Matikan Rokok Anda Sejenak dan Kenali Bahaya Merokok Disini

   
   
   Bahaya Merokok - Pada awal pembahasan ini, saya tidak ragu untuk langsung mencapai klimaks dengan mengatakan bahwa rokok merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Kenapa? alasannya sangat jelas tertera di kemasan rokok dan kita pun sebenarnya sudah cukup tahu akan hal tersebut. Apakah himbauan semua bahaya rokok hanya termuat dalam satu kalimat pada kemasan rokok saja? tentu tidak. Untuk mewakili semua dampak rokok tersebut munculah kalimat "Di Larang Merokok".

   Kita dengan begitu mudah menjumpai kalimat demikian dimanapun, entah itu dijalan, pusat perbelanjaan, kantor, dan tempat umum lainnya. Selain untuk menghimbau diri kita sendiri, tujuan kalimat tersebut juga sebagai langkah antisipasi meminimalisir perokok pasif yang ikut merasakan dampaknya terutama bagi kaum wanita. Larangan ini diperlukan mengingat sebuah fakta yang menunjukan bahwa perokok pasif memiliki resiko 3 kali lebih tinggi daripada perokok aktif. Belum lagi fakta lain juga menyatakan bahwa pada perokok wanita, mereka memiliki resiko hingga 25 persen dibandingkan perokok pria.
   Terlepas dari berbagai macam dampak didalamnya, rokok sudah mendarah daging bagi kebanyakan masyarakat Indonesia dan kita tidak bisa menutup mata dengan kenyataan tersebut. Hal ini terbukti, melihat mulai bervariasinya konsumen penikmat rokok. Kini rokok bukan hanya milik orang dewasa namun anak-anak pun ikut merasakannya. Sudah menjadi pemandangan yang lumrah jika kita melihat wajah polos berseragam merah putih menenteng rokok ditangannya. Perlu digaris bawahi, rokok membunuh dengan cara perlahan dan inilah yang kita khawatirkan. Semakin muda seseorang mulai merokok maka semakin besar pula resiko mendapatkan penyakit dihari tua.

Inilah Alasan Kenapa Rokok Dikatakan Berbahaya

   Didalam satu batang rokok yang biasa kita hisap, setidaknya mengandung 7.000 jenis bahan kimia berbahaya bagi tubuh, dua diantaranya adalah nikotin dan CO. Penelitian menunjukan kedua bahan tersebut dapat meningkatkan kebutuhan terhadap oksigen serta menggangu suplai oksigen kedalam otot jantung (miokard). Selain itu nikotin yang terkandung didalamnya akan merangsang pelepasan adrenaline, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhaan oksigen jantung sekaligus menyebabkan gangguan pada irama jantung.

    Tidak berhenti sampai disitu, nikotin mampu mengaktifkan trombosit yang berakibat terhadap timbulnya adhesi trombosit (penggumpalan) di dinding pembuluh darah. Yang perlu dicatat adalah kita hanya baru mengambil dua sample zat dari 7.000 bahan kimia dan sisanya biarkan pengaruh rokok itu sendiri menjawabnya. Jangan heran kalau perokok memiliki 20-25 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung.

   Apakah bahaya rokok beberapa paragraf diatas cukup? mari kita lanjutkan. Tahukah anda bahwa racun rokok terburuk berasal dari asap yang mengepul dari ujung rokok?. Dikatakan buruk karena asap tersebut dihasilkan dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Selain dua sample kandungan zat rokok pada pambahasan sebelumnya, asap rokok juga mengandung beberapa zat berbahaya. 

   Beberapa diantaranya seperti benzen, nitrosamin, senyawa amin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Sejumlah zat ini dapat mengendap di saluran napas sehingga berpengaruh langsung terhadap kinerja sistem pernafasan lain terutama paru-paru. Endapan asap rokok juga ternyata mudah melekat di benda- benda di ruangan dan bisa bertahan hingga lebih dari tiga tahun lamanya.

Note : Buktikan rasa sayang anda terhadap orang terdekat dengan cara berhenti merokok.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.