Tips Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar Agar Awet


   Cara Merawat Laptop - Jika anda memiliki laptop maka anda wajib mengetahui bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar. Alasan utama kita melakukan hal tersebut adalah daya tahan laptop jauh berbeda dengan PC sehingga perhatian lebih perlu diberikan jika ingin laptop anda berumur panjang. Menjaga kesehatan laptop agar selalu bekerja optimal begitu diperlukan agar bisa menunjang aktivitas keseharian kita mulai dari mengerjakan tugas sekolah, tugas kantor hingga bermain game.

Baca Juga : Simak Cara Jitu Memperbaiki Keyboard Pada Laptop Berikut Ini

  Seringkali kebanyakan dari kita begitu expert menggunakan laptop tapi minim pengetahuan bagaimana cara merawatnya. Jadi, jangan heran jika berbagai masalah pun sering menggangu kinerja laptop. Seperti halnya kesehatan kita, lebih baik mencegah daripada memperbaiki bukan? Nah, kalau anda sependapat dengan pernyataan tersebut ada baiknya anda menyimak bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar di bawah ini.

Tips Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar

1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Berat

   Setiap orang memiliki maksud dan latar belakangnya masing-masing sebelum membeli laptop. Seperti saya misalnya, saya pribadi membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas kuliah, menulis dan sesekali bermain game. Agar tidak mengganggu dua aktivitas pokok saya lainnya, saya tidak mau bermain game yang terlalu berat.

   Kenapa? sebab bermain game yang terlalu berat dalam waktu yang lama bisa menyebabkan komponen-komponen didalam laptop mengalami overheat. Untuk itu, bagi anda yang memiliki maksud dan latar belakang persis seperti saya, hindarilah bermain game terlalu berat apalagi game tersebut dimainkan dalam waktu terlampau lama. Langkah pencegahan ini mungkin tidak berlaku untuk anda yang memang membeli laptop untuk bermain game.

2. Hindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur

   Menggunakan laptop dalam waktu yang lama mengharuskan kita mencari posisi senyaman mungkin. Salah satu tempat yang bisa memberikan kenyamanan tersebut adalah kasur tentunya. Tapi tahukah anda bahwa dibalik kenyamanan tersebut tersimpan bahaya terhadap laptop dan keselamatan anda?.

   Di beberapa kasus kita sering mendengar laptop meledak karena terlalu lama di atas kasur. Hal ini cukup beralasan terjadi mengingat panas dari laptop tidak bisa keluar dengan sempurna sehingga memicu ledakan atau terbakar. Demikian halnya dengan poin sebelumnya, kemungkinan laptop overheat pun sangat mungkin terjadi. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan laptop diatas kasur ya teman.

3. Jangan Letakkan Barang Berat di Atas Laptop

Pemilik laptop seringkali menganggap sepele kebiasaan buruk ini tanpa tahu akibat yang ditimbulkan oleh kebiasaan tersebut. Laptop didesain bukan untuk meletakkan barang karena laptop tersusun atas berbagai komponen sensitif. Langkah pencegahan dengan tidak meletakkan barang diatas laptop bermaksud untuk menghindari kerusakan pada layar laptop serta komponen lain di laptop anda.

4. Membersihkan Layar Laptop Anda Secara Rutin

   Untuk mengaplikasikan perawatan laptop berikut ini saya menyarankan anda memasang screen protector (pelindung layar) terlebih dahulu. Hal ini berguna agar layar laptop anda terhindar dari goresan benda-benda asing (yang saya maskud debu bukan UFO). Setelah screen protector sudah dipasang, barulah anda mulai membersihkan layar laptop secara berkala.

5. Jauhkan Laptop dari Minuman

  Laptop yang terlalu dekat dengan minuman tentunya tidak akan berakibat apa-apa terhadap keselamatan laptop anda. Bagaimana kalau minuman tersebut berjalan sendiri dan dengan sengaja menumpahkan dirinya tepat diatas laptop anda?. Perlu kita ketahui bahwa seluruh rangkaian yang berbau elektronik paling anti dengan air.

   Maka dari itu, alangkah baiknya jauhkan minuman apapun dari laptop anda. Salah satu kerusakan yang sangat sering terjadi diakibatkan oleh air adalah keruskan pada keyboard. Satu-satunya cara mencegah kerusakan tersebut adalah dengan memasang keyboard protector agar celah keyboard tidak dimasuki oleh air.

6. Jangan Mengunduh Software Secara Sembarangan dari Internet

   Bermodalkan besarnya RAM, banyak orang melengkapi komputernya dengan banyak software agar terlihat lebih canggih. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan anda mampu memilih software yang aman untuk kesehatan laptop anda. Ada banyak software jahat diluar sana yang siap menebar virus dan mengancam keselamatan laptop anda. Hati-hati saja tidak cukup karena anda harus membentengi laptop anda dengan software anti virus. Jika anda belum punya antivirus, anda bisa download dan instal sekarang.

Demikian tips cara merawat laptop dari Coas Diary. Semoga Bermanfaat! :)

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Apa tanggapan Anda untuk "Tips Cara Merawat Laptop yang Baik dan Benar Agar Awet"

Post a Comment

Beri komentar Anda di blog ini dengan cerdas dan etika yang baik :)