Ketahui 5 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jantung Berikut Ini

   
   Fakta Unik Jantung - Tidak jauh berbeda dengan postingan coas diary yang lain, kali ini kita akan terlebih dahulu melihat beberapa uraian singkat mengenai topik terkait. Baiklah langsung saja, jantung atau dalam bahasa latin cor merupakan suatu rongga yang dibentuk oleh otot-otot dengan kegunaan sebagai pemompa darah. Aktivitas jantung dalam memompa darah dilakukan secara berirama melalui sebuah kontraksi.

    Anatomi jantung berada lebih dominan ke sebelah kiri didalam rongga dada (torakik). Dengan kata lain, letaknya tepat di antara paru-paru sebelah kanan dan kiri. Berat rata-rata jantung diketahui berkisar di angka 300 gram. Struktur permukaan jantung dilapisi oleh selaput ganda perikardium. Setelah terlindung oleh selaput, hampir seluruh permukaan jantung di selubungi oleh organ tetangganya yakni paru-paru.

    Demikian halnya dengan tetangga, jantung pun memiliki dua bagian, kedua bagian ini terpisah karena adanya lapisan otot melintas dari bawah ke atas. Lintasan ini membentuk dua pompa yang tidak tersambung satu sama lain. Bagian hasil dari pembelahan rupanya kembali terbagi menjadi dua rongga karena terpisahkan oleh dinding jantung. Dilihat dari alur cerita tersebut, kita berkesimpulan bahwa jantung memang memiliki empat bagian rongga yaitu serambi kiri dan kanan serta bilik kiri dan kanan.

    Dibandingkan dengan organ tubuh yang lain, mungkin jantung masuk ke dalam kategori organ yang bekerja paling keras setiap waktunya. Tidak kenal waktu, jantung tetap terus berusaha menjaga ritma detaknya agar darah bisa dipompa dengan baik ke seluruh tubuh. Upaya jantung ini sangat dibutuhkan oleh organ tubuh yang begitu bergantung pada penyuplaian darah.

Baca juga : Fakta Menarik dan Unik Seputar Otak Manusia

    Saya yakin, anda juga bisa merasakan setiap hentakan detak jantung lewat telapak tangan tapi sudahkah anda mengenal lebih dalam mengenai benda yang begitu dekat dengan kita tersebut? Jika jawabannya sesuai dengan yang saya harapkan, mari kita lihat apa saja fakta unik dan menarik seputar organ penting jantung berikut ini.

Fakta Unik dan Menarik Mengenai Jantung

1. Jantung Tertawa.
   
   Apakah anda sudah tertawa hari ini? jika belum maka tertawalah sampai perut anda lemas. Sejalan dengan begitu lepasnya tawa, jantung pun akan ikut tersenyum lebar karena tugasnya untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh akan sedikit terbantu dengan tertawa. Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan tertawa-tawa terbahak-bahak maka dinding pembuluh darah endotelium bisa lebih rileks dari sebelumnya. Kondisi seperti ini tentunya dapat berdampak baik pada sistem perdaran darah anda. Seperti yang telah diketahui, aliran darah akan mengalami peningkatan selama kurang lebih 45 menit selepas anda tertawa. Jadi tertawalah sebelum tertawa itu dilarang ya.

2. Detak Jantung.

   Kehidupan kita selalu diiringi dengan detakan jantung di setiap detiknya. Kita bisa merasakan hal tersebut didalam aliran darah kita. Tapi sejauh kebersamaan kita dengan jantung, adakah satu hal sederhana yang belum kita ketahui mengenai jantung?. Salah satu hal sederhana itu adalah berapa kali jantung berdetak setiap harinya. Survei menunjukkan bahwa jantung kita berdetak rata-rata sebanyak 72 kali dalam satu menit. Jika dikalikan dengan total menit dalam satu hari maka kita akan mendapatkan angka kira-kira hingga 100.000 kali. Itu artinya selama satu tahun penuh, jantung telah berdetak sebanyak 3.600.000 kali.

3. Jantung Perempuan.

   Tidak hanya berbeda jenis kelamin, laki-laki dan perempuan masih memiliki banyak perbedaan. Salah satu perbedaan tersebut adalah ukuran jantung dari masing-masing gender. Faktanya, jantung yang dimiliki perempuan lebih kecil setidaknya 25 % ketimbang jantung pada laki-laki. Melihat fakta ini, frekuensi detak jantung perempuan pun lebih tinggi daripada laki-laki. Untuk bisa memompa darah agar tersuplai cukup keseluruh tubuh, jantung kaum hawa berdetak enam kali lebih banyak dibandingkan dengan detak jantung kaum adam.

4. Detakan awal jantung.

   Ingatkah anda kapan jantung anda pertama kali berdegup? jika ditanya ingat tidaknya, tentu kita akan menjawab tidak. Tapi kita bisa mengetahui hal tersebut seiring dengan berkembangnya ilmu sains seperti sekarang ini. Tidak seperti otak yang harus melewati beberapa fase agar bisa berfungsi dengan baik, ternyata jantung tidak harus melewati fase-fase tersebut karena jantung harus sudah mulai menjalankan tugasnya semenjak didalam kandungan. Fakta menunjukkan bahwa jantung kita berdetak dimulai dari usia empat minggu setelah pembuahan. Itu artinya, jantung kita sudah lebih dulu hidup sebelum organ-organ tubuh yang lain. Dan jantung akan terus menerus berdetak hingga akhir hayat seseorang.

5. Energi Jantung.

   Berhubungan dengan fakta mengenai jantung pada poin yang kedua, jantung menyimpan energi luar biasa di setiap detakannya sepanjang hari. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, jantung berdetak sebanyak 10.000 kali dalam rentan waktu satu hari. Jika di jadikan sebuah energi, detakan sebanyak itu dapat menghasilkan energi untuk menyetir mobil truk sepanjang perjalanan sejauh 32 km.

Postingan terkait:

Penulis blog ini merupakan seorang mahasiswa berstatus jomblo yang mengisi kekosongan dengan kegiatan blogging (blogger jomblo). Saya berharap semua konten yang ada di blog ini bisa bermanfaat untuk kita semua.