Fakta Menarik Lidah yang Mungkin Belum Anda Ketahui

   
     Fakta Unik Telinga - Salah satu dari panca indera ini merupakan sekumpulan otot rangka yang melekat pada tulang rahang bawah, processus styloideus dan tulang hyoideus atau lebih jelasnya berada di lantai mulut. Letak lidah yang strategis didalam mulut sangat berguna untuk memudahkan lidah membolak-balikan makanan sesuai kehendak kita.

    Faktanya, pemilik nama latin lingual  ini tidak hanya dikenal sebagai indera pengecap namun juga dikenal berperan aktif dalam setiap aktivitas interaksi keseharian kita. Dengan sifatnya yang fleksibel dapat memungkinkan kita menciptakan beragam kata dan bahasa dalam kehidupan. Tidak berhenti sampai disitu, lidah pun cukup punya peran penting dalam sistem pernafasan karena tanpa adanya lidah tentu kita akan kesulitan ketika bernafas. 

   Sekedar pengetahuan, lidah yang sedang kita gunakan untuk membaca ini memiliki dua jenis otot yakni otot intrinsik dan ekstrinsik. Selain itu lidah juga dilengkapi dengan tiga jenis papila, papila sendiri merupakan tonjolan pada permukaan lidah. Ketiga jenis papila tersebut diantaranya papila fungiformis, papila filiformis dan papila sirkumvalata.

    Disetiap pinggiran papila memiliki tunas pengecap, tunas tersebut berguna untuk merasakan makanan. Komponen penyusun tunas pengecap terdiri atas dua sel yakni sel pengecap dan sel penyokong. Sesuai namanya, sel pengecap berfungsi sebagai reseptor, sedangkan sel penyokong digunakan sebagai penopang.

    Berkenaan dengan fakta menarik seputar lidah, setiap organ dan bagian tubuh yang kita miliki tidak ubahnya seperti android. Meskipun anda sudah pasti bisa menggunakannya, anda tetap perlu mengetahui apa saja informasi yang meliputi android tersebut. Apa saja informasi yang wajib anda ketahui mengenai lidah? berikut uraiannya.

Fakta Unik dan Menarik Tentang Lidah

1. Tonjolan Pada Lidah

   Tonjolan berupa bintil-bintil kecil dilidah memiliki usia tidak lebih dari 14 hari. Proses regenerasi selama siklus 14 hari tersebut dilakukan lidah sebagai upaya menjaga kemampuan pengecapan lidah. Berdasarkan kemampuan pengecapannya, penelitian membagi dua kategori kemampuan yakni supertaster dan nontaster. Lidah supertaster merupakan sebutan bagi mereka yang memiliki kemampuan pengecapan diatas rata-rata. Sebutan ini disematkan karena banyak tonjolan pada lidahnya mencapai lebih dari 10 ribu. Sedangkan untuk mereka nontaster, mereka hanya memiliki tonjolan kurang dari 10 ribu. Satu-satunya cara untuk mengetahui anda masuk dikategori  mana adalah dengan menghitung sendiri tonjolan pada lidah anda.

2. Rambut Lidah

   Sebenarnya permukaan lidah hampir serupa dengan sifat permukaan tubuh lainnya. Kondisi inilah yang membuat lidah juga memiliki potensi ditumbuhi rambut atau bulu halus pada permukaannya. Secara fisik rambut tersebut tidak akan terlihat oleh mata telanjang karena rambut tersebut bersifat mikroskopis. Tidak jauh berbeda dengan fungsi tonjolan pada lidah, rambut ini juga berfungsi sebagai pengecap. Sesuai dengan penjelasan di uraian sebelumnya bahwa lidah memiliki tiga jenis tonjolan. Salah satu tonjolan ini adalah berupa rambut yang dikenal dengan sebutan papila filiformis.

3. Panjang Lidah

   Bagi kita manusia, memiliki lidah yang wajar dan normal adalah harapan setiap orang. Panjang rata-rata lidah manusia diketahui hanya sepanjang 10 cm. Mungkin bagi makhluk hidup lain, lidah panjang dapat memberikan nilai lebih untuk menunjang kehidupannya dan hal ini tidak berlaku untuk manusia. Berbeda dengan manusia, hewan seperti bunglon  memiliki panjang lidah sepanjang tubuhnya sendiri. Kita sependapat bahwa lidah setiap makhluk hidup telah dirancang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Jadi kita tidak perlu iri dengan bunglon karena ketika lidah kita kurang atau lebih dari panjang normal bisa menyebabkan seseorang cadel.

4. Otot Lidah

   Hampir semua lidah makhluk hidup dibentuk oleh dominasi otot. Justru hal inilah yang menjadikan lidah dapat bergerak leluasa. Meski seberapapun seringnya anda makan atau berbicara, otot lidah tidak akan pernah merasakan lelah. Apakah hal tersebut ada hubungannya dengan otot-otot pada lidah? iya, otot di lidahlah yang menyebabkan lidah tidak mengalami keletihan. Akan tetapi, fakta tersebut tidak serta merta membuat lidah menjadi organ pemilik otot terkuat. Diketahui, organ pemilik otot terkuat manusia ada pada otot jantung.

5. Lidah dan Mendengkur

   Bentuk lidah ternyata memiliki hubungan yang kuat sebagai penyebab mendengkur. Kebiasaan mendengkur sangat jarang dialami oleh mereka yang memiliki tubuh kurus, hal ini berbanding terbalik dengan pemilik tubuh tambun. Bentuk lidah yang tebal dapat sedikit menutupi jalan nafas sedangkan udara yang dipompa oleh paru-paru harus tetap keluar dan masuk ketika tidur. Agar udara tersebut bisa bernafas normal tentu akan merangsek melewati saluran nafas, sehingga munculah suara dengkuran yang agak mengganggu tersebut.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.