Menyibak Keindahan Pantai Tikus Bangka


  Pantai Tikus - adalah salah satu dari sekian banyak pantai perawan di Bangka Belitung. Mengapa demikian? karena pantai ini memiliki keindahan yang sangat alami tanpa polesan bangunan atau fasilitas menghiasi pantai tersebut. Para wisatawan biasanya menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata selanjutnya setelah Tanjung pesona.

   Tempat wisata di Bangka tidaklah berjauhan, kedekatan antar wisata di Bangka bahkan bisa dikunjungi dalam satu perjalanan. Akses jalan yang kurang memadai untuk dimasuki oleh kendaraan roda empat membuat pantai Tikus sepi pengunjung, inilah alasannya kenapa pantai Tikus sangat terjaga kebersihan dan keindahannya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini lebih memilih untuk tidak turun ke laut untuk berenang atau sebagainya, mengingat deburan ombak yang kencang ditambah dengan bebatuan yang curam tepat dibibir pantainya. jika saya jadi anda,saya lebih memilih duduk bersama pasangan melihat ombak saling berkejaran, sungguh suasana teramat romantis, apalagi diabadikan lewat kamera akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dari pantai Tikus. Lalu bagaimana dengan anda?

Makna Di Balik Sebuah Nama

   Sama halnya dengan pantai Matras, pantai Tikus juga menyandang predikat sebagai salah satu pantai terpanjang di pulau Bangka. Nama pantai ini diambil bukan karena Pantainya banyak tikus atau bentuk bebatuannya yang mirip tikus akan tetapi di pantai ini banyak jalan setapak atau lebih dikenal dengan jalan tikus. Jalan tersebut dibuat oleh orang terdahulu untuk menyelundupkan timah mereka ke pasisir pantai. Letak pantai ini berada di tengah-tengah antara pantai Tanjung Pesona dengan Pantai Rebuk.

   Keunggulan pantai Tikus adalah susunan tebing batu tinggi dengan formasi rapih sehingga membentuk view yang apik. tidak sedikit yang mengenal pantai Tikus dengan nama pantai Pagoda. Alasannya dikarenakan di bagian belakang seberang jalan pantai terdapat Pagoda Vihara yang sangat besar, Pagoda tersebut akan terlihat jelas dari pantai Tikus karena memang letak Pagoda tersebut di atas bukit. Keberadaan Pagoda ini semakin menambah keindahan si cantik Tikus.

   Meski berlokasi di kawasan perbukitan akses jalan menuju pantai ini tidaklah sulit. Dari PangkalPinang kita bisa mengambil jalur alternatif lintas timur dengan menyusuri arah ke utara, kira-kira perjalanan tersebut hanya memakan waktu 50 menit. Perjalanan bebas hambatan kita akan terhenti sesampainya di lokasi sebab untuk turun ke bawah hingga bibir pantai kita harus rela berjalan kaki. yup anda sudah tau alasannya karena jalan di pantai ini yang kecil seperti jalan tikus. setidaknya anda mau berkorban demi melihat salah satu keindahan tersembunyi di pulau Bangka.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.