan kerusakan jika dilihat dari luar padahal terdapat banyak organ dalam yang merasakan langsung dampaknya. Seperti halnya rokok, tahukah anda bahwa penyebab paling utama kanker ginjal adalah berasal dari kebiasaan merokok? Nikotin yang tertumpuk terus menerus menjadi salah satu penyebabnya. Hidup sehat hanya akan menjadi omong kosong apabila anda tidak ingin menjauh dari alkohol dan rokok.

8. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Asin

   Ada baiknya, gunakanlah penyedap rasa secukupnya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan akan berpengaruh terhadap optimalitas kinerja ginjal. Kenapa kita begitu dilarang mengkonsumsi makanan asin secara berlebihan? alasannya adalah karena ketika garam berlebihan dalam tubuh sudah mulai mengendap, kinerja ginjal kita otomatis akan menurun sehingga terjadilah yang namanya batu ginjal. Biasanya makanan yang mengandung garam berlebihan bisa kita temukan pada makanan ringan dan makanan cepat saji.

9. Hindari Minuman Bersoda

    Minuman berkarbonasi tinggi atau menuman yang mengandung soda sangatlah tidak bersahabat bagi kesehatan ginjal kita. Konsumsi jangka panjang secara terus menerus akan menurunkan fungsi ginjal karena ginjal terbebani dalam memproses setiap kandungan yang ada pada minuman tersebut. Akibat yang paling mengerikannya adalah akan menyebabkan batu ginjal. Menjauhi atau bahkan menghindarinya merupakan pilihan terbaik agar anda terhindar dari batu ginjal ini.

10. Hindari Stress

    Jangan kira stress merupakan suatu hal yang berpengaruh pada kesehatan pikiran saja. Stress juga dapat menghambat pembentukan cadangan energi dalam liver dari glukosa dan lemak. Hal ini tentu akan meningkatkan kadar gula dan asam lemak di dalam darah. Hampir seluruh aktivitas fisik kita dikendalikan oleh pikiran untuk itu kita harus menyiapkan ketahanan pikiran kita agar seluruh tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.