Kekayaan Alam Indonesia yang Harus Anda Ketahui

   
    Kekayaan Alam Indonesia - Berbicara soal kekayaan Indonesia tentu tidak akan pernah ada habisnya. Kita sadar akan hal tersebut dan tidak terkecuali oleh negara asing. Tidaklah mengherankan jika banyak bangsa yang ingin ikut bersekutu dengan Indonesia semenjak Negara ini mendapatkan kedaulatannya pada tahun 1945. Meski demikian apakah pantas Indonesia dikatakan merdeka? pertanyaan ini muncul bagi anda yang sadar betapa terpuruknya perekonomian Tanah air.

   Sebenarnya tidak ada alasan Indonesia untuk jatuh miskin jika potensi alamnya dikelola dengan baik namun kenyataannya separuh kekayaan yang kita miliki dinikmati oleh negara asing. Lalu apa bedanya Indonesia saat ini dengan Indonesia 70 tahun yang lalu? menurut saya cara penjajahannya saja yang berbeda. Bagaimana mungkin dengan melimpahnya kekayaan, Indonesia bisa mengumpulkan hutang sebesar Rp. 2.600 trilliun. Sekarang mari kita lihat apa saja Kekayaan yang dimiliki negara tercinta kita Indonesia.

 7 Kekayaan Alam di Indonesia

1. Emas

    Pertambangan emas yang paling terkenal dan diakui dunia berkat kualitasnya nomor satu di Indonesia adalah PT Freeport. Pertambangan ini berlokasi di Papua tepatnya dipegunungan Grasberg, Dengan luas pertambangan berkisar 527.400 hektar mampu memproduksi rata-rata 80.000 kg pertahun. Dari hasil tersebut Indonesia hanya menadapatkan jatah 9,36%, Angka yang sangat kecil tentunya jika dibandingkan dengan penghasilan freeport sebesar Rp. 70 trilliun pertahun dan apabila di hitung perhari PT freeport meraup keuntungan hingga 116 milyar. Pemilik perusahaan ini bukanlah orang pribumi melainkan James R. Moffett asal Amerika Serikat. Mungkin tidak salah jika saya mengatakan Indonesia masih tetap dijajah.

2. Lautan

    Indonesia patut berbangga dengan menyandang predikat sebagai negara yang memilki laut terluas di dunia, Begitu luasnya laut Indonesia tentu terdapat beragam kekayaan didalamnya. Kekayaan tersebut tidak didapat secara kebetulan akan tetapi Indonesia terletak diantara dua samudera yakni samudera hindia dan samudera pasifik tentu letak yang sangat strategis bagi Ikan-ikan untuk berhabitat, diketahui lebih dari 2.500 jenis ikan hidup di perairan Indonesia. Laut Indonesia memiliki luas mencapai 5,8 juta km2, didalamnya terdapat 14 persen terumbu karang dari keseluruhan terumbu karang di dunia. Sungguh anugrah kekayaan tak ternilai harganya. Sekarang, kewajiban kita adalah menjaga anugrah tersebut dari kerusakan.

 3. Hutan

    Hutan di Indonesia dikenal sebagai Hutan hujan tropis nan lebat luasnya ditafsir hingga 99,6 juta hektare atau bisa dikatakan separuh dari keseluruhan luas wilayah Indonesia. Luas hutan tersebut akan sangat terlihat di pulau Papua atau Kalimantan sebagai paru-paru dunia. Keanekaragaman flora,fauna dan hayati menghiasi seisinya, diperkirakan terdapat 4 ribu jenis kayu dan 267 diantaranya bernilai ekonomis yang sangat tinggi. Pemanfaatan hasil alam dari hutan haruslah tetap pada batas kewajaran jika Indonesia tidak ingin kehilangan aset berharganya. Indonesia disebut-sebut sebagai Megabidiversity Country mengapa disebut demikian? sebab daratan Indonesia hanyalah 1,3% dari keseluruhan daratan bumi namun memiliki 10% tumbuhan dunia, 12% mamalia, 16% reptil dan amfibi dan 17% burung. Masih bisa cari alasan kenapa Indonesia miskin?

 4. Batu Bara

    Berdasarkan perhitungan pusat sumber daya geologi kekayaan sumber daya batubara di Indonesia menyentuh angka 61,366 milliar ton dan tersebar di 19 provinsi di Indonesia. Melihat besarnya angka sumber daya tersebut tidak heran jika Indonesia merupakan negara terbesar pengekspor batubara di bawah Australia menggeser China, India bahkan Amerika Serikat. Langkah salah dalam pengoptimalan sumber daya membuat cadangan Batu bara di Indonesia kian menipis. Seharusnya kita harus membatasi ekspor keluar negeri dan lebih berfokus pada pembangunan dalam negeri. Saya kira ini akan menjadi sebuah investasi yang lebih bagi Indonesia.

5. Gas

    Cadangan produksi gas di Indonesia menjadi salah satu yang terbesar didunia. bagaimana tidak, pada tahun 2014 lalu BP statistics menunjukan data yang menyatakan bahwa cadangan gas alam Indonesia mencapai 103,3 trilliun kaki kubik bisa diperkirakan hingga 59 tahun kedepan Indonesia masih mampu memproduksi gas alam. Diruang lingkup Asia sendiri Indonesia menempati peringkat kedua dibawah china dengan cadangan gasnya mencapai 115 trilliun. Baru baru ini diketahui pemerintah merahasiakan angka yang sebenarnya dari media, diketahui angka yang sebenarnya adalah 152,89 TSCF dan jika angka tersebut benar adanya tentu akan menempatkan Indonesia sebagai penyimpan cadangan gas alam terbesar didunia mengalahkan Qatar di posisi pertama.

 6. Wisata

    Tidak hanya terkenal dengan hasil alamnya Indonesia juga dikenal dengan keindahan wisatanya. Terdapat banyak wisata di Indonesia baik itu wisata alam maupun bangunan bersejarah. Indonesia memiliki panjang pantai 81.000 km2 dan memiliki sedikitnya 25% panjang pantai di seluruh dunia. Di sebuah selat antaraa pulau Flores di Nusa tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur terdapat pula pulau komodo yang didalamnya akan anda temui komodo dengan bentuk yang sangat besar, jenis komodo tersebut bernama Varanus komodoensis. Komodo tersebut di akui dunia sebagai yang terbesar di Dunia. Tempat wisata sejarah Indonesia yang pernah masuk kedalam tujuh keajaiban dunia tidak luput pula untuk dimasukkan menjadi salah satu kekayaan harta warisan yakni Candi Borobudur, inilah candi terbesar di Dunia hingga saat ini.

7. Pulau

    Predikat sebagai negara dengan pulau terbanyak tentu sangat membanggakan, akan tetapi hingga saat ini akurasi berapa jumlah pasti pulau tersebut belum diketahui. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menyatakan bahwa keseluruhan pulau di Indonesia berjumlah 17.500 buah. Sementara itu Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mencatat hanya ada 13.466 hal demikian terjadi sebab sebanyak 3.534 pulau di Indonesia belum diberi nama sedangkan data yang dilaporkan kepada PBB haruslah valid dengan memiliki nama. Untuk saat ini Indonesia masih menjadi pemegang predikat negara dengan pulau terbanyak meski sebanyak 3.534 pulau belum terdata.

    Kita sepatutnya bersyukur dilahirkan ditanah subur dan makmur Indonesia, Banyak yang bisa dibanggakan dari negeri ini. Mungkin indonesia tidak pantas disandingkan dengan negara maju dalam hal perekonomian, pembangunan dan politik namun sebenarnya banyak negara yang iri dengan negara kita dan itu berlanjut hingga detik ini, masih banyak negara lain ingin menguasai Indonesia lewat jalan persahabatan bukan lagi penjajahan.

    Kewajiban kita adalah menjaga apa yang menjadi hak kita, bukan membuat perjanjian mengikut sertakan hak negara lain terhadap Indonesia. Dewasa ini kuantitas dan kualitas SDA bukan jaminan agar sebuah negara bisa maju akan tetapi SDM berkualitaslah yang paling dibutuhkan. Semoga kita bisa menjadi SDM tersebut dan mampu mengelola hasil Alam dengan benar.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.