Asal-Usul di Balik Pesona Parai Tenggiri Bangka



   Pantai parai - terletak di deretan bagian timur pulau Bangka tepatnya di daerah Kota Sungailiat. Jika kita akan berkunjung kesana dari pelabuhan Pangkal Balam atau Bandara Depati Amir, perjalanan yang akan kita tempuh hanya berkisar 45 menit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih dan batu granit yang terbentuk alami apa adanya, dengan keberagaman bentuk dan ukuran semakin menambah kacantikan Parai.


   Kawasan di pantai parai tenggiri ditetapkan menjadi kawasan wisata hijau atau lebih dikenal dengan sebutan Parai Green Resort. Hal ini dilakukan pengelola dalam upaya penyelamatan lingkungan, salah satunya dengan meminimalisir penggunaan bahan-bahan yang bisa mencemari wilayah pantai. Bentuk upaya tersebut adalah mengurangi pemakaian plastik dan menanam banyak pohon di kawasan pantai.

   Tidak hanya menjaga kebersihan demi kenyamanan wisatawannya, pihak pengelola juga sangat memperhatikan keamanan di kawasan ini. Para wisatawan yang berkunjung kesana bukan hanya dapat menikmati keindahan alam namun merekapun bisa melakukan rekreasi bahari menarik lainnya. Bagi anda yang hobi memancing sudah disediakan perahu lengkap dengan segala peralatannya. Tidak berhenti sampai disitu, para pelancong dapat menikmati sensasi menantang dari servis banana boat sekaligus melakukan penyelaman untuk melihat lihat biota laut di Parai.

Asal-Usul Parai Tenggiri


   Kecantikan pantai Parai sudah tak terbantahkan lagi. Pantai yang dikelola oleh El-john ini dilengkapi dengan sarat fasilitas maupun permainan, seperti Banana boat, jet sky, dan masih banyak lagi. Resort di pantai ini pun bak hotel internasional yang dilengkapi dengan kolam renang nan besar persis dipinggiran pantai, saya menyarankan anda wajib untuk mencobanya. Lalu apa sejarah dari pantai ini? nama Parai bukanlah nama awal ditemukannya pantai eksotis ini.

   Dahulu pantai tersebut diberi nama "Hak Kok". namun kisaran tahun 1948 namanya berganti menjadi Parai Tenggiri. Tapi siapakah yang telah mengganti nama pantai Hak Kok? nama Parai Tenggiri diberikan oleh presiden pertama indonesia, Ir.Soekarno. Jika anda ingin mencari makna kata Parai, istilah ini tidak akan anda temukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun dalam kosakata bahasa Bangka sendiri. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa maksud Ir. Soekarno memberi nama itu ialah Parai(paradise) memilki makna "surga".

   Bagaimana dengan kata Tenggiri? nama tersebut tidak lepas dari peristiwa diasingkannya Sokarnoe ke pulau Bangka, ketika itu presiden bersama rombongan sering bersantai dan berdialog di Hak-Kok sembari menyantap ikan tenggiri yang mereka bakar. Bapak Ishak adalah pemilik pantai Parai Tenggiri dengan luas 18,5 hektar. Akan tetapi, pada tahun 1998 "surga" ini beralih tangan ke Johnnie Sugianto dengan mahar 50.000.000. Saking kuatnya ketertarikan Sugianto dengan keindahan Parai dia rela menjual hotelnya di Batam, melalui tekad besar Bos El-john untuk menjadikan pantai ini menjadi pantai terbaik dan terindah yang tak pernah sepi di pulau Bangka. Benar saja, tekad tersebut menjadi kenyataan akibat dari kegigihan sang Bos untuk mengelola pantai atas pelayanan serta fasilitas terbaik.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.