Mengenal Lebih Dalam Penyakit Ambeien



   Penyakit Ambeien - Sekedar untuk keperluan informasi, ambeien merupakan penyakit atau semacam kelainan yang timbul pada bagian anus. Umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal penyakit ini dengan sebutan wasir. Demikian halnya pada kebanyakan penyakit, Ambeien juga cukup sulit untuk diobati. 

   Berdasarkan letaknya, ambeien terbagi atas dua macam yakni ambeien eksternal dan internal. Anda bisa mengenali ambeien eksternal apabila anda mengalami benjolan di area anus dan tidak jarang diikuti dengan rasa gatal. Sedangkan ambeien internal ditandai dengan keluarnya feses atau tinja yang di iringi dengan darah ketika anda sedang buang air besar. Ambeien internal akan berubah menjadi ambeien eksternal jika anda biarkan tanpa penanganan.

    Lakukan penanganan secepat mungkin apabila anda mulai merasakan beberapa gejala yang mengindikasikan penyakit ambeien. Gejala umum yang sering muncul pada penderita ambeien adalah merasakan sakit, nyeri dan panas ketika melakukan buang air besar.  Segerakan diri anda untuk berkonsultasi ke dokter ketika anda sudah mulai merasa tidak nyaman pada bagian anus, lemas karena anemia dan tinja yang berlendir.

    Penyakit ambeien ini sangat familiar dengan orang yang banyak melakukan aktivitas di tempat duduk seperti supir sampai pegawai kantor. Tentu tidak ada yang mau menghabiskan waktu seharian diatas kursi kalau bukan tuntutan pekerjaan. Inilah masalah yang seringkali dihadapi oleh mereka para perintis karir.

    Sebenarnya pekerjaan seseorang tidak bisa dijadikan kambing hitam atas permasalahan ini sebab masih banyak faktor lain yang dapat memicu terjadinya ambeien. Sedikit diantara beberapa faktor tersebut adalah faktor keturunan, malas olahraga, riwayat konstipasi, riwayat diare, perubahan hormon ketika hamil dan ketidak teraturan pola makan. Dilihat dari faktor tersebut bisa dikatakan semua orang memiliki resiko ambeien sama besar kecuali dia mau menjalani gaya hidup sehat.

   Tidak berniat menakut-nakuti, penyakit ambeien tidak bisa kita anggap sebagai penyakit yang jauh dari kata mati. Kenapa saya katakan demikian? bagi saya, terlepas dari berbahaya atau tidak, segala macam penyakit merupakan suatu masalah yang harus segera kita tangani. Demikian pula ambeien, mungkin untuk kategori ringan, ambeien bisa kita atasi dengan cara memasukan jari ketika terjadi benjolan pada anus, namun hal ini tidak berlaku lagi apabila ambeien tersebut sudah dikategorikan parah.

   Dalam beberapa kasus ambeien yang sudah parah, benjolan harus ditangani dengan jalan operasi. Ketika kita sudah bermain dengan operasi berarti kita sudah bermain di dua hal yakni materi dan nyawa. Saya rasa, anda tidak akan mau bermain di dalam kondisi seperti ini. Maka dari itu penting bagi kita melakukan penanganan sedini mungkin.

Baca juga : Berikut 5 Tips Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien Anda

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Mengenal Lebih Dalam Penyakit Ambeien"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)