Tips Menjaga Kesehatan Telinga yang Baik dan Benar

 

   Cara Menjaga Kesehatan Telinga - Telinga merupakan salah satu dari lima panca indra yang berfungsi untuk mendengar dan memberikan keseimbangan pada tubuh manusia. Telinga manusia memiliki struktur yang rumit, seluruh bagian telinga baik itu luar maupun  dalam saling berkinerja secara berkesinambungan dalam hal mendeteksi dan menganalisis suara yang didengarnya. Telinga menjadi indra kedua setelah mata sebagai indra yang mampu memberikan banyak informasi terhadap manusia. Tentu terasa sulit apabila aktivitas keseharian kita harus terpisahkan dari peran indra pendengaran ini.

    Begitu pentingnya peran telinga bagi kehidupan kita mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatannya dan saya berasumsi hal ini tidak bisa dianggap sepele. Kenapa? karena dengan menjaga kesehatan telinga itu artinya telah mengoptimalkan bagian tubuh yang lain. Coba kita bayangkan kalau saja kita tidak memiliki pendengaran otomatis mulut serta keseimbangan seluruh tubuh kita akan terganggu. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaganya? simak ulasannya sebagai berikut.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

1. Hindari Lingkungan Bising

   Terlalu sering berada dilingkungan yang bising akan mengakibatkan pada ganguan serius seperti tuli permanen, di sarankan bagi anda untuk menghindari lingkungan demikian. Apabila anda bekerja dilingkungan bising yang demikian anda berhak meminta alat pelindung diri (APD) yang memenuhi standard agar pendengaran anda tidak terganggu.

2. Bersihkan Telinga Teratur

   Pembersih telinga yang begitu familliar dalam kehidupan kita adalah cotton bud. Mungkin anda masih bingung apakah pembersih ini cocok bagi anda, sebenarnya penggunaan cutton bud diperbolehkan asalkan kita mengetahui adab-adabnya. Kehatia-hatian harus diperhiatikan jangan sampai cutton bud tersebut terdorong terlalu dalam sehingga bagian vital akan tergores. Usahakan anda melakukannya dengan benar atau yang terjadi kotoran di telinga semakin menumpuk.

3. Hindari penggunaan Earphone

    Earphone didesain untuk mendengarkan musik atau suara secara tenang tanpa ada gangguan dari suara lain disekitarnya. Kegunaan earphone akan salah apabila anda gunakan alat ini dengan menyetel suaranya terlalu keras. Dampak jangka panjang dari penggunaan earphone ini adalah kemampuan pendengaran anda semakin menurun dari batas normal dan dampak jangka pendeknya adalah gendang telinga anda akan pecah. Waktu maksimal penggunaan earphone ialah tidak lebih dari 1 jam. Hentikan juga kebiasaan anda memakai earphone ketika tidur karena bisa memicu tumbuhnya tumor didalam otak.

4. Tidak Berlebihan

    Maksud dari tidak berlebihan adalah anda tidak harus memastikan telinga anda benar-benar bersih. Lho kenapa? Telinga memiliki kemampuan memproduksi serumennya sendiri, serumen tersebut berfungsi sebagai penyaring berbagai benda luar bahkan mencegah masuknya serangga ke telinga. Jadi tugas kita hanya tinggal membersihkan rongga-rongga dari bekas penyaringannya saja.

5. Tidak Bertindak Sendiri

    Saya maksudkan disini adalah jangan pernah melakukan suatu hal tanpa anda ketahui kebenarannya. Apabila tiba-tiba anda merasakan dengungan yang menyakitkan ditelinga jangan pernah melakukan pengobatan versi anda sendiri. Segera berkonsultasi ke dokter THT merupakan langkah paling bijak, mereka lebih tau apa yang terjadi dan tindakan yang akan diberikan.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.