Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

   
   Cara Mengatasi Rambut Rontok - Tidak ada yang menyangkal bahwa rambut merupakan mahkota bagi setiap orang terutama wanita. Merupakan hal yang wajar apabila wanita berlomba-lomba ingin mempercantik penampilan mahkotanya tersebut. Tidak hanya memperhatikan kecantikan mahkotanya, wanita juga sangat care dalam urusan kesehatan rambutnya.

   Sebagai ratu yang baik, sudah menjadi keharusan bagi wanita untuk mencegah dan mengatasi segala macam ancaman yang bisa menghilangkan keindahan rambutnya. Salah satu ancaman yang sering muncul pada rambut kebanyakan wanita adalah rambut bercabang. Bisa dikatakan, dengan kemunculan masalah rambut bercabang ini sedikit banyak menurunkan keanggunan sang ratu.

   Penting untuk diketahui bahwa rambut bercabang tidak datang tanpa suatu alasan melainkan karena beberapa faktor. Ada banyak faktor penyebab rambut bercabang yang bisa anda kenali yakni faktor cuaca, faktor usia, minim nutrisi, penggunaan produk kimiawi berlebih, terlalu sering catok dan lain-lain.

Baca juga : Sudah Tahu Apa Kaitan Stress dan Rambut Rontok?

    Rambut bercabang sering ditemukan pada rambut yang panjang. Itulah kenapa kaum hawa sangat rentan dengan permasalahan ini. Meski demikian bukan berarti kaum adam lolos dari ancaman rambut bercabang, kenapa? karena pada dasarnya perawatan tepatlah yang paling menentukan. Terlepas dari apapun jenis rambut anda, berhijab maupun tidak, wanita maupun pria, menjaga kesehatan rambut tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga : Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Uban di Usia Muda

    Selain bermanfaat bagi diri sendiri, perawatan semacam ini juga menjadi sebuah bentuk rasa syukur kita terhadap mahkota terindah dari maha kuasa. Baiklah Ratu dan Raja sekalian, mari kita lihat apa saja upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga keindahan mahkota anda.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

1. Hindari Kebiasaan Perawatan Buruk.

   Langkah yang paling utama untuk mencegah rambut bercabang adalah menghindari dari kebiasaan buruk ketika melakukan perawatan pada rambut. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rambut bercabang terjadi karena beberapa faktor salah satunya kesalahan pada upaya perawatan. Tidak ada yang salah ketika kita berniat untuk merawat rambut kita agar terlihat lebih indah namun kita harus tahu apakah perawatan tersebut baik atau buruk dan cocok atau tidaknya. Adapun aktivitas yang harus anda hindari adalah catok rambut, hair driyer, pemanas rambut, penggunaan bahan kimia dan sebagainya. Apabila anda merupakan seorang wanita karir mungkin anda bisa setidaknya mengurangi aktivitas tersebut.

2. Hindari Kolam Renang Umum.

   Bagi sebagian orang, berenang bersama pada satu kolam renang yang padat memang mengasyikan apalagi anda memang memiliki hobi renang. Tapi tahukah anda? bahwa kolam renang semacam ini berbahaya bagi kesehatan rambut anda. Terlebih lagi kandungan didalam kolam renang tersebut mengandung klorin yang terbilang tinggi, tentu hal ini akan membuat rambut anda semakin rusak keindahannya. Melihat potensi kerusakan yang begitu besar ada baiknya jika anda mengurangi intensivitas kebiasaan hobi anda ini. Akan lebih bijak apabila anda tahu kadar klorin didalam kolam renang tersebut.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung.

   Untuk menghindar dari sinar matahari secara langsung tentu merupakan suatu hal yang sulit. Terlebih lagi bagi anda yang bekerja diluar ruangan atau anda yang memiliki hobi travelling. Pada dasarnya, sinar matahari merupakan salah satu kebutuhan pokok terhadap semua makhluk hidup, namun masalahnya, tidak semua sinar matahari baik bagi kesehatan kita khususnya terhadap kesehatan rambut. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengakali kondisi ini, diantaranya adalah memakai hijab, payung, topi, penutup kepala, selendang dan lain-lain.

4. Tidak Menyisir Rambut Basah.

   Segelintir orang terkesan tidak sabar untuk menyisir rambutnya selepas mandi. Entah karena terburu-buru atau alasan lainnya seseorang akan menyisir rambutnya ketika masih sangat basah. Padahal hal ini dapat merusak elemen rambut dikarenakan sifat basa pada rambut. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka akan berakibat pada bertambahnya percabangan rambut. Sebagai langkah antisipasi, Ada baiknya tunggu rambut anda sampai kondisinya lembab atau kering. Gunakanlah handuk sebagai media untuk mengelap rambut basah anda. Jangan terlalu manjakan rambut anda dengan pemakaian alat elektronik untuk menangani hal-hal kecil seperti ini.

5. Potong Rambut Bercabang.

   Rambut kita tidak ubahnya seperti sebatang pohon. Ketika anda mau mengurangi cabang pohon tentunya anda harus memotong dahan pohon terlebih dahulu. Perlakuan semacam ini akan kita terapkan pada rambut anda. Jangan tunggu cabang rambut anda memperluas jangkauan cabangnya, hentikan pertumbuhan cabang dengan cara memotong ujung rambut bercabang. Seperti halnya pohon, rambut juga diperlukan tekhnik pemotongan. Agar cabang benar-benar bisa dihentikan pertumbuhannya maka kita harus memotong rambut dengan posisi menyamping. Setelah itu anda dapat menerapkan minyak zaitun sebagai perangsang pertumbuhan rambut berikutnya.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.